Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cake Jagung Keju Kukus “Corn Cake”

Nurul Hidayah - Cake Jagung Keju Kukus memiliki perpaduan rasa manis dan gurih. Rasa manis berasal dari bahan dasar yang digunakan yaitu jagung manis dan rasa gurih berasal dari parutan keju.

Waktu lalu saya sudah pernah membahas tentang cake jagung manis kukus. Namun waktu itu tidak ada campuran keju parut di dalam adonan, keju hanya digunakan sebagai topping atas cakenya.


 Nah kali ini saya mencoba mengolah jagung manis lagi untuk diolah menjadi cake. Resepnya sih tidak jauh berbeda dan bahkan hampir sama. Yang membedakan hanya kali ini saya tambahkan parutan keju di dalam adonan.

Untuk rasanya sih sama-sama enak ya, tapi yang ini lebih gurih. Sangat cocok bagi Anda penggemar keju. Namun jika tidak begitu suka keju, resep sebelumnya lebih cocok ya.

Berikut resep Cake Jagung Keju Kukus yang bisa Anda coba juga di rumah. Soal rasa tidak bisa diragukan lagi. ^_^

Cake Jagung Keju Kukus by Nurul Hidayah
Source : Rainbow cake Ny.liem, saya modifikasi menjadi cake jagung keju kukus

Bahan 1:
1. Gula pasir 200 gram
2. Telur ayam 4 butir
3. 1 sendok teh SP

Bahan 2:
1. Tepung terigu 50 gram
2.2. Susu bubuk 1 sachset
3. Jagung manis 2 buah, blender hingga halus kalau gak punya blender bisa diparut. Kalau pakai blender, jangan ditambahin air ya agar kadar airnya tidak berlebih.

Bahan 3:
1. Minyak sayur 150 ml
2. Keju parut
3. Susu kental manis 1 sachset

Bahan 4:
1. Coklat batangan, parut
2. Keju, parut

Cara membuat:
1. Kocok menggunakan mixer semua bahan 1 hingga berubah warna dan mengembang, saya 10 menit, namun tergantung mixer yang digunakan ya karena beda merk beda kecepatan.
2. Masukkan bahan 2, aduk hingga rata.
3. Masukkan bahan 3 sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Saya menggunakan spatula dan saya matikan mixernya. Jangan lupa untuk mengaduk dengan cepat ya agar adonan tidak turun.
4. Panaskan kukusan.
5. Masukkan adonan Cake Jagung Manis Kukus ke dalam loyang. Kentrok-kentrok loyang secara perlahan agar bagian tengah nanti tidak ada udara yang menyebabkan cake bolong.
6. Kukus kurang lebih 25-35 menit atau sampai matang.
7. Tes tusuk.
8. Angkat dan sajikan dengan topping coklat dan keju parut sesuai dengan bahan 4.

Cake Jagung Keju Kukus ini memang sangat cocok bagi Anda penggila keju. Topping bisa Anda sesuaikan dengan selera masing-masing ya. Jika ada pertanyaan seputar masakan, silahkan komen untuk tanya-tanya ya. Selamat mencoba & happy cooking!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cake Jagung Keju Kukus “Corn Cake”"