Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Coklat Panggang

Nurul Hidayah - Bolu Coklat Panggang memiliki rasa yang hampir sama dengan cake coklat, namun tekstur bolu coklat lebih ringan jika dibandingkan cake coklat. Selain itu rasa bolu coklat tidak terlalu manis karena hanya menggunakan susu bubuk sebagai rasa coklatnya tanpa memakai coklat batangan.

Meskipun demikian, rasa bolu coklat juga tidak kalah enak kok sama cake coklat ataupun kue coklat jenis lainya. Perlu Anda ketahui bahwa bolu coklat bisa menjadi bantat jika dalam pengocokan adonanya salah.


Oleh sebab itu sebaiknya kocoklah adonan sesuai urutan serta petunjuknya dan juga jangan terlalu lama dalam pengocokan karena hal tersebut bisa menjadikan bolu yang Anda buat akan bantat.

Dalam pengocokan adonan cukup kocok adonan menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai mengembang dan bewarna putih pucat dan yang terakhir dalam tahap memasukkan margarin cair, sebaiknya gunakanlah spatula untuk mengaduknya.

Pada tahap terakhir, jangan mengaduk menggunakan mixer agar adonan tidak turun. Kemudian aduk searah jarum jam dan sampai merata agar hasil bolu tidak bantat dan bisa mengembang dengan sempurna.

Kali ini saya mencoba resep bolu coklat panggang yang menggunakan metode all in one dalam pengocokan adonanya. Untuk teksturnya lembut dan empuk seperti bolu coklat yang sudah saya potong dibawah ini:



Berikut beberapa bahan serta cara membuat Bolu Coklat Panggang yang bisa Anda praktekkan di rumah.


Bolu Coklat Panggang by Nurul Hidayah
Source: Yunda yun

Bahan-bahan:
1. Terigu 200 gram
2. Telur ayam 5 butir, saya pakai ukuran yang besar
3. SP 1 sendok teh
4. Vanili bubuk 1 sendok teh
5. Susu bubuk 3 sendok makan
6. Baking powder 1 sendok teh
7. Coklat bubuk 4 sendok makan, saya pakai vanhouten
8. Gula halus 170 gram
9. Margarin 80 gram, lelehkan
10. Air 80 ml
11. Kismis secukupnya (bisa diskip)

Cara membuat:
1. Pertama campurkan air dengan susu, lalu aduk hingga rata. Sisihkan terlebih dahulu.
2. Kemudian siapkan wadah dan masukkan telur, terigu, baking powder, SP, coklat bubuk, gula dan vanili. Kocok menggunakan kecepatan tinggi, kocok hingga mengembang. Kali ini menggunakan metode all in one ya.
3. Lalu tambahkan air yang sudah dicampur dengan susu, kocok lagi menggunakan mixer kurang lebih 5 menit. Lalu matikan mixernya.
4. Yang terakhir yaitu masukkan margarin cair, aduk-aduk lagi hingga mertaa, jangan kocok pakai mixer ya, aduk menggunakan spatula saja. Cara mengaduknya juga harus rata dan searah jarum jam, jika tidak rata hasil bolunya akan menjadi bantat.
5. Masukkan ke dalam loyang ukuran 18X18. Saya memakai 2 loyang persegi panjang.
6. Di bagian atasnya saya taburi kismis.
7. Panggang selama 1 jam dengan suhu 170 derajat celcius atau tergantung oven masing-masing.
8. Bolu coklat siap disajikan.


Sungguh nikmat menikmati Bolu Coklat Panggang dan di temani dengan teh hangat.  Rasanya enak, lembut dan empuk yang pasti tidak seret di tenggorokan. Jika Anda gagal membuat bolu coklat dan ingin bertanya, silahkan komen untuk tanya-tanya ya. Selamat mencoba & happy baking bu-ibu!

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Bolu Coklat Panggang"