Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Resep Cemilan Dari Kulit Lumpia Dengan Mudah, Lipat Dan Goreng

Nurul Hidayah - 7 Resep Cemilan Dari Kulit Lumpia Dengan Mudah, Lipat Dan Goreng bisa Anda praktekkan di rumah bunda sebagai sajian pelengkap untuk keluarga tercinta dan sang buah hati. Tentunya dengan bahan yang simple dan sederhana yang bisa menjadi cemilan yang istimewa.

Musim seperti ini yang berhawa dingin tentunya ingin rasanya nyemil apa aja karena rasa lapar terus melanda. Tentunya saya sebagai ibu dirumah ingin menyajikan cemilan yang istimewa untuk keluarga.

Nyemil jajanan bikinan sendiri tentunya memiliki Rasa kepuasan tersendiri. Selain itu juga lebih hemat dan lebih higienis jika dibandingkan dengan beli jajanan diluar. Seperti yang kita tahu bahwa jajanan diluar terkenal dengan kata tidak higienis.


Ide kreatif seorang bunda, tentunya akan  menentukan hasil makanan atau jajanan yang disajikan dikeluarga. Jika rasanya enak, tentunya sang buah hati senang makan jajanan dirumah ketimbang membeli jajanan diluar rumah.

Saya sebagai ibu, rasanya wajib bisa membuat kreasi jajanan yang bisa dikonsumsi dikeluarga. Nah kali ini saya bikin jajanan dengan memakai bahan dasar kulit lumpia.


Memakai bahan yang biasa tentunya bisa Anda sulap menjadi jajanan atau cemilan yang luar biasa dengan kehangatan tangan bunda.

Nah kali ini, saya mau mengolah kulit lumpia dengan berbagai macam cemilan yang bisa Anda coba dirumah. Kulit lumpia bisa digunakan menjadi aneka jajanan dan cemilan yang enak selain lumpia.

Supaya tidak bosan, bunda bisa mengkreasikan cemilan enak yang menggunakan bahan dasar kulit lumpia. Nah www.nurulh1dayah.com menghadirkan  7 Resep Cemilan Dari Kulit Lumpia Dengan Mudah, Lipat Dan Goreng. Berikut resep serta cara membuat cemilan dari olahan kulit lumpia.

1. Resep Piscok Lumer meleh dimulut
Resep pertama dari olahan kulit lumpia yaitu piscok atau pisang coklat yang lumer dan meleleh dimulut. Anda akan menemukan sensasi melelehnya coklat di dalam mulut yang bisa membuat lidah Anda bergoyang dan ingin nambah terus dan terus. Nah berikut resep serta cara membuat piscok lumernya:

 Bahan - bahan Utama Piscok Lumer:
1.10 lembar kulit lumpia jadi
2. 5 buah pisang, saya memakai pisang raja
3. 1 bungkus Coklat meises ceres
4. 1 blok coklat batang warna hijau atau rasa green tea, parut
5. 1 blok keju, parut

Bahan Perekat Piscok Lumer:
1. 1 sendok makan tepung terigu
2. Air secukupnya

Cara MembuatPerekat  Piscok Lumer:
1. Campur tepung terigu dan air secukupnya, aduk-aduk hingga tercampur rata . setelah tercampur rata, bisa digunakan untuk perekat piscok.

Cara Membuat Piscok Lumer:
1. Pertama, kupas buah pisang, kemudian belah buah pisang menjadi 2 bagian.
2. Setelah itu, ambil 1 lembar kulit lumpia lalu taruh 1/2 buah pisang di atasnya, lalu tambah keju parut, coklat batang yang sudah diparut dan coklat meises ceres.
3. Beri pinggiran kulit lumpia dengan perekat yang sudah dibikin tadi, lalu lipat-lipat seperti halnya melipat risoles. Lakukan hingga semua bahan habis.
4. Goreng hingga matang.
5. Siap dihidangkan dengan teh hangat.

2. Resep Cemilan Kulit Lumpia Bentuk Keong Goreng Original
Resep yang kedua yaitu bikin kulit lumpia bentuk keong goreng original. Resep yang kedua ini sangat simple dan sederhana banget. Tentunya semua orang bisa bikin cemilan yang satu ini, meskipun masih pemula. Berikut resep serta cara membuatnya:
Bahan-bahan Cemilan Kulit Lumpia Bentuk Keong Goreng Original :
1. 10 lembar kulit lumpia
2. 2 sendok makan tepung terigu
3. Air secukupnya

Cara Membuat Cemilan Kulit Lumpia Bentuk Keong Goreng Original :
1. Pertama, campur tepung terigu dengan air, aduk-aduk hingga semua tercampur rata dan siap digunakan.
2. Kemudian, ambil satu lembar kulit lumpia, lalu beri campuran tepung terigu dan air di bagian atasnya. Lalu gulung kulit lumpia dan gunting serong menyerupai bentuk rumah keong.
3. Setelah itu, goreng hingga matang dan siap dihidangkan.

3.Resep Kulit Lumpia Pedas Manis
Resep yang ketiga yaitu kali ini saya bikin kulit lumpia pedas manis. Cocok banget loh untuk cemilan. Bagi penggemar pedas manis, wajib mencoba resep ini. Dijamin endeees rasanya. ^_^

Bahan-bahan Kulit Lumpia Pedas Manis:
1. 10 lembar kulit lumpia
2. 5 buah cabe merah besar
3. 10 buah cabe rawit
4. 1 sendok makan gula merah
5. 1/2 sendok teh garam
6. 3 lembar daun jeruk purut
7. Air secukupnya
8. Minyak goreng untuk menumis

Cara Membuat Kulit Lumpia Pedas Manis:
1. Pertama, ambil satu lembar kulit lumpia, kemudian gunting memanjang. Lakukan hinga semua kulit lumpia habis. Setelah itu, goreng hingga matang. Sisihkan terlebih dahulu.
2. Selanjutnya, haluskan semua bumbu seperti cabe merah besar, cabe rawit, gula merah, garam dan daun jeruk purut hingga lembut. Bisa dihaluskan dengan cobek atau bisa juga dihaluskan dengan  menggunakan blender.
3. Langkah selanjutnya yaitu, tuang minyak secukupnya ke dalam wajan, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tumis hingga harum.
4. Kemudian, masukkan kulit lumpia yang sudah digoreng tadi, aduk-aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Masak hingga matang dan sedikit kering.
5. Angkat kulit lumpia pedas manis dan siap disajikan.

4. Resep Kulit Lumpia Bentuk Keong Goreng Pedas Level 15
Resep yang kedua yaitu bikin kulit lumpia bentuk keong goreng pedas level 15. Resep yang keempat  ini sangat simple dan sederhana. Bagi pecinta pedas, wajib mencoba resep ini nih. Cocok digunakan untuk cemilan dimobil dan juag pada saat menonton tv di rumah.
Bahan-bahan Kulit Lumpia Bentuk Keong Goreng Pedas Level 15 :
1. 10 lembar kulit lumpia
2. 2 sendok makan tepung terigu
3. Air secukupnya
4. 1 bungkus boncabe level 15

Cara Membuat Cemilan Kulit Lumpia Bentuk Keong Goreng Pedas Level 15:
1. Pertama, campur tepung terigu dengan air, aduk-aduk hingga semua tercampur rata dan siap digunakan untuk olesan diatas kulit lumpia.
2. Setelah itu, ambil satu lembar kulit lumpia, lalu beri perekat yangs udah dibikin tadi di bagian atasnya. Lalu gulung kulit lumpia dan gunting serong menyerupai bentuk rumah keong.
3. Kemudian goreng hingga matang dan beri taburan bubuk boncabe level 15.
4. Kulit lumpia bentuk keong  pedas level 15 siap disantap untuk cemilan.

5.Resep Kulit Lumpia Panjang Original
Resep yang kelima yaitu kali ini saya bikin kulit lumpia panjang rasa original. Cemilan ini memiliki rasa original , jadi cocok dikonsumsi oleh anak-anak karena tanpa ada rasa pedasnya. Bahanya sangat simple dan mudah. Nah berikut resep serta cara membuatnya.
Bahan-bahan Kulit Lumpia Panjang Original:
1.15 lembar kulit lumpia

Cara Membuat Kulit Lumpia Panjang Original:
1. Pertama, ambil satu lembar kulit lumpia, kemudian gunting memanjang, gunting semua lembaran lumpia yang tersisa.
2. Setelah itu, goreng hingga matang dan berubah warna.
3. Cemilan kulit lumpia panjang original siap untuk dihidangkan.

6.Resep Martabak Kulit Lumpia
Resep yang keenam yaitu martabak kulit lumpia. Nah cemilan yang ini juga mudah kok cara biknya. Berikut resep serta cara membuat martabak kulit lumpia.

Bahan-bahan Martabak Kulit Lumpia:
1. 8 lembar kulit lumpia
2. 3 Batang bawang pre
3. 2 siung bawang putih (dihaluskan)
4. 3 butir telur ayam
5. 1/4 sdt garam
6. 1/2 sdt lada bubuk
7. 1/4 sdt kaldu bubuk
8. Minyak secukupnya
9. Cabe rawit sesuai selera

Cara Membuat Martabak Kulit Lumpia:
1. Pertama, iris-iris bawang pre, kemudian ambil mangkok dan campur semua bahan seperti telur, garam, lada bubuk, kaldu bubuk dan bawang pre yang sudah diris tadi. Aduk-aduk menggunakan garpu dan tercampur rata.
2. Setelah itu, ambil satu lembar kulit lumpia dan beri isian telur yang sudah dicampur tadi. Goreng hingga matang dan menggunakan api kecil saja ya.
3. Martabak kuli tlumpia siap disantap dengan cabe rawit.

7.Resep Krupuk Pangsit Kulit Lumpia
Resep yang ketujuh yaitu krupuk kulit lumpia. Nah cemilan ini hanya menggunakan satu bahan saja yaitu kulit lumpia itu sendiri. Berikut resep serta cara membuat krupuk pangsit kulit lumpia yang gampang banget.
Bahan Krupuk Pangsit Kulit Lumpia:
1. 20 lembar kulit lumpia jadi

Cara Membuat Krupuk Pangsit Kulit Lumpia:
1. Pertama, ambil satu lembar kulit lumpia, kemudian iris kotak-kotak menyerupai krupuk pangsit.
2. Goreng hingga berubah warna dan matang sempurna.
3. Krupuk pangsit kulit lumpia siap disantap dengan mie pangsit.

Nah itu tadi 7 Resep Cemilan Dari Kulit Lumpia Dengan Mudah, Lipat Dan Goreng yang sudah saya coba di rumah untuk cemilan keluarga. Ada yang manis, ada yang gurih dan ada juga yang pedas. Jadi bunda bisa mencoba semua cemilan untuk keluarga tercinta.

Anda juga bisa menonton semua video tutorial aneka resep masakan di Channel Youtube “Nurul Hidayah” . Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk bunda-bunda tercinta. ^_^
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "7 Resep Cemilan Dari Kulit Lumpia Dengan Mudah, Lipat Dan Goreng"