Brudel Khas Manado

Nurul Hidayah - Brudel Khas Manado merupakan perpaduan antara roti dan bolu. Saya bilang seperti itu karena memang teksturnya hampir mirip dengan roti yang berongga, lembut serta empuk dan bentuknya yang menyerupai dengan bolu.

Salah satu cake khas yang berasal dari Manado ini konon katanya merupakan salah satu cake warisan dari Belanda yang masih populer sampai saat ini. Sebenarnya ada dua cara membuat brudel yaitu dengan cara dipanggang dan dikukus.

Kali ini saya mencoba resep brudel yang dipanggang dan ternyata berhasil. Saya pakai dua loyang yaitu loyang persegi panjang dan loyang bulat ukuran kecil karena belum memiliki loyang khusus untuk brudel. xixixixi

Nah ketika mengisi adonan, saya isi setengah loyang dan mengembang seperti gambar di bawah ini. Itu salah satu tanda kalau brudel yang dibuat berhasil ya karena menggunakan ragi, otomatis adonanya akan mengembang 2X lipat.



Jika adonan tidak mengembang itu artinya ragi yang digunakan sudah tidak aktif lagi dan harus diganti dengan ragi yang baru. Jika masih diteruskan, hasil brudelnya akan bantat.

Awalnya saya memang penasaran dengan cake khas Manado ini. Selain saya bukan orang asli Manado, saya juga belum pernah makan Brudel Khas Manado yang dibuatkan oleh orang Manado asli. Hehehehe

Beberapa kali makan, namun bukan buatan orang asli Manado. Oleh sebab itu rasa penasaran saya sudah terobati ketika mencoba resep salah satu teman asli Manado dan apalagi cara membuat cake ini tanpa menggunakan mixer.

Nah loh? Tiba-tiba dalam fikiran saya, jika membuat cake tanpa mixer, jelas gak pakai ribet ya, tinggal aduk-aduk pakai tangan atau whisk, jadi deh. Kayak sulapan gitu. Inilah salah satu resep yang saya sukai, tanpa ribet.

Meskipun brudel yang saya buat tanpa menggunakan mixer, ternyata hasil akhirnya lembut dan empuk loh. Coba lihat deh tekstur brudel Manado yang saya buat di bawah ini. Berongga, lembut dan empuk, Menggiurkan kan?



Kalau masih penasaran? Yuuk coba resep Brudel Khas Manado di bawah ini. Resep ini merupakan resep dari temen, yang katanya resep almarhumah mertuanya.


Brudel Khas Manado by Nurul Hidayah
Source: Shanty Sushanty

Bahan-bahan:
1. 1/2 kg tepung terigu
2. 225 gram gula pasir
3. 1 sachset susu bubuk, saya pakai susu bubuk dancow
4. 3 butir telur
5. Santan 1 1/2 gelas belimbing, saya pakai 1 bungkus kecil santan instant kara ukuran 65 ml dan saya campurkan dengan air hangat 1 gelas belimbing.
6. 150 gram margarin, saya pakai blue band
7. Ragi instant 11 gram, saya pakai fermipan

Hiasan di atas kue : kismis/ cherry (saya pakai sprinkle, karena stok di rumah adanya sprinkle, biar gak beli bahan lagi tapi tetap cantik kok). hehehehe

Cara membuat:
1. Pertama campur beberapa bahan kering seperti tepung terigu, susu bubuk, ragi instant, dan gula pasir.Aduk hingga rata menggunakan tangan.
2. Lalu masukkan telur, margarin, santan yang di campur air hangat 1 gelas belimbing. Aduk lagi hingga merata.
3. Setelah itu diamkan adonan kurang lebih 30-45 menit atau hingga mengembang 2X lipat.
4. Lalu masukkan loyang yang diolesi margarin dan dialasi kertas roti.
5. Terakhir beri taburan atasnya. Saya menggunakan taburan sprinkle warna warni.
6. Panggang kurang lebih 40 menit atau hingga matang. Karena saya menggunakan oven listrik Kirin, biasanya memang lebih lama dari resep. Jadi ketika memanggang brudel ini, saya panggang di dalam otrik kurang lebih 50 menit dengan suhu 160 derajat celcius.
7. Matang sempurna dan siap dihidangkan.

Itulah tadi percobaan resep Brudel Khas Manado yang pernah saya praktekkan di rumah dan langsung berhasil. Bagaimana? Apakah Anda juga ingin mencobanya? Selamat mencoba!

0 Response to "Brudel Khas Manado "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel