Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir


Nurul Hidayah - Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir hampir sama dengan cara membuat donat atau roti goreng jenis lainya. Jika adonan tidak dapat mengembang sempurna berarti adonan tersebut kurang kalis saat diuleni dan bisa juga karena ragi instant yang digunakan sudah tidak berfungsi lagi atau sudah tidak aktif.

Oleh sebab itu, tips untuk membuat jajanan ini sebaiknya uleni adonan hingga benar-benar kalis elastis serta jangan lupa untuk mengechek ragi instant terlebih dahulu jika mau digunakan. Cara mengechek ragi instant yang pertama yaitu lihat tanggal kadaluarsa yang ada dalam kemasan. Sudah expired atau belum.


Jika sudah expired, sebaiknya buang saja dan jangan digunakan. Nah jika cara pertama belum berhasil, sebaiknya check ragi instant dengan cara campurkan ragi instant dengan air hangat kemudian aduk-aduk hingga rata. Lalu diamkan 5 menit, jika berbuih berarti ragi instant tersebut masih aktif dan bisa digunakan, begitu pula sebaliknya.

Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir sebenarnya tidaklah sulit karena jika adonan yang Anda buat benar-benar kalis serta ragi instant yang digunakan masih aktif, roti yang Anda buat akan berhasil dengan sempurna dan bisa mengembang 2X lipat ketika adonan didiamkan.

Tips yang sudah saya jelaskan merupakan salah satu tips yang sangat penting dalam pembuatan roti goreng tepung panir ini. Selanjutnya jika memilih tepung panir, sebaiknya pilihlah tepung panir yang bewarna putih ya, jangan yang bewarna kuning.



Alasan saya memilih tepung panir yang bewarna putih adalah jika saat digoreng akan berkilau seperti perak dan cantik warnanya saat matang karena warna rotinya sendiri sudah bewarna kuning kecoklatan. Begitu pula hasilnya, akan lebih memuaskan seperti gambar roti yang sudah saya buat di atas tadi.

Bagaimana setelah membaca beberapa tips membuat roti goreng berbalut tepung panir? Mau mencobakah seperti saya? Yuuuk kumpulkan beberapa bahan yang dibutuhkan serta simak  Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir berikut ini:

Roti Goreng Tepung Panir by Nurul Hidayah

Bahan Utama:
1. Tepung terigu 400gram
2. Gula pasir 100 gram
3. Margarin 1 sendok makan
4. Air kurang lebih 300 ml
5. 1 sendok teh bread improver
6. Ragi instant 1 bungkus, bisa pakai fermipan atau mauripan

Bahan untuk pelapis:
1. air secukupnya untuk mencelup
2. Tepung panir secukupnya, pilih tepung panir yang bewarna putih
3. Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bahan isian: Abon, saya pilih yang praktis. hehehe

Cara membuat:
1. Campur semua bahan utama kecuali margarin hingga merata sambil dituangi air sedikit demi sedikit, kemudian uleni hingga benar-benar kalis. Kunci utama dalam membuat roti goreng tepung panir adalah adonanya harus kalis elastis, jika nguleninya kurang elastis, roti yang dihasilkan bisa bantat.
2. Masukkan margarin, uleni adonanya lagi hingga kalis. Setelah dirasa sudah kalis, diamkan kurang lebih 30-45 menit. Adonan akan mengembang 2X lipat setelah didiamkan.
3. Setelah didiamkan, kempiskan adonan. Lalu pindah ke loyang yang sudah ditaburi tepung terigu sebelumnya.
4. Lalu potong adonan dengan berat 50gram atau sesuai selera.
5. Beri isian abon, dan bentuk bulat seperti bola tenis.
6. Celupkan roti yang sudah dibentuk ke dalam air dan gulingkan ke dalam tepung panir hingga merata.
7. Goreng hingga berubah warna dna matang.
8. Roti goreng tepung panir siap dihidangkan.

Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir seperti yang sudah saya jelaskan di atas, bisa Anda coba dirumah. Bisa sebagai cemilan keluarga atau juga bisa untuk dijual karena memag bahan-bahan yang diperlukan tidaklah sulit.

Kalau ada pertanyaan atau gagal dalam membuat jajanan ini, silahkan komen dan bertanya seputar masakan. Temima kasih dan selamat mencoba bu-ibu. Happy cooking!

0 Response to "Cara Membuat Roti Goreng Tepung Panir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel