Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Buat Bolu Tape

Nurul Hidayah - Tips Buat Bolu Tape perlu diperhatikan agar bolu tape yang dibuat tidak bantat dan bertekstur empuk serta lembut. Oleh sebab itu, kali ini saya akan membahas beberapa tips yang pernah saya alami.

Tadi sudah dibahas resep bolu tape panggang juga ya. Sekarang saatnya saya berbagi tips membuat bolu tape panggang agar tidak bantat yang perlu Anda perhatikan. Ada 5 tips yang akan saya bahas kali ini.


Tips Buat Bolu Tape agar Tidak Bantat

1. Tips yang pertama yaitu pilihlah tape singkong yang tiingkat kematanganya tidak terlalu matang dan tidak banyak mengandung air agar bolu tape yang dibuat nanti tidak bantat.

2. Tips yang kedua yaitu pilihlah tape yang manis, jadi dalam penggunaan gula pasir cukup 100 gram saja dalam satu resep karena tape sudah ada rasa manisnya. Jika terlalu banyak gula nanti bisa membuat bolu tape cepat gosong.

3. Tips yang ketiga yaitu ketika memasukkan tepung terigu sebaiknya sedikit demi sedikit dan asal rata saja, jika menggunakan mixer, gunakanlah kecepatan paling rendah dan jangan terlalu lama mengocok agar hasil kue tidak bantat.

4. Tips yang keempat yaitu ketika mencampur margarin leleh, tuang secara perlahan dan aduk balik dengan menggunakan spatula hingga tercampur rata. Jadi kalau mencampurnya tidak rata, bolu tape yang Anda buat juga bisa tidak mengembang.

5. Tips yang kelima atau yang terakhir yaitu jika Anda memanggang bolu tape menggunakan oven listrik, panaskan terlebih dahulu kurang lebih 10 menit. Setelah dipanaskan, atur suhu dan berapa lama memanggangnya.

Gunakan api atas dan bawah dalam proses memanggangnya. Jika ketika waktu sudah habis dan bolu tape yang Anda buat belum matang sempurna, sebaiknya panggang lagi, namun gunakan api bawah saja.

Dan jika Anda menggunakan oven tangkring, panggang bolu tape menggunakan api sedang karena jika menggunakan api besar bolu tape akan mekar seperti roti kukus.

Itulah tadi penjelasan beberapa Tips Buat Bolu Tape panggang agar bolu yang Anda buat tidak bantat. Semoga berhasil dan happy cooking bu-ibu!  ^_^

Inilah video tutorial buatan saya membuat bolu tape panggang menggunakan oven listrik. Check it out:


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Tips Buat Bolu Tape"