Semur Daging Sapi Empuk

Nurul Hidayah - Semur Daging Sapi Empuk memiliki rasa yang enak, manis dan legit. Nah jika Anda salah satu orang penggemar pedas, bisa menambahinya dengan beberapa buah cabe rawit seperti saya.

Namun jika disajikan untuk anak-anak, sebaiknya tidak usah memakai cabe rawit pada masakan ini, cukup gunakan cabe merah besar dan isinya dibuang. Jadi rasa semurnya tidak pedas dan cocok dikonsumsi untuk anak-anak.

Semur itu sendiri memiliki ciri masakan yang bewarna hitam kecoklatan. Ada berbagai macam jenis semur seperti semur daging sapi, semur tahu, semur daging kambing, semur ayam, semur daging cabe hijau, semur daging hitam, semur daging lada hitam dan lain sebagainya.



Kali ini saya memasak semur menggunakan daging sapi. Ada berbagai bumbu rempah yang digunakan dalam masakan ini. Perpaduan bumbu rempah serta kecap spesial membuat semur daging menjadi sajian istimewa.

Saya pribadi paling suka jika memasak dengan cara yang simple tapi rasa tetap istimewa. Salah satunya yaitu memasak Semur Daging Sapi Empuk. Selain itu, bahan-bahanya juga mudah didapatkan.


Jadi sangat cocok bagi saya untuk menyajikan menu ini untuk sarapan pagi dengan masakan yang enak dan spesial. Semua bahan dan bumbunya mudah didapatkan. Selain itu cara membuatnya juga sangat simple dan sederhana.

Jika menginginkan daging sapi yang diolah itu menjadi empuk, sebaiknya rebuslah terlebih dahulu sebelum diolah. Jika tidak, daging sapi yang dihasilkan akan menjadi alot.

Untuk sisa air rebusan daging tadi, jangan dibuang ya, nanti bisa dibuat kaldu alami untuk masakan semurnya. Jadi nanti tidak usah menggunakan kaldu instant lagi atau pentedap rasa lagi. Tanpa itupun sudah enak kok.

Nah jika ingin rasa yang pas dan enak pada masakan semur daging yang Anda masak, sebaiknya pilihlah kecap manis yang berkualitas serta enak karena hal tersebut juga mempengaruhi hasil akhirnya.

Berikut resep Semur Daging Sapi Empuk yang saya olah untuk sarapan pagi ini, khusunya untuk keluarga kecil saya.

 

Semur Daging Sapi Empuk by Nurul Hidayah

Bahan:
1. 1/4 kg daging sapi, potong-potong sesuai selera
2. Air secukupnya

Bumbu:
1. 6 butir bawang merah
2. 3 siung bawang putih
3. 1 buah tomat berukuran besar, potong-potong sesuai selera
4. 2 ruas jahe, geprek
5. Gula pasir secukupnya
6. Garam secukupnya
7. 2 sendok makan gula merah jawa
8. 2 buah cabe merah besar, buang biji
9. 6 buah cabe rawit (bisa diskip jika tidak terlalu suka pedas)
10. 1 lembar daun salam
11. Kecap manis secukupnya, saya pakai kecap “Laron”. Tapi kalau stok di rumah lagi habis, saya pakai kecap “Bango” dan beli di warung terdekat. Hehehe
12. Minyak secukupnya
13. 1 sendok teh lada bubuk

Cara membuat:
1. Pertama, rebus daging sapi yang sudah dipotong-potong hingga mendidih. Sisihkan terlebih dahulu.
2. Kemudian haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah besar dan cabe rawit menggunakan blender atau cobek.
3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, tambahkan jahe dan daun salam. Aduk hingga rata.
4. Kemudian masukkan daging dan air kurang lebih hingga merendam daging sapi nya. Aduk lagi hingga rata.
5. Masukkan kecap manis, gula pasir, lada bubuk, garam dan gula merah. Aduk lagi hingga rata.
6. Masak hingga semua bumbu meresap dan daging menjadi lebih empuk.
7. Terakhir masukkan tomat yang sudah dipotong-potong, aduk lagi hingga merata. Tes rasa.
8. Semur Daging Sapi Empuk siap disantap.

Menu ini, saya sajikan dengan nasi hangat dan teh hangat untuk sarapan pagi ini. Jadi saya lebih tenang jika suami sebelum berangkat ke kantor dengan perut sudah terisi dan puas ketika memakanya.

Cara membuat Semur Daging Sapi Empuk memang simple kan? Bagaimana, tertarik untuk mencobanya di rumah? Yuuk resep di atas bisa dicoba di rumah untuk menu pagi kalian. Selamat mencoba!


0 Response to "Semur Daging Sapi Empuk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel