Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kue Lumpur Kentang Kukus

Nurul Hidayah - Kue Lumpur Kentang Kukus merupakan salah satu kue tradisional yang memiliki banyak penggemar. Kue yang berbahan dasar kentang ini memiliki tekstur yang lembut dan juga enak.

Nah kali ini saya membuat kue lumpur kentang tanpa pakai mixer ya, cukup diaduk-aduk saja pakai sendok atau spatula yang ada di rumah. Kalau setiap langkahnya sudah benar, insya allah tidak akan gagal.


Untuk kue jenis ini, sebaiknya gunakan api yang kecil dan rata ya agar tekstur kue bagian atas tetap mulus dan tidak bergelombang. Untuk bagian atasnya saya pakai chocochips karena di dapur stok kismisnya tidak ada. Hehehehe

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan serta cara membuat Kue Lumpur Kentang Kukus dengan tekstur yang lembut.

Kue Lumpur Kentang Kukus

Bahan-bahan:
1. 250 gram kentang, kupas dan cuci hingga bersih
2. 250 ml santan
3. 2 butir telur
4. 125 gram gula pasir
5. 125 gram tepung terigu
6. 1 cepuk vanili bubuk
7. 50 gram margarin, lelehkan

Topping:
1. Chocochips secukupnya (sesuai sesuai selera ya)

Cara Membuat Kue Lumpur Kentang Kukus:

1. Pertama, kukus kentang yang sudah dikupas hingga empuk.

2. Kemudian ambil wadah, haluskan kentang, lalu beri tambahan santan dan aduk hingga rata. Sisihkan terlebih dahulu.

3. Langkah selanjutnya, ambil wadah lain lalu campurkan beberapa bahan seperti gula pasir, tepung terigu, telur, dan vanili bubuk. Aduk hingga rata.

4. Setelah itu, campurkan santan yang sudah dicampur dengan kentang kukus ke dalam wadah satunya yang berisi gula pasir, tepung terigu, telur, dan vanili bubuk. Aduk hingga merata dan tambahkan margarin yang sudah dicairkan. Aduk lagi hingga rata.

5. Panaskan cetakan, kemudian tuang adonan ke dalam cetakan kue lumpur. Saya menggunakan cetakan martabak mini. Beri hiasan chocochips di atasnya. Tutup cetakan tunggu hingga matang.

6. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Takut gagal membuat Kue Lumpur Kentang Kukus? jangan takut gagal ya bu-ibu, ini dia sudah saya buatkan video tutorial cara membuat Kue Lumpur Kentang Kukus yang lembut.



Bagaimana? Mudah kan ya cara membuat Kue Lumpur Kentang Kukus? Semoga bermanfaat & happy baking! ^_^
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Kue Lumpur Kentang Kukus"