Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memasak Beras Merah Supaya Pulen

Nurul Hidayah - Tips memasak beras merah supaya pulen dan enak bisa Anda simak dalam artikel ini. Seperti yang diketahui bahwa beras merah memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dari pada beras putih. Bahkan beras merah juga baik dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang dalam program diet. 

Hal ini disebabkan karena beras merah memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain itu, beras merah juga mengandung nutrisi lainnya seperti vitamin B1, mineral, dan juga rendah gula, sehingga beras merah baik dikonsumsi bagi penderita diabetes. 


Sebagian besar orang memang tidak terlalu suka beras merah karena teksturnya yang sedikit lebih keras dan rasanya tidak seenak beras putih. Namun hal ini bisa diatasi apabila cara memasaknya dilakukan dengan benar.

Tips Memasak Beras Merah Supaya Enak Dan Pulen

Bagi Anda yang ingin mengonsumsi beras merah, dan ingin mendapatkan hasil yang enak dan pulen, Anda bisa menerapkan beberapa tips di bawah ini. Adapun tips memasak beras merah supaya pulen dan enak  adalah sebagai berikut:

1. Cuci beras merah yang akan dimasak hingga benar-benar bersih. Untuk dapat menghasilkan masakan beras merah yang enak dan pulen, Anda sebaiknya memasaknya dengan menggunakan cara yang manual.

2. Terlebih dahulu masukkan beras merah ke dalam panci, dan tambahkan air dengan perbandingan 1:4. Misalnya jika Anda memasak 2 gelas beras dengan 8 gelas air. Jangan nyalakan api terlebih dahulu dan diamkan beras di dalam panci kurang lebih 30 menit supaya hasilnya lembut serta empuk.

3. Setelah itu, masak beras dengan air hingga mendidih. Jika sudah mendidih, aduk-aduk dengan api sedang hingga air mengering dan nasi jadi setengah matang, lalu tiriskan.

4. Langkah terakhir yaitu kukus nasi dengan menggunakan dandang hingga nasi beras merah benar-benar matang. Taburkan garam halus dan aduk hingga merata jika ingin rasanya lebih gurih.

Demikian ulasan singkat mengenai tips memasak beras merah supaya pulen yang dapat Anda praktekkan sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memasak beras merah dengan hasil yang enak dan pulen.

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Tips Memasak Beras Merah Supaya Pulen"