Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Dan Cara Membuat Onde-Onde Isi Coklat Enak


Nurul Hidayah - Resep Dan Cara Membuat Onde-Onde Isi Coklat Enak tentunya akan selalu dicari-cari bagi beberapa orang yang ingin bisa membuatnya sendiri. Siapa sih yang tak kenal dengan jajanan tradisional ini. Onde-onde merupakan salah satu jajanan tradisional yang memiliki ciri dengan bentuk yang bulat dan ada wijen yang menempel dikulit bagian luarnya.



Rasa isian onde-onde yang original yaitu dengan isian kacang hijau. Namun seiring berkembangnya zaman, banyak orang yang mengkreasikan jajanan tradisional dengan isian yang beragam. Seperti dengan isi keju, durian, kelapa, coklat dan lain sebagainya. Nah kali ini kami akan membahas Resep Dan Cara Membuat Onde-Onde Isi Coklat Enak


Onde-onde isi coklat
By : Nurul Hidayah

Bahan-bahan untuk pembuatan kulit onde-onde yaitu:
1. Kentang sebanyak 55 gram, kupas dan cuci hingga bersih
2. Tepung ketan putih sebanyak 300 gram, gunakan tepung dengan kualitas premium ya agar hasilnya juga maksimal
3. Minyak goreng seperlunya
4. Garam sejumput
5. Gula pasir sebanyak 65 gram
6. Wijen sebanyak 100 gram
7. Air hangat sebanyak 175 ml

Adapun cara membuat kulit onde-onde sebagai berikut:

1. Pertama, kukus ketang yang sudah dikupas dan dibersihkan hingga matang.
2. Setelah matang, haluskan kentang hingga halus dan tidak menggerindil lagi.
3. Nah cara membuat kulit onde-onde yaitu ambil wadah terlebih dahulu, kemudian campurkan beberapa bahan seperti kentang yang sudah dihaluskan, tepung ketan, garam dan gula pasir. Aduk-aduk menggunakan tangan hingga merata.
4. Setelah semua adonan merata, tuang air hangat sedikit demi sedikit ke dalam waah yang bersisi campuran bahan tadi. Aduk hingga merata, kalis dan bisa dibentuk.
5. Setelah kalis, timbang adonan dengan berat kurang lebih 10gram dna setelah itu pipihkan. Lakukan sampai semua adonan habis.

Setelah selesai membuat kulit onde-onde, kini perlu dipersiapkan beberapa bahan untuk pembuatan isi onde-onde, yaitu:
1. Dark cooking chocolate atau biasa disebut coklat batangan sebanyak 200 gram, iris tipis-tipis
2. Krim kental sebanyak 150ml
3. Kacang mede sebanyak 100gram, potong kasar

Adapun cara membuatnya yaitu:
1. Pertama lelehkan krim kental terlebih dahulu, aduk-aduk hingga merata.Kemudian masukkan coklat batangan yang sudah diiris tipis. Aduk lagi hingga merata
2. Setelah itu masukkan potongan mede. Aduk-aduk hingga merata.
3. Setelah merata, angkat dan sisihkan terlebih dahulu

Nah, setelah pembuatan isi onde-onde sudah selesai. Kini saatnya membuat onde-onde isi coklat yang enak. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Ambil adonan kulit yang sudah dipipihkan. Kemudian isi dengan isian coklat yang sudah dimasak tadi. Setelah itu bulatkan adonan hingga bagian isinya tidak terlihat.
2. Nah, setelah berbentuk bulat, gulingkan onde-onde di atas wijen agar wijen tersebut menempel dikulit onde-ondenya. Lakukan hingga semua adonan habis.
3. Setelah itu goreng onde-onde dengan minyak yang panas, goreng hingga matang sempurna.
4. Setelah matang, angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
5. Onde-onde isi coklat siap dihidangkan.

Bagaimana setelah membaca Resep Dan Cara Membuat Onde-Onde Isi Coklat Enak seperti di atas? Mudah bukan? Agar tidak penasaran lagi, yuk coba resep di atas. Anda bisa menyajikanya disertai dengan teh hangat atau secangkir kopi. Selamat mencoba!

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Dan Cara Membuat Onde-Onde Isi Coklat Enak"