Rawon Balungan Gresik yang Nikmat


Nurul Hidayah - Rawon Balungan Gresik yang Nikmat menjadi salah satu makanan kesukaan saya.  Gresik merupakan salah satu kabupaten yang lumayan besar yang berada di Jawa timur. Gresik sendiri juga memiliki berbagai macam makanan kuliner khas seperti nasi krawu, otak-otak bandeng, pudak, jubung, bandeng presto dan rawon balungan.

 Seperti yang kita ketahui bahwa Jawa Timur ternyata memiliki makanan khas yang bewarna hitam, namun rasanya luar biasa enaknya. Makanan tersebut yakni Rawon Balungan. Rawon balungan merupakan masakan yang berbahan dasar daging sapi beserta balungan sapi. Kaldu alami dari air rebusan balungan dan daging sapi membuat rasa kuah rawon menjadi lebih nikmat. 

Nah, warna hitam dari kuah rawon balungan ini dari salah satu bumbu yang dipakai untuk rawon. Bumu tersebut yaitu kluwek. Bagi Anda penggemar balungan, rasanya perlu dicoba untuk mencicipi dan mencoba resep Rawon Balungan Gresik yang Nikmat.

                                                     
 Saya sebagai orang asli Gresik ternyata juga menggemari makanan khas asli Gresik ini. Tentunya hal tersebut dari ibu tercinta yang biasa mengolah rawon balungan untuk keluarga. Nah kali ini saya juga sudah berkeluarga dan tentunya menjadi mama muda rasanya juga menjadi hal wajib bisa mengolah rawon balungan Gresik ini untuk keluarga kecil saya.

Orang Jawa Timuran tentunya sudah tidak asing lagi dengan rawon balungan Gresik. Nah, kebetulan sekarang Hari raya Idul Adha dan mendapatkan daging gratis. Tahun ini saya belum bisa kurban sapi atau kambing karena memang uangnya belum cukup untuk membelinya. Insya allah tahun berikutnya jika ada rizki lebih, insya allah rencana ingin berkurban seperti yang lainya. Amiiiin.

Saat ini, H+2 Hari raya Idul Adha, saya baru sempat mengolah daging kurban karena memang kemaren masih sibuk dengan hal yang lainya. Kemaren ketika langsung dapat daging kurban, langsung saya masukkan freezer. Hehehehehehe


 Kali ini saya ingin mengulas resep Rawon Balungan Gresik yang Nikmat. Jika Anda baru saja menikah, tidak usah khawatir tidak bisa mengolah balungan serta memasak rawon balungan karena memang resep ini tidaklah sulit. Untuk menghasilkan daging yang menempel di balungan empuk dan tidak alot, saya merebus balungan tersebut kurang lebih 1,5 jam.

Berikut resep Rawon Balungan Gresik yang Nikmat yang bisa Anda coba di rumah sebagai sajian istimewa untuk keluarga Anda di Hari Raya Idul Adha saat ini.

Rawon Balungan Gresik by Nurul Hidayah

Bahan utama untuk pembuatan rawon balungan Gresik yaitu:
1. Daging sapi 1 kg, saya memilih daging sapi pilihan khusus digunakan untuk rawon agar nanti kuahnya menjadi segar dan nikmat.
2. Tulang sapi 500 gram, saya memilih tulang sapi dengan kualitas yang bagus
3. Air sebanyak 2 liter
4. Minyak goreng secukupnya, nanti digunakan untuk menumis

Bumbu-bumbu yang perlu dipersiapkan sebagai berikut:
1. Laos/ lengkuas sepanjang 1 cm, geprek
2. Jahe sepanjang 1 cm, geprek
3. Sereh 2 batang, geprek
4. Gula sebanyak 1 sendok teh
5. Garam sejumput
6. Daun jeruk purut 3 lembar
7. 2 buah jeruk purut, peras ambil airnya

Bumbu-bumbu yang dihaluskan yaitu:
1. Kluwek sebanyak 12-13 butir, kupas ambil isinya buang kulitnya, sangrai terlebih dahulu hingga kering agar tidak langu nantinya
2. 16 butir bawang merah
3. 8 siung bawang putih
4. Ketumbar 2 sendok makan
5. Kunyit sepanjang 1 cm
6. Garam secukupnya
7. Penyedap rasa bila suka, kali ini saya tidak memakai penyedap rasa krena saya rasa sudah cukup dari kaldu alami dari ebusan daging sapi dan tulang sapi.

Berikut langkah-langkah pembuatan Rawon Balungan Gresik yang nikmat:
1. Pertama, siapkan panci untuk merebus daging dan tulang sapi.

2. Setelah semuanya siap, nyalakan kompor dengan api sedang, masukkan daging beserta tulang sapi dan air ke dalam panci. Rebus hingga mendidih.

3. Di tempat lain, tumis semua bumbu yang dihaluskan hingga mengeluarkan aroma yang harum. Setelah itu, cemplungkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam air rebusan dagig sapi. Aduk hingga merata, lalu tutup pancinya agar semua bumbu meresap ke dalam daging dan tulang sapi. 

Kali ini saya merebus kurang lebih 1,5 jam, teksturnya bisa empuk dan tidak alot. Kenapa saya tidak memilih presto daging agar cepat empuk dan menghemat tenaga? Dulu saya pernah mencoba daging dan tulang sapi saya presto, cepat empuk sih. 

Namun hal tersebut mengurangi kaldu yang tergandung dalam daging dan tulang sapi. Oleh sebab itu saat ini saya tidak merestonya, melainkan merebus secara alami dengan kurun waktu 1,5 jam.

4. Setelah direbus hingga daging empuk,masukkan gula dan garam secukupnya. Tes rasa, jika dirasa sudah enak dan pas. Angkat dan sajikan di atas mangkok beserta sambal.

Saya menyajikan rawon balungan ketika masih panas atau hangat karena akan terasa lebih nikmat jika dibandingkan menyajikanya dalam keadaan dingin. Selain itu, saya tambahkan sambal dan perasan air jeruk nipis ketika memakanya. 
Satu mangkok yang saya sajikan untuk suami tercinta karena memang suami saya sangat suka mengonsumsi balungan sapi. Kata orang Gresik "Senengane krokot-krokot". hehehehe. Kata suami saya seger rawonya. 
Bagaimana setelah membaca resep Rawon Balungan Gresik yang Nikmat? Tertarik untuk mencobanya? Resep yang simple dan mudah tentunya akan mempermudah Anda untuk mengolahnya.  Selamat mencoba!


0 Response to "Rawon Balungan Gresik yang Nikmat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel