Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memasak Cumi

Nurul Hidayah - Tips memasak cumi supaya lebih enak dan tidak alot dapat Anda simak dalam penjelasan di bawah ini. Cumi merupakan salah satu seafood yang sangat digemari oleh para pecinta hidangan laut.

Cumi dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan. Anda tentu pernah mendapatkan daging cumi yang alot setelah diolah, hal ini sering terjadi bagi orang-orang yang baru pertama kali mengolah cumi.


Daging yang alot ini disebabkan karena cumi mengandung protein yang sangat tinggi. Sehingga banyaknya protein menyebabkan protein akan cepat mengeras saat dimasak. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memahami cara memasak cumi supaya hasilnya lebih enak dan tidak alot.

Tips Memasak Cumi Agar Empuk

Terdapat banyak macam masakan dari olahan cumi. Cumi harus dimasak dengan teknik yang benar supaya dapat menghasilkan daging yang lezat dan empuk. Adapun tips memasak cumi supaya lebih enak dan empuk adalah sebagai berikut:

1. Pilih cumi yang masih segar dan memiliki daging yang masih kenyal, tidak bau busuk, serta warnanya yang mengkilat.

2. Lumuri cumi dengan air perasan air jeruk lemon atau jeruk nipis. Kandungan asam yang terdapat dalam lemon ataupun jeruk nipis dapat membantumenghilangkan bau amis, serta mampu membantu mengurai protein. Jeruk lemon dan jeruk nipis juga dapat membuat daging cumi menjadi lebih lembut.

3. Rebus cumi hanya 1 menit atau paling lama 3 menit. Jika Anda terlanjur merebusnya lebih dari 3 menit, lanjutkan merebus sampai 20 atau 30 menit. Daging cumi menjadi empuk apabila dimasak dalam waktu yang sangat singkat atau sangat lama.

4. Agar tetap kenyal dan empuk, masukkan cumi yang sudah direbus ke dalam es batu.

5. Saat memasak, sebaiknya masak bumbu hingga benar-benar matang terlebih dahulu kemudian baru masukkan cumi, angkat jika cumi sudah berubah warna.

Demikian penjelasan singkat tentang tips memasak cumi supaya lebih enak dan tidak alot. Tips ini dapat Anda praktekkan sendiri di rumah untuk memberikan hidangan cumi yang istimewa. Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memasak cumi seenak hidangan restoran.

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Tips Memasak Cumi"