Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Tape Panggang

Nurul Hidayah - Bolu Tape Panggang merupakan salah satu jenis kue bolu yang ada di Indonesia. Tentunya sudah banyak orang yang tahu apa itu kue bolu? Seperti yang kita ketahui bahwa ada berbagai macam jenis kue bolu.

Seperti bolu original, bolu jadul, bolu ketan, bolu pisang dan juga bolu tape. Nah kali ini saya membuat bolu tape panggang menggunakan otrik. Cara membuatnya hampir sama kok dengan membuat kue bolu yang lainya.
Yang berbeda hanya penggunaan bahan dasarnya saja. Karena kali ini saya membuat bolu tape panggang, jadi bahan dasar yang digunakan adalah tape. Tape merupakan salah satu makanan tradisional yang berasal dari Indonesia yang dibuat dari proses fermentasi.

Sebenarnya ini permintaan si kecil Aurah, mau minta dibikinin cake sepulang sekolah. Ya sudahah sepulang sekolah langsung cuus ke dapur bikinin cemilan buat aurah. ^_^

Biasanya Aurah tidak suka makan tape. Namun kali ini saya sengaja memakai bahan dasar tape pada cake yang saya buat. Dan ternyata hasilnya, siapa sangka yang biasanya Aurah tidak mau makan tape.

Ketika saya membuat bolu tape panggang, Aurah doyan sekali. Dari membuat adonan hingga memasukkan adonan ke dalam oven, sudah ditungguin aurah mantengin didepan oven . hehehehe

Lega rasanya jika sang buah hati doyan sekali cake buatan saya. Berikut foto Aurah yang sudah nungguin dari mencampur bahan hingga manggang didalam oven. Bolu tape yang masih hangat pun langsung dimakan dengan lahap. ^_^

Nah, saya ada  tips nih agar bolu tape yang dibuat tidak bantat. Tipsnya adalah sebaiknya pilihlah tape yang tidak banyak mengandung air dan terlalu matang agar bolu tape yang dibuat nanti bisa mengembang dan tidak bantat. 

Nah setelah mengetahui tips buat bolu tape pembuatan bolu tape panggang. Kini saatnya eksekusi dengan resep berikut ya bu-ibu:

Bolu Tape Panggang 

Bahan-bahan:
1. 180 gram tepung terigu
2. 300 gram tape, buang bagian tengah
3. 65 ml santan kental, saya paka 1 sachset santan kara ukuran kecil
4. 5 butir telur ayam suhu ruang
5. 1 sendok teh SP
6. 100 gram gula pasir
7. 1/2 sendok teh baking powder
8. 75 gram butter & 75 gram margarin lelehkan , saya pakai blue band and cookies 150 gram

Cara membuat:
1. Pertama, campurkan tape dengan santal kental, lumat-lumat dan aduk menggunakan sendok hingga rata. Sisihkan terlebih dahulu.

2. Kocok telur, gula pasir dan SP hingga mengembang dan kental berjejak. Saya menggunakan kecepatan paling tinggi ketika mengocok tiga bahan ini.

3. Setelah mengembang, masukkan tape yang sudah dicampur dengan santal kental sedikit demi sedikit. Kocok sebentar saja asal rata.

4. Pindah kecepatan mixer ke paling rendah, kemudian masukkan tepung terigu dan baking powder hingga rata. Nah ketika mengocok tepung terigu ini, jangan lama-lama ya agar tidak bantet hasilnya.

5. Lalu masukkan margarin dan mentega cair sedikit demi sedikit, aduk balik dengan menggunakan spatula hingga merata.

6. Tuang ke dalam loyang yang sebelumnya diolesi dengan margarin dan ditaburi tepung terigu sedikit.

7. Kentrok-kentrok agar tidak lubang bagian tengah kue nya.

8. Setelah itu, beri parutan keju di atas bolu tapenya.

9. Panggang di dalam oven dengan suhu 150 derajat celcius, pakai api atas bawah selama 50 menit.

10. Tes tusuk untuk mengechek kematangan. Jika bolu tape nya belum matang namun bagian atasnya sudah kering, maka sebaiknya panggang lagi dan gunakanlah api bawah aja setelahnya.

11. Bolu tape panggang siap dihidangkan

Bagaimana tertarik untuk mencoba membuat Bolu Tape Panggang? Silahkan mencoba ya bu- ibu. Jika ada pertanyaan seputar masakan ini, silahkan ditanyakan ya. ^_^

Berikut saya sertakan juga video tutorial membuat Bolu Tape Panggang yang lembut dan enak., check it out:


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Bolu Tape Panggang"