Resep Klepon Isi Gula Merah Tanpa Kapur Sirih

Nurul HidayahResep Klepon Isi Gula Merah Tanpa Kapur Sirih tentunya bisa bermanfaat bagi ibu-ibu yang membutuhkan resep tanpa ribet. Karena kali ini saya akan mengupas satu resep klepon isi gula merah yang tidak usah pakai kapur sirih dalam adonanya.

Meskipun demikian, rasa klepon tersebut tetap enak serta nikmat dan teksturnya juga kenyal namun tidak sekenyal pentol yang saya buat kemarin ya karena tidak memakai tepung tapioka. Di tambah lagi isi bagian dalam klepon berisi gula merah yang ketika dikunyah akan lumer langsung di mulut.


Pecah dimulut dengan lumernya gula merah pada saat memakan jajanan ndeso ini membuat banyak orang yang menyukainya, termasuk saya sendiri. Ketika membuatnya, saya banyakin sisiran gula merah dan parutan kelapanya biar anak dan suami saya puas memakanya.

Ketika membuat sendiri tentunya sudah sangat puas dengan hasil akhir yang saya buat karena memang baru pertama kali ubrek-ubrek di dapur bikin klepon biasanya juga beli. Biasa ya, mama muda pengenya yang serba simple. Hehehehehe

Eh, ternyata nemu resep yang simple dan kebetulan semua bahan sudah ada di rumah, jadi tidak usah nyari-nyari bahan keliling-keliling lagi deh. Yuuk aah, langsung intip Resep Klepon Isi Gula Merah Tanpa Kapur Sirih berikut ini:

Klepon Isi Gula Merah Tanpa Kapur Sirih
Source : Tintin Rayner

Bahan utama untuk adonan kulit klepon yaitu:
1. 250 gram tepung ketan, nah kali ini saya memakai tepung ketan merk rose brand
2. 50 gram tepung beras, saya juga memakai tepung beras merk rose brand
3. Air dan pewarna hijau secukupnya, saya mencoba memakai air dan daun suji yang diblender kemudian disaring, ternyata baunya lebih wangi. Namun kalau tidak ada, bisa juga kok memakai air dan pewarna hijau.

Bahan untuk isisan klepon yaitu:
1. Gula merah secukupnya, sisir kasar menurut selera.
Bahan untuk balutan yaitu:
1. Kelapa parut secukupnya, dikukus kurang lebih 20 menit biar gak mudah basi. Kelapa parut saya tidak dipakai dikukus karena memang untuk 1 kali sajian untuk cemilan.

Cara membuat klepon isi gula merah:
1. Campur semua bahan untuk pembuatan kulit, kemudian uleni bahan sampai bisa dipulung, nah kali ini jangan terlalu lembek ya nguleni adonanya nanti kleponnya gembos dan kalau terlalu kering nanti gampang bocor gulmernya.

Kali ini saya nguleninya benar-benar kalis agar bisa dibentuk karena kalau kurang air, adonan akan terus menempel di tangan, begitu pula sebaliknya, jika terlalu banyak air adonan akan terlalu lembek dan susah dibentuk bulat-bulat.

Oleh sebab itu, sebaiknya tuang air sedikit demi sedikit ketika nguleni adonan dan gunakanlah air secukupnya saja jagan terlalu banyak.

2. Jika sudah bisa dibentuk bulat-bulat dan pipihkan dan lakukan hingga adonan habis.
3. Kemudian isi bagian tengahnya dengan gula merah sisir, lalu bentuk bulat. Sisihkan terlebih dahulu.

4. Selanjutnya rebus air sampai mendidih, masukkan adonan yang sudah dibentuk bola,kalo uda mateng adonan tersebut mengambang.

5. Gulingkan di kelapa parut dan siap dihidangkan. Saya banyakin kelapa parutnya karena saya suka sama kelapa parut, lebih mantap gimana gitu. Hehehehe kali ini saya juga tidak pakai dikukus kelapa parutnya karena baru mateng uda langsung ludes aja tuh kleponya. Langsung dilahap sama suami dan anak tercinta.

Bagaimana setelah membaca Resep Klepon Isi Gula Merah Tanpa Kapur Sirih yang sudah saya pernah coba? Sangat simple dan mudah bukan? Cemilan untuk keluarga gak harus yang mewah, dengan bahan seadanya saja bisa bikin cemilan yang istimewa loh untuk suami dan buah hati di rumah. Selamat mencoba!


0 Response to "Resep Klepon Isi Gula Merah Tanpa Kapur Sirih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel