Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cake Jagung Manis Kukus “Corn Cake”

Nurul Hidayah - Kali ini saya mencoba membuat Cake Jagung Manis Kukus. Ceritanya, memang tidak ada rencana membuat kue yang berbahan dasar jagung manis. Karena ada banyak stock jagung di rumah, rasanya bosan jika cuma direbus dan dibuat dadar jagung.

Oleh sebab itu, saya mencoba alternatif membuat cake jagung atau ”corn cake” ini. Untuk resepnya saya memakai resep rainbow cake nya Ny.liem dan saya modifikasi dengan menambahkan jagung manis di dalam adonan serta skip pewarna nya.

Warna kuning Cake Jagung Manis Kukus memang warna alami dari jagung itu sendiri. Oleh karena itu saya tidak memakai pewarna lagi. Meskipun demikian, hasil akhir cake jagung yang saya buat memiliki warna yang sangat cantik.


Untuk toppingnya, saya menggunakan parutan keju dan coklat batangan karena saya sendiri lebih menyukai kue yang ada rasa coklat dan kejunya. Untuk loyangnya, saya memakai loyang bulat ukuran 18cm.

Nah cara membuat cake jagung manis ini dengan cara dikukus. Jadi tidak usah mengatur temperatur suhu seperti halnya dipanggang. Jadi Anda hanya mengatur api yang digunakan untuk mengukus, sebaiknya gunakanlah api sedang cenderung kecil agar hasil kuenya tidak mekrok.

Ketika mengukus kue jagung ini, sebaiknya tutup rapat kukusan yang Anda pakai agar kuenya bisa matang sempurna. Selain itu agar tidak bantat, kocoklah adonan hingga mengembang dan berubah warna hingga pucat. Berikut resep Cake Jagung Manis Kukus yang bisa Anda praktekkan di rumah juga ya bu-ibu.

Cake Jagung Manis Kukus by Nurul Hidayah
Source : Rainbow cake Ny.liem, saya modifikasi menjadi cake jagung

Bahan A:
1. Telur ayam 4 butir
2. Gula pasir 200 gram
3. 1 sendok teh SP

Bahan B:
1. tepung terigu 50 gram, saya menggunakan tepung segitiga biru
2. Susu bubuk 1 sachset, saya menggunakan susu bubuk dancow
3. Jagung manis 2 buah, blender hingga halus kalau gak punya blender bisa diparut. Kalau pakai blender, jangan ditambahin air ya agar kadar airnya tidak berlebih.

Bahan C:
1. Minyak goreng 150 ml, saya menggunakan bimoli (stok di rumah biar gak beli lagi) hehehe
2. Susu kental manis 1 sachset, saya menggunakan indomilk sachset warna putih

Bahan D:
1. Coklat batangan, parut
2. Keju, parut

Cara membuat:
1. Kocok menggunakan mixer semua bahan A hingga berubah warna dan mengembang, saya 10 menit, namun tergantung mixer yang digunakan ya karena beda merk beda kecepatan.
2. Masukkan bahan B, aduk hingga rata.
3. Masukkan bahan C sedikit demi sedikit hingga tercampur rata. Saya menggunakan spatula dan saya matikan mixernya. Jangan lupa untuk mengaduk dengan cepat ya agar adonan tidak turun.
4. Panaskan kukusan.
5. Masukkan adonan Cake Jagung Manis Kukus ke dalam loyang. Kentrok-kentrok loyang secara perlahan agar bagian tengah nanti tidak ada udara yang menyebabkan cake bolong.
6. Kukus kurang lebih 25-35 menit atau sampai matang.
7. Tes tusuk.
8. Angkat dan sajikan dengan topping coklat dan keju.

Menghabikan stock jagung di rumah tidak membuat saya kehabisan akal untuk mengolah makanan yang berbahan dasar jagung. Setelah membuat puding jagung, dadar jagung, jagung rebus, jagung bakar, jasuke, sayur bening bayam dan jagung.

Kali ini saya mecoba Cake Jagung Manis Kukus dengan berhasil. Hasilnya menurut saya juga memuaskan dengan rasa jagung yang ada di dalam cake. Selamat mencoba & happy baking!




Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cake Jagung Manis Kukus “Corn Cake”"