Kue Putu Ayu Fatmah Bahalwan

Nurul Hidayah - Kue Putu Ayu Fatmah Bahalwan merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki tekstur empuk serta lembut. Warna hijau serta parutan kelapa sebagai topping merupakan ciri khas dalam kue ini.
Ternyata ada yang hampir sama loh nama kue nya, dari segi warna dan bentuk. Kue tersebut yaitu kue putri ayu. Meskipun dengan nama yang hampir sama, kue putu ayu dan kue putri ayu tidaklah sama.
Karena bahan dasar yang digunakan berbeda, jika putri ayu memakai bahan dasar tepung beras sedangkan putu ayu memakai bahan dasar tepung terigu. Keduanya juga memakai parutan kelapa sebagai toppingnya.

Biasanya warna hijau kue putu ayu dihasilkan dari daun suji atau daun pandan yang diblender sebagai pewarna alami, namun jika tidak ada, memakai pewarna makanan juga tidak apa-apa. Namun jika memakai pewarna alami akan lebih harum baunya.
Kue tradisional ini jika di tempat saya, biasanya dipakai untuk acara slametan atau acara pernikahan sebagai suguhan, dari ukuran kecil hingga besar. Kali ini saya mencoba membuat kue putu ayu dengan cetakan berbentuk mawar yang ukuran besar.
Perpaduan antara parutan kelapa yang guri serta rasa manis merupakan perpaduan yang tepat dan bisa membuat lidah Anda bergoyang ketika menikmatinya. Berikut ini resep Kue Putu Ayu Fatmah Bahalwan yang mudah.

Kue Putu Ayu Fatmah Bahalwan by Nurul Hidayah

Bahan-bahan:
1. 200 gram tepung terigu
2. 1 sendok makan pewarna makanan, bisa juga menggunakan daun suji yang diblender dengan air secukuonya
3. 200 ml santan
4. 5 butir telur, gunakan telur ayam yang berukuran sedang
5. 1/2 sendok teh vanili bubuk
6. 100 gram gula pasir
7. 1/2 sendok teh garam
8. 1 sendok makan emulsifier

Bahan Untuk Topping:
1. Kelapa parut, kukus dengan tambahan garam selama 15 menit agar tidak mudah basi.
Cara membuat:
1. Pertama kocok telur, telur, garam da vanili hingga mengemang dan kaku.
2. Selanjutnya tambahkan emulsifier, kocok lagi sampai kental.
3. Setelah itu matikan mixer, tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan spatula.
4.  Setelah rata, tuang santan sedikit demi sedikit, aduk lagi.
5. Lalu ambil parutan kelapa dan padatkan dibagian dasar cetakan sambil ditekan-tekan, lalu tuang adonan 1/2 dari cetakan. Ngisi adonanya jangan sampai penuh ya agar nanti tidak tumpah dan mekar saat dikukud karena adonanya nanti mengembang. Lakukan hingga semua adonan habis.
6. Kukus kurang lebih 20 menit.
7. Tes tusuk dan kue putu ayu siap dihidangkan.
Sebagai catatan ya jika memasukkan tepug terigu ke dalam adonan jangan menggunakan mixer, sebaiknya gunakanlah spatula karena nanti adonan akan turun dan tidak bisa mengembang dengan sempurna.
Cara membuat Kue Putu Ayu Fatmah Bahalwan tidaklah sulit. Anda bisa mempraktekkan sendiri di rumah sebagai sajian pelengkap atau acara di rumah Anda. Selamat mencoba!


0 Response to "Kue Putu Ayu Fatmah Bahalwan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel