Bubur Kacang Hijau Dan Ketan Hitam yang Enak

Nurul Hidayah - Bubur Kacang Hijau Dan Ketan Hitam merupakan salah satu bubur khas dari Indonesia. Perpaduan antara kacang hijau dan ketan hitam memang sangatlah pas. Selain rasanya yang nikmat dan enak, bubur jenis ini juga segar kalau diberi es batu ketika mengonsumsinya.

Namun jika Anda kurang menyukai rasa dingin, Anda juga bisa menyantapnya dalam keadaan panas ataupun hangat. Semua itu tergantung pada Anda dan sesuai selera masing-masing. Kalau saya pribadi sih lebih suka menyantapnya dalam keadaan dingin dan segar seperti gambar berikut ini.



Berikut resep serta cara membuat Bubur Kacang Hijau Dan Ketan Hitam yang bisa Anda praktekkan di rumah sebagai sajian pelengkap keluarga.

Bubur Kacang Hijau Dan Ketan Hitam by Nurul Hidayah

Bahan-bahan:
1. 250 gram kacang hijau, cuci hingga bersih kemudian rendam semalam dan jangan lupa pilihlah kacang hijau yang berkualitas premium.
2. 250 gram ketan hitam, cuci hingga bersih kemudian rendam semalam juga.
3. 130 ml santan kental
4. 8 sendok makan tepung tapioka, bagi dua untuk campuran kacang hijau dan satunya untuk campuran ketan hitam, larutkan dengan air.
5. Gula secukupnya
6. Garam secukupnya
7. Air secukupnya
8. Daun pandan secukupnya

Cara membuat:
1. Pertama, rebus kacang hijau yang sudah direndam dengan daun pandan dan gula. Masak hingga kacang hijau matang dan empuk. Tunggu hingga air menyusut, lalu tambahkan 4 sendok makan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan air sekitar 200ml. Aduk hingga merata.

2. Masak kacang hijau sembari diaduk-aduk hingga mengental dan air lebih menyusut lagi. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

3. Selanjutnya rebus ketan hitam yang sudah direndam dengan daun pandan dan gula. Masak hingga kacang hijau matang dan empuk. Tunggu hingga air menyusut, lalu tambahkan 4 sendok makan tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan air sekitar 200ml. Aduk hingga merata.

4. Masak ketan hitam sambil diaduk-aduk hingga mengental dan air lebih menyusut lagi. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

5. Lalu rebus santan dan tambahkan air secukupnya dan beri garam secukupnya. Aduk-aduk hingga mendidih. Angkat dan sisihkan terlebih dahulu.

6. Ambil mangkok saji. Kemudian tata di atas mangkok, ambil kacang hijau dan ketan hitam, lalu siram dengan santan.

7. Bubur kacang hijau dan ketan hitam siap disantap hangat-hangat atau dingin.

Saya lebih suka menyantap Bubur Kacang Hijau Dan Ketan Hitam dalam keadaan dingin dan saya kasih es batu pada saat mengonsumsinya. Terasa lebih nikmat dan segar saat cuaca panas seperti saat ini. Selamat mencoba!

0 Response to "Bubur Kacang Hijau Dan Ketan Hitam yang Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel