Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Roti Bentuk Kepang

Nurul Hidayah - Agar tidak penasaran lagi dengan Cara Membuat Roti Bentuk Kepang. Anda bisa membuat roti kepang sendiri di rumah dengan pembahasan resep kali ini. Rasa manis serta legit membuat roti kepang menjadi cemilan istimewa.

Selain itu, roti ini juga memiliki tekstur yang empuk serta lembut. Apalagi jika dimakan hangat-hangat dan baru keluar dari oven. Eeemm,, yummy pastinya. Untuk isian roti kepang yang saya buat menggunakan red bean.


Biar gak susah-susah buatnya, saya beli isian yang instant di TBK. Kalau gak nemu red bean, gak usah pusing karena bisa juga diganti dengan selai coklat, selai strawberi atau yang lainya sesuai selera masing-masing.

Roti memang identik menggunakan ragi instant. Nah jika ragi instant aktif, tentunya adonan yang dibuat juga bisa mengembang 2X lipat. Untuk hasil roti agar empuk, sebaiknya gunakan bread improver.

Inilah Cara Membuat Roti Bentuk Kepang yang bisa Anda praktekkan di rumah sebagai cemilan keluarga tercinta.

Cara Membuat Roti Bentuk Kepang

Bahan-bahan:
1. 400 gram tepung terigu protein tinggi, saya pakai “Cakra”
2. 100 gram tepung protein sedang, saya pakai “Segitiga biru”
3. 100 gram gula pasir
4. 25 gram susu bubuk, saya pakai mauri milk powder
5. 12 gram ragi instant, saya pakai ‘”Mauripan” sachset
6. 3 gram Bread improver, saya pakai “Bakarine plus”
7. 50 gram whiping cream, saya pakai “Snowhip whiping cream”
8. Susu cair 20 gram, saya pakai “Lucky show”
9. 100 telur, setara dengan 2 butir telur
10. 40 gram margarin
11. 25 gram butter, saya pakai “B.O.S Favorite”
12. 10 gram garam
13. 220 ml air
14. Es batu secukupnya
15. 2 sendok makan madu

Untuk isian roti kepang:
1. Red bean, saya beli yang instant di TBK

Cara membuat roti bentuk kepang:
1. Pertama, campurkan semua bahan kering seperti tepung terigu, garam, gula pasir, bread improver, dan susu bubuk, aduk hingga rata menggunakan mixer khusus roti.
2. Lalu tambahkan snowhip, lucky cow, es batu, telur, ragi dan air. Kocok hingga kalisnya mencapai 80%.
3. Kemudian tambahkan butter “B.O.S Favorite”, kocok lagi hingga benar-benar kalis elastis. Nah kunci utama daam pembuatan roti kepang yaitu adonan yang dibuat harus kalis elastis agar hasil akhir roti yang dibuat tidak bantat.
4. Setelah kalis, timbang adonan kurang lebih 50gram.
5. Isi adonan dengan red bean.
6. Bentuk adonan seperti kepang.
7. Olesi roti dengan sedikit susu cair Lucky show” seacara merata di bagian atas roti. Hal ini agar hasil roti bisa mengkilap.
8. Panggang adonan menggunakan oven tangkring dengan api sedang hingga matang.
9. Roti kepang siap dihidangkan.
Cara Membuat Roti Bentuk Kepang akan terasa lebih mudah jika semua bahan tersedia serta mengikuti setep by step seperti yang tertera di atas.  Lalu jika ada pertanyaan, bagaimana sih cara membentuk roti seperti kepang? Yuuk Biar gak bingung lagi cara ngebentuknya,  silahkan tonton video tutorial  cara membuat roti manis kepang sama ahlinya bersama chef heru. Check it out:


Selamat mencoba & happy baking!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Roti Bentuk Kepang"