Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nugget Ayam Homemade


Nurul Hidayah - Nugget Ayam Homemade telah menjadi lauk andalan saya untuk buah hati tercinta. Tertariknya membuat nugget ayam sendiri di rumah karena anak saya tidak begitu suka makan lauk pauk sejenis ikan-ikanan. Selain sehat, nugget ayam buatan sendiri akan jauh lebih higienis.

Tentunya akan lebih terasa ayamnya jika membuat sendiri di rumah. Tidak disangka, ketika saya buatkan nugget ayam homemade ini. Anak saya menjadi lebih doyan makan nasi dengan lauk nugget ayam.

Daging ayam bisa diolah berbagai macam olahan masakan, salah satunya yakni nugget ayam. Nah jika membuat nugget ayam, sebaiknya gunakanlah daging ayam bagian dada dan setelah itu fillet daging ayamnya.


Setelah difillet, daging ayamnya dihaluskan dengan telur ayam hingga tercampur rata dan halus. Pilihan daging ayam merupakan kunci utama dalam pembuata nugget ayam. Oleh sebab itu jangan gunakan daging ayam selain bagian dada.

Seperti yang kita ketahui bahwa nugget ayam merupakan salah satu lauk pauk yang sangat praktis dan banyak yang menjual dalam bentuk kemasan. Jadi yang membelinya, tinggal menggorengnya saja di rumah.

Nugget ayam memiliki kandungan gizi yang bisa dibilang cukup tinggi seperti mengandung protein, karbohidrat, lemak, protein dan juga vitamin. Namun biasanya nugget yang dijual dipasaran lebih banyak mengandung bahan pengawet dan MSG.

Namun, jika membuat nugget ayam homemade tentunya rasanya akan bisa jauh lebih enak. Rasa ayamnya bisa lebih nampol dan sangat terasa ketika memakanya. Untuk takaran bahanya juga bisa saya sesuaikan.

Saya mencoba menambahkan keju parut dalam adonan nugget ayam agar terasa lebih gurih dan enak. Berikut resep nugget ayam homemade yang menurut saya, untuk rasaya sudah pas dan enak.

Nugget ayam homemade by Nurul Hidayah

Bahan-bahan :
1. 500 gram daging ayam bagian dada, fillet dan sisihkan kulit serta tulangnya. 
2. Telur ayam 2 butir, ukuran besar
3. 1 bonggol bawang putih, haluskan
4. Sejumput garam
5. Sejumput gula pasir
6. 3 sendok makan tepung kanji atau tapioka
7. 1 batang daun seledri, iris-iris
8. 2 batang daun bawang, iris-iris
9. 1/4 bungkus keju prochis gold cheddar, parut
10. 1/2 bungkus lada bubuk, saya pakai ladaku
11. Sejumput kaldu instant, saya pakai masako
12. Sejumput penyedap rasa

Bahan untuk balutan nugget ayam:
1. 1/4 kg tepung panir
2. 7 sendok makan tepung terigu
3. Air secukupnya

Cara membuat balutannya:
1. Campurkan tepung terigu dan air secukupnya hingga agak kental. Nah untuk membuat adonan balutanya, sebaiknya jangan terlalu encer ya. Sisihkan terebih dahulu.

Cara membuat:
1. Pertama siapkan blender, kemudian blender bawang putih hingga halus, sisihkan terlebih dahulu.
2. Lalu blender daging ayam fillet dan telur hingga halus dan tercampur rata.
3. Siapkan wadah, keluarkan daging ayam yang sudah dicampur dengan telur , kemudian masukkan ke dalam wadah.
4. Tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan.
5. Tambahkan lagi semua bahan, aduk-aduk hingga tercampur rata.
6. Ambil loyang dan olesi dengan margarin secara tipis-tipis.
7. Tuang adonan ke dalam loyang.
8. Kukus kurang lebih 25 menit atau hingga matang.
9. Angkat dari kukusan.
10. Kemudian potong-potong sesuai selera, bisa juga dicetak menggunakan cetakan. Namun karena saya tidak mempunyai cetakan, saya hanya memotong nugget dengan bentuk kotak saja. ^_^
11. Setelah dipotong-potong, celupkan adonan yang sudah dikukus ke dalam tepung terigu yang sudah dicampurkan air. Kemudian gulingkan ke dalam tepung panir. Lakukan hingga semua adonan nugget habis.
12. Masukkan ke dalam wadah kedap udara, saya menggunakan tupperware.
13. Masukkan ke dalam frezeer kurang lebih 2 jam agar tepung panirnya lebih menempel ke dalam adonan nuggetnya.
14. Goreng hingga matang sempuna.
15. Nugget ayam homemade siap dihidangkan.

Sebenarnya untuk pembuatan Nugget ayam homemade tidaklah sulit. Anda juga bisa mencobanya sendiri di rumah loh. Selamat mencoba & happy cooking!

Jika masih bingung membuat nugget ayam sendiri di rumah , Anda bisa melihat tutorial cara membuat Nugget Ayam Homemade berikut ini, check it out guys!





Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Nugget Ayam Homemade"