Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi

Nurul Hidayah - Martabak Manis TeflonTanpa Ragi merupakan salah satu resep yang sudah pernah saya coba untuk pertama kalinya dan berhasil. Ciri-ciri martabak yang berhasil adalah munculnya gelembung dan berongga dibagian atas permukaan martabak dan tekstur sangat lembut serta tidak bantat.

Jika adonan martabak manis memakai ragi, biasanya jika membuatnya adonan yang sudah dicampur rata akan didiamkan terlebih dahulu kurang lebih 45 menit hingga 1 jam. Baru setelah itu dicetak menggunakan cetakan atau teflon.



Lain halnya dengan resep yang saya coba ini, adonan yang tidak didiamkanpun tidak apa-apa dan tetap bisa menghasilkan hasil akhir yang memuaskan. Saya mencoba resep Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi. Namun saya memakai baking soda atau soda kue dalam adonan martabak yang saya buat.

Kunci utama agar martabak yang Anda buat bisa berhasil adalah ketika mencampur beberapa bahan harus sesuai step yang benar serta lama pengocokkan adonan martabak manis tersebut. Siapa sangka, meskipun baru pertama kali mencobanya, hasil martabak yang saya buat begitu montok dan berongga serta tidak bantat.

Kali ini saya memakai teflon sebagai cetakanya karena memang mash belum memiliki cetakan khusus untuk martabak manis. Namun tidak perlu khawatir gosong ya bu ibu. Seperti yang kita tahu bahwa alas dasar bagian bawah teflon lebih tipis jika dibandingkan cetakan martabak manis sesungguhnya.

Oleh sebab itu, ketika memakai teflon untuk martabak manis, saya lapisi seng dibagian pantat teflon agar api yang dikeluarkan kompor tidak langsung menancap ke bagian pantat teflon secara langsung. Karena jika tidak dilapisi seng, martabak manisnya nanti akan mudah gosong.

Kali ini saya kasih isian martabak manis dengan coklat, kebetulan stock coklat batangan masih ada, kemaren sisa membuat brownis kukus Ny.Liem. Jadi langsung aja deh, coklat batanganya saya serut pakai serutanya keju. Berikut resep Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi yang pernah saya coba di rumah dan berhasil dengan sempurna.

Martabak Manis TeflonTanpa Ragi by Nurul Hidayah
Source : Yunda Yun

Bahan-bahan:
1. 200 gram terigu, saya memakai tepung terigu protein sedang “Segitiga Biru”
2. 50 gram tapioka, saya memakai tepung tapioka “Rose Brand”
3. 3 sendok makan gula pasir, saya memakai gula pasir stok yang ada di rumah
4. 2 sendok makan susu bubuk, saya memakai susu bubuk “Dancow” yang sachset
5. 1 sendok teh vanili, saya memakai bungkus kecil vanili bubuk
6. 1 butir telur, saya memakai telur ayam ukuran sedang
7. 2 sendok makan margarin cair, saya memakai “Blue Band” dan saya lelehkan terlebih dahulu
8. Pewarna kuning sikit, saya tidak pakai pewarna karena kurang suka
9. 1/2 sendok teh baking powder
10. 1/2 sendok teh baking soda
11. 250 ml air

Bahan untuk topping:
1. Gulapasir secukupnya
2. Susu kental manis sachset, saya memakai yang putih
3. Kacang tanah tumbuk, saya ganti coklat batangan dan saya serut

Cara Membuat : 
1. Pertama yang saya lakukan yaitu mencampurkan semua bahan kering dan aduk hingga rata. Sisihkan terlebih dahulu. 
2. Kocok telur dan gula sampai gula larut pakai whisker, Saya mengocoknya pakai mixer dengan kecepatan rendah ke sedang.
3. Kemudian masukkan bahan kering tambahkan air sedikit demi sedikit aduk rata sampai tidak ada gumpalan tepung.
4. Terakhir masukkan margarin yang sudah dilelehkan, kemudian aduk rata.
3. Langkah selanjutnya, panaskan teflon atau kuali martabak dengan api sedang sampai panas. Saya memakai teflon dengan ukuran 22cm dan ketika sudah diatas kompor, bagian bawah pantat teflon saya lapisi dengan seng terlebih dahulu agar tidak cepat gosong.
4. Kemudian saya panaskan teflon hingga benar-benar panas. Setelah teflon panas, gunakan api paling kecil dan tuang adonan ke dalam teflon.
5. Tunggu hingga berlubang atau berongga kemudian taburi gula pasir dan setelah itu tutup sebentar.
6. Lalu tambahkan SKM dan kacang tabur. Saya menambahkan SKM dan coklat serut diatasnya. Angkat dan lipat serta potong martabak manisnya.
7. Martabak manis siap disantap.


Hasil Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi yang saya buat berhasil, montok, berongga dan tidak bantat loh. Untuk topping bisa sesuai selera masing-masing ya. Bagaimana tertarik untuk mencoba seperti saya? Mudah kok, hanya mengikuti setiap langkah dan perhatikan step-stepnya, Insyaallah berhasil. Selamat mencoba!


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Martabak Manis Teflon Tanpa Ragi"