Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Basah Lemet

Nurul Hidayah - Resep Kue Basah Lemet bisa Anda temukan dalam artikel ini. Lemet merupakan salah satu makanan tradisional yang ada di Indonesia. Kue lemet memakai bahan dasar singkong, dalam bahasa Jawa yaitu “pohong atau menyok”.

Rasa lemet yaitu manis, legit dan gurih. Selain itu lemet memiliki tekstur yang kenyal. Kenyal pada lemet ini memang berbeda dengan kenyalnya pentol atau cilok karena lemet memakai bahan dasar parutan singkong.



Makanan tradisional ini dibagian tengahnya diisi dengan irisan gula merah. Nah pembuatan lemet ini lebih sedap jika memakai daun pisang sebagai pembungkusnya. Aroma yang khas membuat lemet istimewa.

Cara membuat lemet tergolong mudah, hanya perlu memarut beberapa bahan seperti singkong dan kelapa. Kemudian dicampur menjadi satu dengan beberapa bahan lainya hingga rata.

Lemet dimasak dengan cara dibungkus dengan du pisang dan kemudian dikukus. Berikut Resep Kue Basah Lemet yang bisa Anda praktekkan di rumah untuk cemilan atau sajian pelengkap keluarga Anda.

Resep Kue Basah Lemet

Bahan-bahan:

1. Kelapa 1/2 butir, parut dan sisihkan. Pilihlah kelapa yang tidak terlalu tua
2. Singkong 1/2 kg, parut dan sisihkan
3. Sejumput garam halus
4. 1/4 kg gula merah, sisir halus
5. Daun pisang secukupnya, untuk membungkus

Cara membuat lemet:
1. Potong daun pisang sesuai ukuran atau menurut selera. Sebelum digunakan sebaiknya jemur atau taruh di atas kompor terlebih dahulu agar ketika daun pisang dilipat tidak mudah sobek. Sisihkan terlebih dahulu.
2. Parut kelapa, sisihkan terlebih dahulu.
3. Kupas dan cuci singkong, kemudian parut singkong.
4. Campurkan beberapa bahan seperti kelapa parut, singkong parut, gula merah dan garam halus. Aduk-aduk hingga merata.
5. Ambil satu lembar daun pisang, lalu taruh 3-4 sendok makan adonan lemet di atas daun pisang.
6. Bungkus sesuai selera, lakukan sampai semua adonan habis.
7. Kukus lemet kurang lebih 30 menit atau hingga matang.
8. Angkat dan hidangkan.

Resep Kue Basah Lemet bisa Anda coba di rumah. Jika ingin tekstur kue lemet agak sedikit lebih kenyal, Anda bisa menambahkan segenggam tepung tapioka dalam adonan sesuai resep di atas.

Semua itu tergantung selera masing-masing ya. Untuk penambahan tepung tapiokanya boleh ditambahkan atau juga boleh diskip. Selamat mencoba!

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Kue Basah Lemet"