Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Terong Balado Pedas Manis, Pedasnya Bikin Nagih

Nurul Hidayah - Resep Terong Balado Pedas Manis, Pedasnya Bikin Nagih ini memang menjadi kejutan bagi siapa saja yang sedang mengkonsumsinya. Seperti yang kita tahu bahwa terong memiliki beberapa jenis dan warna. Warna umum terong yaitu warna warna ungu dan hijau.

Keduanya sama-sama memiliki rasa yang enak jika dimasak. Terong bisa diolah menjadi olahan apa saja, mulai dari kuah, lauk hingga sambal. Kamu bisa mengolah terong menjadi olahan yang sangat enak dan nikmat.

Nah kali ini saya mencoba mengolah terong menjadi sambal terong balado yang nikmat banget. Jika kamu makan ini, tentunya mau nambah melulu nasinya. Ada banyak macam olahan sambal balado yang bisa kamu pilih.



Kalau saya pribadi, lebih suka mengolah terong menjadi olahan makanan pedas. Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner dari berbagai daerah, salah satunya yaitu olahan sambal terong ini.

Balado terong ini merupakan salah satu makanan khas Padang. Terong balado ini digemari oleh masyarakat dari berbagai daerah. Bukan tanpa alasan karena memang terong balado ini memiliki rasa yang pedasnya bikin nagih.

Kamu bisa bikin terong balado sendiri loh di rumah karena bahan-bahan yang dibutuhkan simple banget dan mudah dicari disekitar. Cocok banget bagi kamu yang maish pemula yang ingin belajar lebih jauh soal persambalan seperti terong balado ini.

Nah berikut akan kami paparkan resep lengkap mulai dari bahan dan cara membuat terong balado secara lengkap yang bisa kamu coba di rumah:

Bahan-bahan Terong Balado:

1.      1 buah terong panjang

2.      2 buah tomat

3.      6 butir bawang merah

4.      3 siung bawang putih

5.      4 buah cabe merah

6.      garam, gula, penyedap rasas ecukupnya

7.      penyedap rasa bsia diganti dengan kaldu bubuk

8.      10 buah cabe rawit atau sesuai selera pedas masing-masing

9.      1 sdt terasi bakar

Cara membuat Terong Balado yang enak banget:

1.      Pertama potong-potong buah terong, boleh bentuk memanjang, boleh juga bentuk bulat. Kali ini saya mau emncoba bentuk bulat-bulat. Saya memakai terong Amerika jadi panjang banget terongnya, 1 buah terong jadi banyak banget guys.

2.      Kemudian haluskan semua bumbu halus seperti tomat, cabe merah, cabe rawit, terasi, bawang merah dan bawang putih (boleh di uleg, boleh diblender)

3.      Lalu, panaskan minyak goreng dan goreng terong hingga setengah matang. Jika sudah, tiriskan terlebih dahulu

4.      Selanjutnya panaskan sedikit minyak goreng dan tumis bumbu halus hingga harum

5.      Jangan lupa untuk menambahkan garam, gula dan pendedap rasa secukupnya

6.      Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata, tes rasa

7.      Tambahkan sedikit air, agar tidak kering

8.      Lalu, tambahkan terong goreng, aduk hingga sambal tercampur dengan terong

Sambal Terong Balado ini enak banget dimakan sama nasi hangat yang pasti selalu bikin nagih. Nah berikut untuk video tutorial di Channel Yotube Nurul Hidayah yang bisa kamu tonton juga ya:



Semoga bermanfaat untuk semuanya. ^_^

 

 

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk " Resep Terong Balado Pedas Manis, Pedasnya Bikin Nagih"