Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Martabak Manis Terang Bulan



Nurul HidayahMartabak Manis Terang Bulan memang enak rasanya. Ada berbagai varian isi di dalamnya, seperti coklat, keju, kacang, selai strawberi, selai nanas dan lain sebagainya.

Namun kali ini saya mencoba membuat martabak manis tanpa isi dan hanya ditabur gula halus di atasnya dan dibagian dalam martabaknya. Meskipun demikian, rasa martabak manis terang bulan ini masih tetap enak kok.

Saya membuat ini untuk ibu tercinta karena memang beliau kurang suka dengan makanan yang terlalu manis seperti coklat dan aneka macam selai. Oleh sebab itu cara ini bisa menjadi alternatif bagi saya masih bisa menyajikan cemilan untuk beliau.



Sebelumnya sudah dibahas tentang ciri-ciri martabak manis yang berhasil beserta resep yang berbeda pada pembahasan resep Martabak manis teflon tanpa ragi. Cara membuatnya juga hampir sama.

Namun perbedaanya adalah resep sebelumnya tanpa didiamkan dan bisa langsung dicetak. Namun resep kali ini harus didiamkan terlebih dahulu sebelum dicetak agar bisa menghasilkan martabak manis yang berongga, berlubang dan berserat.

Adapun ciri-ciri Martabak Manis Terang Bulan yang gagal yaitu seperti bantet atau tidak mengembang. Jika martabak yang dihasilkan bantet, rasanya juga kurang enak jika dimakan.

Selain itu, martabak tersebut tidak berserat seperti martabak yang berhasil. Bentuknya juga kurang cantik jika martabak yang dibuat gagal. Namun tidak usah khawatir jika martabak yang Anda buat tidak berhasil.

Kini ada resep Martabak Manis Terang Bulan yang mudah cara membuatnya dan simple juga kok. Yang penting semua bahan tersedia dan pengocokkanya sesuai.


Martabak Manis Terang Bulan by Nurul hidayah
Source: cookpad

Bahan -bahan:
1. Tepung terigu 250 gram
2. Telur ayam 2 butir
3. Susu bubuk 200gram, saya pakai susu bubuk dancow
4. Garam sejumput
5. Baking powder 1/2 sendok teh
6. Ragi instant 1 sendok makan, saya pakai fermipan
7. Gula pasir 100 gram
8. Air 500 ml

Bahan Toping :
1. Mentega secukupnya
2. Coklat meses secukupnya, saya skip dan hanya memakai taburan gula halus
3. Susu kental manis secukupnya



Cara Membuat Martabak Manis Terang Bulan:
1. Pertama, siapkan satu wadah untuk membuat adonan martabak manisnya.
2. Kemudian masukkan bahan kering satu persatu seperti tepung terigu, gula pasir, garam, ragi instant dan susu bubuk, aduk sampai tercampur rata.
3. Lalu masukkan telur, kocok dengan mixer hingga semua tercampur rata dan gula larut.
4. Setelah itu, tuang air sedikit demi sedikit kedalam adonan sambil dikocok dengan kecepatan rendah.
5. Setelah tercampur rata, diamkan terebih dahulu kurang lebih 45 menit.
6. Setelah 45 menit, nyalakan kompor dan panaskan cetakan terlebih dahulu.
7. Jika cetakan sudah panas, tuang adonan ke dalam cetakanya.
8. Kecilkan api hingga api yang paling kecil.
9. Tunggu hingga adonan matang dan muncul seperti berongga dibagian atasnya.
10. Setelah matang, angkat dan beri topping dibagan taasnya dengan cara mengoles mentega, suus kental manis dan taburan gula halus.
11. Tumpuk martabak manis dan taburi gula halus secukupnya.
12Martabak Manis Terang Bulan siap dihidangkan.

Kali ini martabak manis yang saya buat tanpa isi macam-macam karena saya persembahkan untuk ibu tercinta. Namun jika Anda menyukai isian seperti coklat dan aneka selai, bisa Anda tambahkan sesuai selera masing-masing.

Cukup mudah bukan cara membuat Martabak Manis Terang Bulan? Yuuk aah, segera dipraktekkan di rumah sebagai sajian cemilan istimewa keluarga Anda. Tidak usah takut timbangan geser keke kiri. Hehehehe, selamat mencoba!
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Martabak Manis Terang Bulan"