Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bolu Gulung Motif Polkadot

Nurul Hidayah - Bolu Gulung Motif Polkadot merupakan kue bolu yang digambari bentuk polkadot kemudian dikukus dan diberi isian sesuai selera , lalu digulung. Cara membuat bolu gulung ada 2 macam yaitu dikukus dan dipanggang.

Kali ini saya mencoba resep yang dikukus ya. Nah cara mengukus kue bolu jenis ini menggunakan loyang dangkal dan memakai kukusan khusus. Ini sebenarnya saya memakai resepnya Bu Nina Yusab Langsung Enak.

Resep aslinya yaitu bolu gulung ini dimotif dengan batik. Namun karena saya belum bisa menggambar motif batik, saya mencoba menggambarnya dalam bentuk polkadot saja. ^_^.



Tidak ada yang tak mungkin kan ya kalau kita mau berusaha meskipun gambarnya tidak sama seperti aslinya. Jauh ya bu,, dari motif batik ke polkadot?? Hehehe

Awal mencoba resep ini, karena saya ingin mengikuti bedah resep bersama teman-teman Bonita-Surabaya, Grup memasak Langsung Enak. Semua teman-teman bonita motif batiknya bagus-bagus.

Namun ada juga seperti saya, hanya menggambar motif polkadot pada bolu gulungnya. Dalam hati saya, horree ada temanya. Hehehehe. Meskipun hanya motif polkadot, tetap kelihatan cantik kok. Berikut resep Bolu Gulung Motif Polkadot yang pernah saya coba.


Bolu Gulung Motif Batik (Polkadot) by Nurul Hidayah
Source : Nina Yusab

Bahan-bahan:
1. Telur utuh 4 butir
2. Tepung terigu 100 gram
3. SP 1 sendok teh
4. Santan kental 120 ml, saya pakai 2 bungkus kara
5. Gula 200 gram
6. Pewarna makanan secukupnya
7. Vanila secukupnya

Cara membuat:
1. Pertama gunting baking paper sesuai ukuran loyang masing-masing.
2. Gambar dengan motif batik, karena saya gak bisa gambar motif batik, saya hanya menggambar motif polkadot ^_^ .
3. Letakkan baking paper yang sudah digambar di dasar loyang dengan posisi terbalik agar adonan tidak terkena tinta.
4. Olesi baking paper dengan minyak sayur, siishkan terlebih dahulu.
5. Kocok beberapa bahan seperti gula, sp, dan telur hingga pucat dan mengembang.
6. Tambahkan tepung terigu, aduk hingga rata.
7. Tambahkan santan dan vanila, aduk lagi hingga rata.
8. Bagi adonan dan beri pewarna makanan sesuai selera. Saya hanya membagi adonan menjadi 2 bagian saja, warna hijau dan original.
9. Masukkan adonan tipa warna ke dala plastik segitiga, lubangi ujung plastik segitiga.
10. Persiapkan loyang, kemudian letkkan baking paper yang sudah di gambari di dasar loyang, lalu lukiskan menggunakan adonan yang ada di dalam plastik segitiga sesuai motif yang digambar tadi.
11. Kukus terlebih dahulu untuk adonan yang bermotif (saya motif polkadot hijau). kukus kurang lebih 2 menit.
12. Setelah 2 menit, tuang adonan utama dan tapping agar adonan bersih dari gelembung udara. Kukus lagi selama 15 menit atau sampai matang.
13. Angkat ectakan, nah selagi panas , balik dan lepaskan baking paper, kemudian balik lagi hingga permukaan motif terletak di bawah.
14. Olesi buttercream atau selai, saya hanya menggunakan serutan coklat batangan dan selai keju.
15. Kembali gulung dengan bantuang baking paper.
16. Potong sesuai selera.
17. Bolu gulung siap disajikan.

Bagaimana tertarik untuk mencoba Bolu Gulung Motif Polkadot atau motif batik? Tergantung kemampuan masing-masing ya. Saat ini saya masih bisa bikin bolu gulung motif polkadot. Insya allah next lah saya mencoba bikin bolu gulung motif batik. Hehehehe

Selamat mencoba & happy baking ya bu ibu!

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Bolu Gulung Motif Polkadot"