Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Mie Ayam Homemade

Nurul Hidayah - Resep Membuat Mie Ayam Homemade akan dibahas dalam artikel ini. Siapa sih yang gak kenal apa itu mie ayam? Hampir dari semua kalangan menggemari makanan ini, dari anak-anak, dewasa hingga para orang tua.

Cerita sedikit, dulu pas hamil aurah, anak saya yang pertama ini, ngidamnya emang selalu pengen makan mie ayam dan selalu makan di tempat penjualnya. Entah itu seminggu sekali, dua kali pengenya. Mie ayam ya, bukan yang mie instant.

Enak ya, suamiku gampang nyarinya. Gak perlu ngidam mewah untuk nurutin si kecil di dalam kandungan. Kata orang dulu ngidamnya harus diturutin biar anaknya gak ngiler. Hahahahaha

Hingga saat ini, aurah umur 3 tahun gemar makan mie. Tahu sendiri kan. Bagaimana jika setiap hari makan mie dan beli di luar, agak sedikit was-was dengan berita yang macam-macam tentang makanan yang dijual diluaran sana.



Oleh sebab itu, saat ini saya memiliki alternatif untuk membuat mie ayam homemade sendiri di rumah. Selain makanya puas, kesehatan serta kebersihan makanan akan tetap terjaga dalam pengawasan ketika membuatnya.

Untuk resepnya saya tidak bikin sendiri. Saya mencoba salah satu resep yang ada di facebook dan tiba-tiba pengen eksekusi aja rasanya. Sepertinya kok tidak terlalu rumit, biasalah ya namanya juga mama muda, kalau masak pengen yang simple dan gampang aja. Hehehehe

Kata temen-temen sih, kunci enaknya mie ayam itu tergantung minyak ayam yang dipakai untuk campuran mie ayam nya. Nah loh, enaknya minyak ayamnya itu langsung beli instant atau buat sendiri aja sih?

Kalau saya sih, buat sendiri aja deh. Selain hemat juga, tentunya minyak ayam berbahan dasar dari ayam juga kan, biar gak was-was dari daging kutukan seperti di berita yang lagi booming saat ini, seperti pakai daging tikus atau apalah.

Nah, berikut Resep Membuat Mie Ayam Homemade yang mudah. Anda juga pasti bisa kok membuatnya di rumah.


Resep Membuat Mie Ayam Homemade by Nurul Hidayah
Source : Yunda yun

Bahan mie dan cara membuatnya :
1. Mie telur, saya pakai mie telur yang keriting. Nah ketika memasak mie nya, saya rebus airnya terlebih dahulu hingga mendidih. Setelah mendidih masukkan mie telor keriting ke dalam air rebusan tadi dan tambahkan sedikit minyak goreng agar tidak lengket. Tunggu hingga mie lunak, angkat dan tiriskan terlebih dahulu.

Bahan minyak ayam serta cara membuatnya:
1. Lemak dan kulit ayam potong kecil, cuci hingga bersih
2. Bawang putih iris tipis, saya pakai bawang putih kating biar lebih terasa dan nikmat.

Cara membuat minyak ayamnya yaitu tumis bawang putih higga harum, jangan sampai gosong ya menumisnya. Kemudian masukkan lemak dan kulit ayam. Masak sampai kulit kering dan minyak keluar, sisihkan terlebih dahulu.

Bahan serta cara membuat ayam kecap:
1. 500 gram daging ayam potong kecil atau sesuai selera
1. 1 sendok makan saos tiram, saya skip karena tidak terlalu suka saos tiram.
2. 5 sendok makan kecap manis
3. 2 sendok makan kecap asin
4. Garam secukupnya
5. Penyedap secukupnya
6. 10 siung bawang merah
7. 5 siung bawang putih
8. 5 butir kemiri
9. 2 cm jahe
10. 1 sendok makan ketumbar
11. Seruas jempol kunyit

Cara membuat ayam kecap:
Pertama haluskan beberapa bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar dan kunyit hingga halus. Kemudian tumis bumbu sampai harum.Masukkan bahan satu persatu seperti ayam, kecap manis, kecap asin, saos tiram  (saya tidak pakai), garam dan penyedap secukupnya. Aduk hingga rata. Tambahkan air, masak sampai agak kering dna kuah menyusut.

Bahan serta cara membuat kuah:
1. Tulang ayam secukupnya
2. 2 liter air biasa
3. 4 siung bawang putih, haluskan
4. 1 sendok teh Lada bubuk
5. 1 batang daun bawang,  iris-iris

Cara membuat kuah yaitu:
Siapkan panci, kemudian masukkan semua bahan jadi satu dalam panci. Masak sampai mendidih dan matang. Tambahkan garam dan penyedap secukupnya. Cicipi dan tes rasa.

Bahan sambal serta cara membuatnya:
Cabe rawit tambahkan bawang putih 1 siung goreng sebentar dan ulek tambahkan garam. Saya hanya pakai ulekan cabe rawit saja.

Cara penyajian ala saya:
1. Ambil mangkok masukkan mie, saya kasih pangsit goreng yang lebar itu, saya beli instant tinggal goreng aja. Nah setelah pangsitnya digoreng, taruh di mangkok, kemudian tutupi dengan mie telor keriting yang sudah direbus tadi. 
2. Tambahkan satu sendok makan minyak ayam aduk rata.
3. Siram dengan kuah, tambahkan ayam kecap, sawi, acar dan sambal sesuai selera. 

Itulah tadi Resep Membuat Mie Ayam Homemade. Bisa dong praktek di rumah? Makanya puas dan tentunya rasanya juga gak kalah kok sama abang-abang penjual mie ayam. Selamat mencoba!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Mie Ayam Homemade"