Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cake Coklat Kukus Enak


Nurul Hidayah - Cake Coklat Kukus Enak merupakan salah satu makanan favorit saya. Semua yang berbau coklat sudah mutlak menjadi favorit saya. Baik itu cake, kue basah dan bahkan kue kering. Bagaimana tidak? Rasa coklat yang manis serta enak dan dipadukan dengan cake yang moist tentunya akan menjadikan cake coklat tersebut menjadi cake yang lebih nikmat

Tidak punya oven tapi ingin membuat cake? Tidak usah gelisah karena selain dioven, cake coklat juga bisa dikukus loh. Rasanya pun tidak kalah dengan cake oven yang dijual di toko roti. Kali ini saya akan membahas Cake Coklat Kukus Enak yang pernah saya coba di rumah.



Ketika membuat cake coklat ini, saya memang belum mempunyai oven. Oleh sebab itu, saya mencoba untuk mengukusnya. Ternyata ajaib sekali loh, rasanya sangat enak dan tetap moist. Anak saya saja suka, apalagi saya yang memang pada dasarnya menggemari makanan yang berbahan dasar coklat. Hehehe

Inilah resep beserta cara membuat Cake Coklat Kukus Enak dan moist. Saya jamin, pada saat gigitan pertama akan membuat Anda ketagihan lagi.

Cake Coklat Kukus By Nurul Hidayah

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pmbuatan cake coklat kukus yaitu:
1. Tepung terigu sebanyak 110 gram, saya menggunakan tepung terigu berprotein rendah yaitu segitiga biru
2. Telur ayam sebanyak 2 butir, pilihlah telur dengan kualitas yang bagus dan masih segar. Ambil wadah dan kocok menggunakan garpu atau sendok
3. Susu cair sebanyak 200 ml, saya memakai susu cair yang rasa coklat. Bisa juga menggunakan susu cair putih.
4. Gula halus sebanyak 150 gram
5. Margarine 170 gram
6. Coklat bubuk 50 gram, saya pakai vanhouten
7. 1/4 sendok teh vanili bubuk, saya pakai satu kemasan kecil
8. 1 sendok teh baking powder
9. 1/4 sendok teh baking soda
10. Coklat putih batangan secukupnya, lelehkan

Cara membuat:
1. Pertama, siapkanlah loyang terlebih dahulu. Setelah itu olesi loyang bagian dalam dengan margarin dan taburi dengan tepung tipis-tipis.
2. Setelah itu, ambil panci kemudian campurkan beberapa bahan seperti gula, susu, margarin, dan vanili. Didihkan hingga meleleh sambil diaduk-aduk agar tidak cepat gosong. Setelah meleleh, dinginkan terlebih dahulu.
3. Nah setelah dingin, masukkan telur yang sudah dikocok tadi ke dalam campuran bahan yang dilelehkan.
4. Kemudian siapkan wadah lain, campur bahan kering seperti tepug terigu, coklat bubuk, baking soda dan baking powder.
5. Setelah itu, masukkan campran gula yang sudah leleh tadi ke dalam campuran  tepung. Tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk hingga merata.
6. Setelah rata, tuang adonan ke dalam loyang yang sudah disiapkan tadi.
7. Untuk adonan putih dibagian atasnya, saya pakai coklat putih leleh dan saya menggunakan bantuan tusuk sate untuk menggambarnya.
8. Lalu kukus hingga matang, kurang lebih 25 menit.
9. Lakukan tes tusuk, setelah matang segera angkat dan sajikan.

Anda bisa menyajikan Cake Coklat Kukus Enak dengan teh hangat dan buah jeruk sebagai hidangan sore Anda ketika santai. Selamat mencoba!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cake Coklat Kukus Enak"