Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bola Tahu Tepung Panir

Nurul Hidayah - Bola Tahu Tepung Panir merupakan salah satu cemilan yang nikmat yang berbahan dasar tahu putih. Cemilan yang satu ini memiliki rasa yang enak, renyah dan gurih.

Lembut didalam dan crispy diluar merupakan ciri khas bola-bola tahu yang akan saya buat. Penggunaan tepung panir sebagai balutan bola tahu inilah yang membuat rasa bola tahu lebih crispy dibagian luarnya.

Foto berikut merupakan foto bola tahu tepung panir yang akan disajikan. Rencananya sih mau difoto sebentar untuk koleksi web pribadi, dan ternyata ada tangan anak saya. Hehehehehe, ya sudahlah gak papa ya, fotonya ada tangan si kecil mau nyomot. ^_^


Menurut saya resep kali ini termasuk olahan masakan yang sangat praktis dan mudah serta menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan disekitar.

Sebaiknya pilihlah tahu yang berkualitas bagus untuk pembuatan bola tahu tepung panir agar hasil akhirnya tidak terlalu lembek. Selain untuk cemilan, masakan ini juga bisa untuk lauk saat makan.

Itu semua tergantung pada masing-masing selera ya bu-ibu. Namun kalau saya pribadi, lebih suka dibuat cemilan dengan tambahan cabe rawit, sepertinya lebih mantap. ^_^

Berikut resep bola tahu tepung panir yang bisa juga Anda praktekkan di rumah sebagai cemilan tambahan di rumah.

Bola Tahu Tepung Panir

Bahan-bahan:
1. Tahu putih 300 gram, hancurkan hingga halus
2. 1 ons daging ayam bagian dada, cincang kasar
3. 1 butir telur ayam, kocok lepas
4. 3 siung bawang putih, haluskan
5. 1 batang daun bawang, iris-iris
6. 1/2 ons tepung terigu
7. 1/2 sendok teh lada bubuk
8. Sejumput garam
9. Sejumput gula pasir
10. Minyak goreng untuk menggoreng

Bahan untuk lapisan bola tahu:
1. Tepung terigu secukupnya
2. Telur ayam 2 butir, kocok lepas
3. Tepung panir secukupnya

Cara membuat:
1. Pertama hancurkan tahu hingga benar-benar halus.
2. Campur tahu yang sudah dihaluskan dengan tepung terigu, daging ayam yang sudah dicincang, daun bawang yang sudah diiris, telur, lada bubuk, gula, garam dan bawang putih.
3. Aduk hingga merata.
4. Setelah merata, ambil adonan dengan bantuan sendok dan dibentuk menyerupai bola. Bentuk semua adonan hingga habis.
5. Celupkan adonan satu persatu ke dalam tepung terigu, lalu celupkan ke dalam kocokan telur, dan yang terakhir gulingkan ke dalam tepung panir.
6. Panaskan minyak goreng hingga panas, lalu goreng bola tahu tepung panir hingga matang dan berubah warna.
7. Angkat dan tiriskan terlebih dahulu.
8. Sajikan selagi hangat dengan cabe rawit.

Saya makan Bola Tahu Tepung Panir sebagai cemilan dengan tambahan cabe rawit. Tentunya akan menambah rasa nikmat dan enak. Nikmat mana yang kau dustakan? Hehehehe .. selamat mencoba & happy cooking bu-ibu!

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Bola Tahu Tepung Panir"