Sate Krengsengan yang Empuk dan Lezat


Nurul Hidayah - Sate Krengsengan yang Empuk dan Lezat merupakan salah satu jenis sate yang agak berbeda dengan jenis sate lainya. Bagaimana tidak? Karena sate ini langsung dibakar beserta bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Jadi tidak perlu repot-repot lagi membuat sambal sate atau bumbu sate lagi.

Awal tahu resep ini dari ibu saya yang selalu menyajkan sate krengsengan, terlebih lagi jika Hari Raya Idul Adha. Serasa wajib memakan sate krengsengan jika Idul Adha tiba. Memasak sate krengsengan memang sangat praktis dan simple karena setelah dibakar bisa langsung dimakan tanpa disertai dengan sambal sate.



Biasanya daging sapi jika disate dan dibakar sebentar akan terasa alot. Nah disini saya memiliki tips agar Sate Krengsengan yang Empuk dan Lezat akan terasa empuk dan tidak alot. Tipsnya adalah sebaiknya siapkanlah daun pepaya untuk menutup daging yang akan dibuat sate.

Hal tersebut akan membantu Anda untuk mengempukkan daging sapi yang akan dibuat menjadi sate secara alami tanpa bahan berbahaya. Selain rasanya yang enak, resep ini juga simple dan tidak begitu ribet.



Meskipun tanpa sambal sate, sate krengsengan akan terasa lebih nikmat karena sudah tercampur rata dengan bumbu halus sebelum dibakar. Sate krengsengan sudah menjadi favorit saya semenjak saya kecil hingga saat ini.

Apalagi saat ini Idul Adha masih terasa dan daging kurban yang ada di freezer juga masih tersimpan rapi. Jadi sudah tidak berfikir panjang lagi. Setelah kemarin membuat rawon dari daging kurban, saat ini saya membuat Sate Krengsengan yang Empuk dan Lezat juga dari daging kurban.

Sate Krengsengan
By : Nurul Hidayah

Bahan-bahan sate krengsengan:
1. Daging sapi 500gram, potong dadu
2. Kecap manis secukupnya
3. Tusuk sate secukupnya
4. Daun pepaya

Bumbu yang dihaluskan:
1. Bawang merah 2 butir, kupas
2. Bawang putih 2 siung, kupas
3. Garam secukupnya
4. Merica bubuk 1 sendok teh
5. Kacang tanah 2 sendok makan, goreng
6. Gula pasir secukupnya
7. Cabe rawit sesuai selera

Cara membuat sate krengsengan:
1. Pertama, haluskan semua bumbu halus. Saya menghaluskanya menggunakan cobek. Setelah itu campur daging sapi dengan bumbu yang sudah dihaluskan. Aduk hingga merata dan tambahkan kecap secukupnya. Diamkan kurang lebih 1 jam agar semua bumbu meresap ke dalam daging.

2. Ketika didiamkan, saya tetap menaruhya di atas cobek dan menutupnya dengan daun pepaya agar tekstur daging nantinya menjadi empuk dan tidak alot. Bisa juga menggunakan parutan buah nanas, namun jika menggunakan buah nanas, nanti jika sudah matang rasa sate ada rasa nanasnya, oleh sebab itu saya memilih menggunakan daun pepaya. Itu tergantung pada pilihan bagi Anda yang mencobanya.

3. Setelah didiamkan selama 1 jam, tusuk daging yang sudah dicampur dengan bumbu halus menggunakan tusuk sate yang sudah disediakan. Lakukan hingga semua daging habis.

4. Setelah itu bakar sate krengsengan sambil dikipas-kipas. Bolak balik hingga sate matang. Setelah matang, angkat.

5. Sate krengsengan siap dihidangkan.


Bagimana, tertarik untuk membuatnya? Resep Sate Krengsengan yang Empuk dan Lezat bisa Anda coba di rumah sebagai sajian istimewa di Hari Raya Idul Adha Anda tahun ini. Anda bisa menyajikanya degan nasi hangat dan es teh manis. Selamat mencoba dna happy cooking!

0 Response to "Sate Krengsengan yang Empuk dan Lezat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel