Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Brownis Kukus Ny. Liem


Nurul Hidayah - Brownis Kukus Ny. Liem memang sudah populer di kalangan pecinta kuliner. Seperti halnya brownis amanda. Berawal dari penggemar coklat, rasanya kok menjadi hal wajib bisa membuat kue dengan rasa coklat ini. Kue brownis ini memang memiliki tekstur yang lembut, enak, manis dan legit. Namun jika ingin rasa gurih, Anda bisa menambahkan rasa keju dibagian dalamnya atau bisa juga untuk taburan. 

Namun kali saya membuat isian brownis menggunakan keju slice dan coklat coki-coki. Kali ini saya membuat Brownis Kukus Ny. Liem. Namun pas pertama kali mencoba resep ini masih gagal dan kali ini untuk ke dua kalinya saya mencoba membuat kue brownis dengan resep yang sama dan hasilnyapun mengejutkan. Saya berhasil menaklukkan kue yang satu ini.

Kunci utama adalah jika Anda mau mencoba resep ini, sebaiknya ikuti langkah-langkahnya secara urut agar menjadi hasil yang memuaskan serta baca baik-baik cara membuat Brownis Kukus Ny. Liem berikut ini:

Rebake by : Nurul hidayah
Source: ny.liem
Bahan I yang dibutuhkan untuk pembuatan brownis kukus Ny liem sebagai berikut: 
- 6 butir telur ayam, saya mengnakan telur yang berukuran sedang dan berkualitas bagus.
- 225 gr gula pasir (saya pakai ukuran 125 gram) karena gak terlalu suka dengan rasa yang manis.
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok tehgaram 
- 1 sendok tehteh emulsifier

Bahan II yang dibutuhkan untuk pembuatan brownis kukus Ny liem sebagai berikut: 
- 125 gr terigu berprotein rendah, saya memakai tepung terigu segitiga biru
- 50 gr cokelat bubuk, saya memakai vanhouten
- 1/2 sendok teh baking powder

Bahan III yang dibutuhkan untuk pembuatan brownis kukus Ny liem sebagai berikut: :
- 175 ml minyak goreng
- 100 gr DCC lelehkan, campur dgn minyak

Bahan IV untuk pembuatan brownis kukus Ny liem sebagai berikut:
- 75 ml susu kental manis 
(saya ganti pakai coklat coki-coki dan keju slice untuk bagian tengahnya)
Jadi nanti ada 2 rasa yang berbeda dibagian tengahnya

Cara membuat brownis kukus Ny liem antara lain:

1. Campur dan kocok bahan I menjadi satu hingga mengembang dan kental. Saya mengocoknya menggunakan mixer dengan kecepatan 3 hingga mengembang dan kental berjejak.

2. Kemudian masukkan bahan II sedikit demi sedikit ke dalam wawadh yang sudah berisi bahan I sambil diayak hingga rata dan tercampur. Tujuan bahan II diayak adalah agar tidak ada kutu kecil atau kotoran yang ikut nimbrung di kue brownis nantinya. hehehe

3. Kemudian tuang bahan III sambil diaduk perlahan dengan spatula hingga tercampur rata. (Saya masih tetap mengaduknya menggunakan mixer tapi dengan kecepatan yang paling rendah) lagi gak punya kekuatan kali ya saya jadi ya pilih yang praktis saja. hehehe

4. Lalu ambil 100 gram adonan, campur dengan bahan IV, sisihkan terebih dahulu. Ini nanti digunakan untuk isian bagian tengah brownisnya.

5. Setelah itu tuangkan 1/2 bagian sisa adonan tadi ke dalam loyang ukuran 20x20x7 cm yang telah diolesi dengan sedikit minyak dan dialasi dengan kertas roti. Saya memakai loyang dengan ukuran 10X4X7 loyang persegi panjang. Selain itu saya juga tidak pakai kertas roti buat alasnya karena memang gak ada stoknya jadi ya saya siati dengan cara mengoles loyang tipis-tipis memakai margarin agar kue brownis tidak menempel paa loyang.

6. Kemudian, kukus selama 10 menit dalam kukusan, saya memakai dandang yang biasa saya gunakan untuk memasak nasi. Sebelum kue brownis masuk ke dalam dandang, sebaiknya panaskan dandangnya terebih dahulu mengunakan api sedang.

7. Lalu tuang adonan yg telah dicampur dengan bahan IV, kukus selama 5 menit dan terakhir masukkan sisa adonan. Sebelum saya masukkan adonan yang terakhir, loyang yang pertama saya tuang adonan yang saya campur dengan coki-coki agar dibagian tengahnya terlihat warna coklat yang lebih gelap dan di loyang kedua saya kasih keju slice, jangan guakan keju selain keju slice ya biar gak meleleh kejunya ketika dikukus.
Setelah dibagian tengah dikasih rasa, tuang kembali adonan sisa yang belu dituang.

8. Setelah itu kukus kembali selama 30 menit hingga matang dan test tusuk.

9. Angkat dan dinginkan sebelum disajikan.

Itulah tadi resep Brownis Kukus Ny. Liem yang sudah saya coba di rumah. Lega rasanya jika membuat kue dengan rasa yang enak dan berhasil. Selamat mencoba ya!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Brownis Kukus Ny. Liem"