Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Bikin Es Krim Dengan Susu Kental Manis

Nurul Hidayah - Cara Bikin Es Krim Dengan Susu Kental Manis tidaklah sulit. Selain cara membuatnya mudah, bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan di sekitar kita. Kali ini saya bikin es krim yang berbahan dasar dari susu kental manis yang kemasan kaleng .
Resep ini cocok loh bagi ibu-ibu yang ingin berjualan es krim, nanti bisa ditaruh dalam bentuk cup. Namun kali ini saya memakai cetakan untuk es krimnya dan saya kasih stik kayu di bagian tengah es krimnya karena memang hanya untuk konsumsi pribadi.
Es krim susu kental manis ini rasanya enak loh, saya mencoba tiga varian rasa yaitu rasa original, rasa coklat dan rasa durian. Rasa coklat request dari aurah, anak paling cantik sedunia, sedangkan rasa durian request dari suami. Eehh ayahnya juga gak mau kalah sama anaknya. Hehehehe

Kalau mamanya sih, semuanya suka.. hehehehe. Nah jika Anda juga menginginkan rasa es krim dengan varian rasa, sebaiknya gunakanlah susu kental manis yang bewarna putih, jadi nanti untuk rasanya menggunakan pop ice.
Pertama kali bikin Es krim susu kental manis ini langsung berhasil kok dan untuk kedua kali serta selanjutnya juga masih berhasill dengan resep yang sama. Alhamdulillah ya.
Tujuan saya membuat es krim home made ini karena anak saya suka es krim dan setiap hari beli es krim, sehari bisa sampai 3X. Gak kebayang kan kalau setiap hari beli es krim 3X dengan harga @5.000, jadi 15.000 per hari nya hanya untuk membeli es krim, belum beli jajan yang lainya. Kira-kira sebulan habis berapa ya? Bangkrut bu. hahahahahaha
Cara Bikin Es Krim Dengan Susu Kental Manis termasuk bisa menghemat dan harganya juga lebih terjangkau. Selain itu, anak-anak juga bisa lebih puas menikmatinya dan ketika menikmatinya tanpa ada rasa khawatir dengan bahan berbahaya seperti halnya es krim abal-abal saat ini.
Nah oleh sebab itu, saya pribadi mempunyai alternatif membuat es krim dengan menggunakan susu kental manis sebagai bahan dasarnya. Hasil akhirnya pun tidak mengecewakan kok, enak dan lembut hampir sama seperti es krim walls dan campina kok.
Setelah Es krim susu kental manis nya selesai dengan beberapa tahap, saatnya ditaruh di lemari es dan tunggu beberapa jam hingga beku dan menjadi es krim yang enak. Lemari esnya penuh dengan es krim.

Es krim yang saya buat ini hanya menggunakan 1 kaleng susu kental manis dan jadi banyak. Ada yang saya cetak pakai cetakan es krim dan ada juga yang saya taruh wadah  tupperware kedap udara, nantinya yang ada didalam wadah bisa dikerok dengan scop es krim.
Nah setelah jadi, anak saya bangun tidur langsung nagih dan minta dua dengan rasa coklat dan durian, katanya anak saya, ayahnya gak boleh minta. Hahahahaha
Untuk rasa, saya menggunakan pop ice saja, tanpa ada tambahan pewarna lagi. Warnanya pas, rasanya juga sudah pas kalau menurut saya, anak serta suami. Berikut tahap-tahap Cara Bikin Es Krim Dengan Susu Kental Manis yang enak dan lembut.

Es krim susu kental manis by Nurul Hidayah
Bahan-bahan:
1. Susu kental manis putih yang kemasan kaleng, cukup 1 kaleng saja. Saya memilih warna putih agar nanti bisa diberi rasa sesuai selera.
2. 4 air kaleng susu kental manis.
3. Gula pasir 250 gram
4. Tepung maizena 5 sendok makan
5. SP ata TBM 1 sendok makan
6. 65 ml santan kental, saya pakai santan instant kara
7. 2 cepuk vanili bubuk kemasan kecil
8. 1 sachet pop ice rasa coklat
9. 1 sachset pop ice rasa durian

Cara Bikin Es Krim Dengan Susu Kental Manis:
1. Pertama, masak semua bahan hingga mendidih, kecuali SP ya. Ketika memasaknya gunakan api kecil sambil diaduk-aduk. Hingga merata dan agar santanya tidak pecah.
2. Setelah mendidih, angkat dan dinginkan terlebih dahulu.
3. Lalu masukkan lemari es sampai menjadi setengah beku.
4. Setelah itu keluarkan dari frezer, lalu lelehkan SP terlebih dahulu, saya taruh di magic com.
5. Mixer adonan dengan kecepatan sedang dan tambahkan SP cair, kocok hingga mengembang.
6. Setelah mengembang, taruh di dalam lemari es lagi hingga beku, setelah beku kocok lagi menggunakan mixer hingga mengembang.
7. Bagi adonan sesuai selera masing-masing, kalau saya pribadi ,saya bagi adonan menjadi 3 bagian di wadah yang berbeda.Warna putih untuk rasa original, warna coklat untuk rasa coklat, dan warna kuning untuk rasa durian. Saya menggunakan pop ice untuk perasanya.
8. Di wadah pertama tambahkan pop ice rasa coklat kemudian kocok sebentar hingga merata, di wadah kedua tambahkan pop ice rasa durian kemudian kocok sebentar hingga merata juga dan di wadah ketiga saya biarkan dengan warna putih sebagai rasa original.
9. Tuang adonan di cetakan es krim. Saya menggunakan 3 cetakan yang berbeda, cetakan yang pertama, saya menggunakan cetakan es krim yang sudah ada tutupnya, cetakan yang kedua tanpa tutup dan saya kasih stik di bagian tengahnya, dan cetakan yang ketiga, saya taruh di wadah tupperware kedap udara yang nantinya bisa dikerok jika mau menyajikanya.
10. Taruh di lemari es, tunggu beku dan siap disantap.

Cara Bikin Es Krim Dengan Susu Kental Manis sangatlah mudah jika Anda ingin mencobanya. Lakukan step by step seperti yang sudah tertera di atas dan selamat mencoba!

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Bikin Es Krim Dengan Susu Kental Manis"