Cara Membuat Sempol Daging Ayam

Mesothelioma is a rare cancer caused by exposure to asbestos. The disease forms on the mesothelium
Nurul Hidayah - Cara Membuat Sempol Daging Ayam hampir sama dengan cara membuat pentol ataupun cilok. Namun bahan-bahanya agak sedikit berbeda, tertama dalam penggunaan bahan dasarnya.

Sempol ayam merupakan salah satu jajanan yang katanya berasal dari Malang. Awal pertama makan sempol ayam ketika saya, suami dan anak saya jalan-jalan ke Museum Angkut yang ada di Malang.

Di pinggirang jalan sekitar wisata yang saya kunjungi, ada banyak berjejeran pedagang kaki lima yang menjual sempol dan dengan harga seribu rupiah per tusuknya. Cukup murah kan ya?

Di Malang kan, cuacanya dingin dan memang sangat cocok makan sempol ayam hangat-hangat. Waktu itu saya mencoba jajanan ini karena penasaran dengan rasanya dan ternyata terasa lebih banyak tepung tapiokanya ketimbang rasa daging ayamnya.


Oleh sebab itu, saya mencoba untuk mengolah sempol ayam sendiri di rumah dengan takaran daging ayam yang lebih banyak daripada tepung tapiokanya.

Jika membuat sempol ayam, memang sebaiknya jangan banyak-banyak menggunakan tepung tapioka agar tekstur sempol ayam yang Anda buat tidak alot dan tidak terlalu kenyal ketika digigit.

Selain itu, untuk penggunaan airnya juga sebaiknya gunakanlah air panas untuk nguleni adonanya, jangan gunakan air dingin agar tekstur sempol ayam yang Anda buat juga tidak terlalu alot.

Saat ini di Gresik tempat saya tinggal juga sudah banyak penjual sempol di pinggiran jalan. Namun rasanya kurang afdol jika belum bisa membuat sempol ayam sendiri. Jika membuat sendiri, hasilnya jadi banyak banget bu ibu.


Menurut saya, Cara Membuat Sempol Daging Ayam tidaklah sulit karena hanya mencampurkan bahan-bahan yang ada dan diuleni dengan air panas, direbus dan selanjutnya digoreng.

Rasa yang pas di lidah dan tentunya rasa ayamnya yang nampol membuat saya puas ketika memakanya. Eeh ternyata anak saya juga doyan loh sama sempol ayam buatan saya. Jarang-jarang anak saya suka sama makanan seperti ini. Hehehe

Lega? Jelas dong ya. Perasaan senang, lega dan puas menjadi priortas utama ketika memasak. Berikut Cara Membuat Sempol Daging Ayam yang mudah dan sederhana.


Sempol Daging Ayam

Bahan-bahan:
1. 250 gram daging ayam yang sudah digiling. Jadi untuk berat ayamnya sudah berupa daging halus ya, sudah tidak ada tulang-tulangnya.
2. 150 tepung tapioka
3. 3 sendok makan tepung terigu
4. 1 butir telur ayam
5. Sejumput garam
6. 1/4 sendok teh baking powder
7. Penyedap rasa sesuai selera, saya menggunakan penyedap rasa yang tanpa rasa
8. 2 batang seledri, iris-iris
9. 1 batang daun bawang, iris-iris
10. 1 sendok teh lada bubuk, saya pakai “Ladaku”
11. Air panas secukupnya
12. 3 siung bawang putih, haluskan
13. tusuk sate secukupnya

Bahan pencelup sempol ayam:
1. 1 butir telur, kocok lepas
2. Air 2 liter

Bahan untuk menggoreng:
1. Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:
1. Pertama campurkan semua bahan kecuali air panas dan tusuk sate. Aduk hingga merata, kemudian tuang air panas sedikit demi sedikit sambil diuleni.
2. Uleni adonan hingga kalis dan bisa dibentuk.
3. Cetak adonan bentuk lonjong atau sesuai selera.
4. Rebus air hingga mendidih. Kemudian masukkan adonan yang sudah dicetak ke dalam air mendidih. Tunggu hingga matang dan mengapung di permukaan atas air.
5. Angkat dan tusuk pakai tusuk sate.
6. Tunggu dingin , lalu celupkan adonan yang sudah direbus ke dalam kocokan telur hingga rata.
7. Goreng hingga matang.
8. Sempol ayam siap disantap.


Itulah tadi penjelasan mengenai Cara Membuat Sempol Daging Ayam. Saya menyajikan sempol ayam dengan saos tomat dan saya beri irisan cabe rawit. Nah khusus untuk anak saya, hanya memakai saos tomat saja. Selamat mencoba dan happy cooking guys!


0 Response to "Cara Membuat Sempol Daging Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel