Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Manfaat Air Nabeez, Infused Water ala Rosullullah untuk Kesehatan

Nurul Hidayah - Cara Membuat  dan Manfaat Air Nabeez, Infused Water ala Rosullullah untuk Kesehatan . Kurma merupakan salah satu buah yang identik saat Ramadhan dan dikonsumsi saat berbuka puasa. Namun siapa sangka, ternyata buah kurma ini bisa dijadikan minuman infused water ala Rosullullah.

Pada jaman dulu, Rosullullah sering mengkonsumsi air nabeez atau air rendaman kurma. Air nabeez ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Air nabeez ini bisa kamu konsumsi saat berbuka puasa dan juga saat sahur.

Bahan yang dibutuhkan juga simple banget. Hanya dua bahan saja yakni buah kurma dan air. Nah disini saya memakai buah kurma yang berjumlah ganjil seperti halnya Rosullullah ketika membuat air nabeez. Nah berikut resep Air Nabez yang bsia kamu coba di rumah:



Bahan – bahan:

Buah kurma berjumlah ganjil (saya memakai 5 buah kurma)

300 ml air putih biasa

Cara Membuat Air Nabez dengan benar:

1.      Pertama yang harus dilakukan yaitu cuci ebrsih buah kurma, setelah itu buang biji kurma.

2.      Selanjutnya siapkan botol dan masukan buah kurma yang sudah dibuang bijinya ke dalam botol.

3.      Lalu, tuang air kurang lebih 300 ml ke dalam botol.

4.      Rendam sekitar 6 jam dan maksimal 12 jam.

5.      Setelah direndam, air rendaman kurma atau air nabeez siap untuk dikonsumsi.

Ternyata membuat air nabeez gampang banget kan? Air nabeez ini dipercaya bahwa bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar sepanjang hari, apalgi jika kamu sedang berpuasa.

Manfaat Air Nabeez untuk Kesehatan Tubuh yang Perlu Kamu Tahu

Setelah mengetahui cara membuat air nabeez dengan benar, kini saatnya kami akan membahas manfaat air nabeez atau infused water ala Rosullullah bagi kesehatan tubuh.

1.      Sumber Energi

Manfaat yang pertama yaitu bisa menjadi sumber energi. Cocok banget bagi kamu yang menjalankan ibadah puasa, dengan mengkonsumsi air nabes bisa menjadi sumber energi bagi kamu agar bsia lebih fresh dan sehat yang penting tidak lemas saat berpuasa.

Kamu bisa mengkonsumsi air nabeez ini saat ebrbuka puasa atau saat sahur. Namun jangan lupa untuk merendamnya terlebih dahulu ya, minimal 6 jam dan maksimal 12 jam dan setelah itu baru bisa dikonsumsi.

Seperti yang kita ketahui bahwa buah kurma mengandung kadar gula yang cukup untuk menambah energy tubuh. Meskipun buah kurma memiliki kandungan gula yang cukup banyak, namun kandungan gula pada buah kurma tidaklah berbahaya yang mana tidak menyebabkan naiknya gula darah. Jadi sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari.

2.      Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat yang kedua yaitu mampu mengendalikan kadar gula darah. Seperti yang kita tahu bahwa buah kurma memiliki rasa yang manis, emskipund emikian buah kurma aman untuk dikonsumsi dan tidak menyebabkan kadar gula menjadi naik.

Buah kurma sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena buah kurma mengandung indeks glikemiks yang terbilang rendah.

3.      Bersifat akali

Manfaat yang ketiga yaitu bersifat akali. Buah kuram merupakan salah satu buah yang terbilang sangat baik untuk sistem pencernaan. Jadi air nabeez ini dipercaya bisa menurunkan kadar asam lambung yang naik pada saat berpuasa.

Oleh sebab itu, air nabeez bisa dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk orang yang menderita penyakit mag dan asam lambung.

4.      Sumbr Detoks

Manfaat yang keempat yaitu sebagai sumber detoks. Seperti yang kita tahu bahwa air nabeez itu sama seperti halnya infused water yakni air detoks yang mampu mengeluarkan racun didalam tubuh.

Dengan merendam kurma dengan air, maka nutrisi yang terkandung didalam buah akan keluar dan akan bercampur dengan air usai didiamkan selama 6 hingga 12 jam. Ini merupakan proses difusi osmosis yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Apalagi buah kurma mengandung banyak nutrisi seperti vitamin, karbohidrat, mineral, dan juga protein.

5.      Mengatasi Susah BAB

Manfaat yang kelima yaitu bisa mengatasi susah BAB. Kurma mengandung banyak serat , oleh sebab itu ketika kamu membuat air nabeez ini secara tidak langsung mampu mengatasi konstipasi atau susah BAB ketika kamu berpuasa. Kamu bisa mengkonsumsi air nabeez saat sahur dan juga berpuasa.

6.      Mencegah Kanker

Manfaat yang keenam yaitu bisa mencegah kanker. Manfaat yang ini akan berdampak dalam jangka panjang yang mana bisa mencegah kanker karena buah kurma yang ada di dalam air nabeez ini mengandung antioksidan yang tinggi.

Oleh sebab itu mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit. Selain itu, juga bisa mengurangi resiko terkena Alzheimer.

Setelah mengetahui Cara Membuat  dan Manfaat Air Nabeez, Infused Water ala Rosullullah untuk Kesehatan. Mungkin ada sebagian orang yang masih bertanya-tanya, sebaiknya direndam berapa lama kah air nabeez ini?

Air nabeez sebaiknya direndam selama minimal 6 jam dan maksimal 12 jam , bisa langsung dikonsumsi. Namun jika sudah melebihi 12 jam, sebaiknya buanglah dan ganti dengan yang baru.

Untuk buah kurma yang ada di dalam air nabeez ini, bisa konsumsi ataupun dibuang. Namun saya pribadi buah kurmanya saya buang karena rasanya sudah tidak enak karena menjadi tawar. Saya mengkonsumsi airnya saja karena airnya sudah terkandung sari dari buah kurma itu sendiri.

Nah, untuk cara membuat air video berupa video sudah ada di channel youtube aku ya . Jangan lupa untuk subscribe, share dan comen ya bila ada pertanyaan seputar yang saya tulis dan yang ada di dalam video. Nah Berikut video tutorialnya yang bisa kamu tonton:


Semoga
Cara Membuat  dan Manfaat Air Nabeez, Infused Water ala Rosullullah untuk Kesehatan ini bermanfaat bagi kamu semua.

 

 

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat dan Manfaat Air Nabeez, Infused Water ala Rosullullah untuk Kesehatan"