Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Kue Koyabu Ala Farah Quinn, Kue Tradisional Asli Manado


NurulHidayah - Resep Cara Membuat Kue Koyabu Ala Farah Quinn, Kue Tradisional Asli Manado ini merupakan salah satu kue tradisional yang memakai bahan dasar kelapa parut, tepung ketan dan tambahan gula merah. Rasa yang gurih dan manis dari gula merah ini merupakan perpaduan yang sangat pas.

Kalau di Jawa, kue ini ada yang menamainya iwel-iwel ataupun awug-awug. Bahan yang dibutuhkan sama namun yang membedakanya hanya pada pembungkusnya saja. Jika koyabu, pembungkusnya memakai daun pandan, sedangkan iwel-iwel atau atau awug-awug memakai daun pisang.
At least, rasanya hampir sama, hanya aromanya saja yang sedikit berbeda karena dari pembungkusnya itu tadi daun pandan atau daun pisang. Meskipun demikian, rasanya sama-sama enak, lezat dan nikmat loh.

Nah,ngomong-ngomong soal Farah Quinn, Beliau merupakan salah satu Chef wanita  Indonesia yang memiliki talent yang sangat luar biasa. Gak hanya cantik, namun beliau juga memiliki bakat memasak yang bisa diacungi jempol.

Berikut Resep Cara Membuat Kue Koyabu Ala Farah Quinn, Kue Tradisional Asli Manado yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:
1. ½ butir kelapa, kupas dan parut memanjang
2. 500 gram tepung ketan, namun saya hanya memakai 200-250 gram saja untuk tepung ketanya, biar lebih terasa gurihnya.  ^_^
3. ½ sendok teh garam
4. ¼ sendok teh vanili bubuk
5. 150 gram gula merah, sisir
6. Daun pandan untuk membungkus, berhubung daun pandan yang saya tanam masih kecil-kecil daunya, jadi saya ganti dengan daun pisang ya bund. Hehehehe Jadi daun pandanya saya potong kecil-kecil dan nanti saya masukkan di dalam bungkus pisangnya.
7. tusuk gigi secukupnya

Cara Membuat:
1. Pertama campur beberapa bahan seperti kelapa parut, tepung ketan, garam dan vanili bubu. Aduk hingga rata.
2. Kemudian ambil 1 lembar daun pisang (sebenarnya pembungkusnya pakai daun pandan ya, saya ganti dengan daun pisang), lalu masukkan adonan yang sudah dicampur dan isi dengan gula merah yang sudah disisir. Setelah itu, tambahkan potongan daun pandan.
3. Bungkus kue koyabu dan sematkan tusuk gigi.  Lakukan hingga semua adonan habis.
4. Kukus kurang lebih 30 menit atau sampai matang.
5. Setelah 30 menit, angkat dari dalam kukusan.
6. Kue Koyabu siap dinikmati.

Resep Cara Membuat Kue Koyabu Ala Farah Quinn, Kue Tradisional Asli Manado ternyata mudah bunda. Berikut saya buatkan juga video tutorial cara membuatnya:
Jangan lupa Subscribe juga ya di Channel  ResepMasakan “Nurul Hidayah” agar Anda bisa menonton langsung video baru yang akan saya upload. Semoga Resep Cara Membuat Kue Koyabu Ala Farah Quinn, Kue Tradisional Asli Manado bermanfaat bagi Anda semua. ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Kue Koyabu Ala Farah Quinn, Kue Tradisional Asli Manado"