Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Kue Getas Goreng


Nurul Hidayah - Resep Kue Getas Goreng sangat dibutuhkan bagi Anda yang mau mencobanya. Siapa sangka jajanan ndeso ini menjadi jajanan favoritku di saat ada acara hajatan. Bagaimana tidak? Hampir rata-rata orang dikampungku kalau ada hajatan selalu ada suguhan jajanan istimewa ini. Dari kecil hingga dewasa, saya suka sekali dengan cemilan ini.

Eeemm,, memang sih ya, dulu yang saya tahu hanya makan makanan yang enak. Kalau enak ya habis banyak, kalau gak enak ya gak saya lanjutin makanya. Hehehe hampir gak pernah masak sendiri di rumah. Namun seiring dengan berjalanya waktu, saya mulai penasaran denga kue tradisional ini.



Salah satunya ya kue getas ini. Dengan perpaduan tekstur yang gurih, renyah, serta ada rasa manisnya membuat lidah saya bergoyang ketika mencicipinya. Apalagi buatan sendiri ya. Meskipun baru pertama kali mencoba resep ini, dengan seketika berhasil.

Kali ini saya mencoba resep salah satu teman saya di BCL ya, saya mencoba mengolah dengan tangan perdana. Rasanya seperti kekuatan datang bulan yang mau menghampiri saya. Hehehehe . Yuuk, simak Kue Getas Goreng beserta cara membuatnya. Sangat simple dan sederhana kok.

Kue Getas Goreng
Source : Media Rafiqi

Bahan Kue Getas Goreng yang perlu dipersiapkan adalah:
1. 2 cup tepung ketan, saya menggunakan ukuran mangkok kecil
2. 1 cup tepung terigu, saya menggunakan ukuran mangkok kecil dan menggunakan tepung terigu yang berprotein rendah (contoh segitiga biru)
3. 1/2 kelapa parut muda, sebaiknya pilihlah kelapa yang agak tua, namun jangan terlalu tua ya.
4. 1 sendok teh garam
5. Air 200ml, ketika membuat ukuran 200 ml terlalu banyak dan jadi lembek, jadi ukuran airnya saya kurangi sedikit. Namun jika sdah terlanjur lembek, sebaiknya tambahkan tepung ketanya lagi

Bahan-bahan untuk pembuatan gulanya:
1. 1 cup gula pasir
2. 1/2 cup air putih biasa

Cara membuat kue getas:
1. Pertama ambil satu wadah yang berukuran sedang atau besar. Kemudian masukkan satu persatu seperti tepung ketan, tepung terigu dan parutan kelapa.
2. Setelah itu, tuang air seidkit demi sedikit ambil diaduk dan diuleni menggunakan tangan hingga kalis dan bisa dibentuk.
3. Setelah adonan kalis, bentuk adonan sesuai selera, bisa menggunakan cetakan atau manual. Nah disini, karenasaya gak punya cetakanya, saya mencetakya manual dnegan cara dikepel-kepel ditangan dan dibentuk sesuai selera. Lakukan sampai semua adonan habis.
4. Jika semua adonan sudah habis, goreng satu persatu di minyak yang panas higga berubah warna kuning keemasan. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan terleih dahulu.

Cara membuat gula untuk lapisan getasnya:
1. pertama campurkan gula dan air. Kemudian tuang di atas wajan, aduk-aduk hingga merata dan kental serta berbuih. Jika sudah berbuih, masukkan getas yang sudah digoreng.
2. Setelah itu angkat dan tiriskan. Tunggu beberapa saat dan gulanya mengering.
3. Tarra kue getas siap dihidangkan.

Bagaimana setelah membaca Resep Kue Getas Goreng? Cukup mudah bukan? Karena rasanya cocok bagi lidah saya, anak saya dan suami saya. Baru setengah jam sudah langsung habis loh. Selamat mencoba! 

Berikut video tutorial membuat getas goreng , check it out:






Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Kue Getas Goreng"