Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis Enak Dan Lezat

Nurul Hidayah - Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis Enak Dan Lezat merupakan salah satu resep kue tradisional yang tentunya masih banyak yang mencarinya karena memang jaman now sudah hampir jarang yang menjualnya.

Kue sengkulun ini juga cocok sekali sebagai sajian di saat ada acara seperti pernikahan, acara sunatan,syukuran,  acara adat, hajatan, acara keluarga dan acara yang lainya. Memang tak bisa dipungkiri, rasa kue sengkulun ini memang enak dan lezat.

Rasa manisnya juga pas bagi saya. Nah adapun cara memasak kue ini dengan cara dikukus yang mana adonan pertama dengan warna original atau putih dan adonan kedua menimpai adonan pertama dengan warna merah.

Nah kali ini saya bikin dengan 3 warna yaitu warna putih, merah dan hijau. Sebenarnya untuk warnanya yaitu warna putih dan merah saja. Untuk warna hijau hanya sesuai selera saya. Hehehehehe.

Ketika disajikan, sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu ya agar lebih mudah memakanya. Untuk gambar yang di atas, itu belum saya potong-potong ya bunda. ^_^

Untuk Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis Enak Dan Lezat sebagai berikut ya bunda, lengkap dengan video pembuatany juga.

Bahan yang diperlukan adalah sebagai berikut:
1. Kelapa sebanyak 1 butir, kupas dan parut memanjang.
2. Pewarna makanan hijau
3. Pewarna makanan merah
4. Gula pasir sebanyak 100 gram
4. Garam sebanyak 1 sendok teh
5. Vanili bubuk sebanyak ½ sendok teh
6. Tepung ketan sebanyak 250 gram
7. Daun pisang untuk alas loyang

Cara Membuat Kue Sengkulun:
1. Untuk langkah pertama yaitu ambil wadah, kemudian semua bahan kecuali pewarna makanan dan daun pisang.
2. Langkah kedua yaitu pisahkan adonan menjadi 3, beri pewarna merah dan hijau untuk setiap adonan. Aduk hingga rata.
3. Masukkan adonan ke dalam loyang persegi panjang, alasi dengan daun pisang. Kali ini saya tidak memakai cetakan ya, jadi saya memakai loyang yang biasanya saya pakai untuk membuat kue. Jangan lupa alasi dengan daun pisang dulu ya.
4. Setelah itu tata adonan putih di bawah dan setelah itu kukus 20 menit.
4. Setelah 20 menit, angkat dari kukusan, kemudian timpa adonan putih dengan adonan warna merah. Kukus lagi selama 30 menit. Lakukan hal yang sama dengan loyang satunya dengan warna yang berbeda.
5. Setelah 30 menit berlangsung, angkat dari dalam kukusan. Keluarkan kue sengkulun dari dalam loyang.
6. Potong-potong kue sengkulun sesuai selera dan siap dihidangkan.

Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis Enak Dan Lezat tidak sesulit yang dibayangkan bunda. Apalagi jika Anda mau mencobanya. Nah kali ini, saya juga bikin video tutorialnya ya:

Jika suka dengan videonya, jangan lupa  tonton juga di Channel Youtube Resep Masakan “Nurul Hidayah” juga ya. Anda juga bisa Subscribe, Like, Coment & Share berbagai video resep maskana yang ada di channel youtube saya. Semoga Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis Enak Dan Lezat bermanfaat bagi Anda semua. Semoga sukses!!



Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Manis Enak Dan Lezat"