Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kue Tradisional Koci-Koci Isi Enten Kelapa Kenyal Dan Enak


Nurul Hidayah - Kue Tradisional Koci-Koci Isi Enten Kelapa Kenyal Dan Enak ini merupakan salah satu kue tradisioal yang menjadi favorit saya. Bagaimana tidak? Rasanya yang kenyal, enak, gurih dan legit ini cocok sekali di lidah saya.

Di Jawa Timur, tempat saya tinggal, kue ini namanya kue Koci-koci. Nah kata teman saya yang dari luar kota, ternyata ada yang bilang ini kue poci-poci, lemet, mendhut, dan rokhok-rokhok. Ternyata beda daerah, beda nama juga bunda. ^_^ Indahnya perbedaan. ^_^
Kue ini berbahan dasar dari tepung ketan dan isi dengan enten. Nah enten ini adalah isian dari kue koci yang mana bahan yang digunakan adalah kelapa yang sudah diparut dan dicampur dengan gula pasir dan juga gula merah.

Agar kue koci-koci terasa lebih gurih dan nikmat, sebaiknya gunakanlah santan untuk bahan campuran membuat adonananya. Jika hanya menggunakan air, rasa kue koci-koci nantinya kurang gurih.

Selain itu, yang menjadi ciri khas kue koci-koci ini adalah pada pembungkusnya. Biasanya kue tradisional ini menggunakan daun pisang untuk membungkusnya. Oleh sebab itu, kue ini memiliki aroma yang khas dan enak.

Baca Juga:


Nah agar daun pisang yang digunakan tidak mudah robek, sebaiknya jemur daun pisang terlebih dahulu atau bisa juga taruh di atas kompor sebentar agar daun pisangnya layu dan mudah dibentuk saat dibuat untuk membungkus kue koci-koci.

Berikut resep serta cara membuat  Kue Tradisional Koci-Koci Isi Enten Kelapa Kenyal Dan Enak yang bisa Anda coba di rumah.
Bahan Untuk Adonan Kulit Koci-koci:
1. 500 gram Tepung Ketan
2. 130 ml santan
3. 1 sendok teh garam halus
4. Pewarna makanan hijau

Bahan untuk Enten atau isianKoci-koci::
1. ½ butir kelapa, parut memanjang, Saya pilih kelapa yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda
2. 2 sendok makan gula pasir
3. 200 gram gula merah, sisir
4. ½ sendok teh garam
5. 3 Lembar Daun pandan, simpul

 Bahan pembungkus Koci-koci:
1: Daun pisang secukupnya
2. Minyak untuk olesan

Cara Membuat Enten atau Isian Koci-koci:
1. Pertama, siapkan wajan terlebih dahulu. Kemudian masukkan semua bahan enten ke dalam wajan seperti kelapa parut, gula pasir, gula merah, garam dan juga daun pandan. Aduk hingga merata dan berubah warna menjadi coklat.
2. Jika sudah dirasa semua bahan tercampur rata dan matang sempurna, angkat dan tiriskan terlebih dahulu. Jika sudah dingin bentuk bulat-bulat.

Cara Membuat Adonan Kulit Koci-koci:
1. Pertama tuang tepung ketan dan garam ke dalam mangkok, aduk hingga rata sambil tuang santan sedikit demi sedikit agar tahu tekstur adonan yang diinginkan tidak terlalu encer atau padat.
2. Jika dirasa sudah bisa dibentuk adonan koci-kocinya, beri pewarna hijau dan aduk hingga semua rata dan ebrubah warna menjadi hijau dan adonan kulit koci-koci siap untuk digunakan.

Cara Membuat Kue Tradisional Koci-koci:
1. Pertama, ambil selembar daun pisang dan olesi dengan sedikit minyak. Kemudian ambil sedikit adonan, pipihkan dan isi dengan enten. Lalu bungkus dengan daun pisang seperti yang ada di video di bawah ini ya bunda caranya.
2. Lakukan hingga semu adonan habis. Setelah itu kukus kurang lebih 30 menit atau sampai matang.
3. Setelah 30 menit, angkat dan kue koci-koci siap untuk dinikmati.

Kue Tradisional Koci-Koci Isi Enten Kelapa Kenyal Dan Enak ini biasanya disuguhkan untuk acara hajatan, pernikahan atau acara-acara lainya di desa saya. Ternyata penggemar kue basah ini masih banyak sekali.

Nah berikut video tutorial cara membuat Kue Tradisional Koci-Koci Isi Enten Kelapa Kenyal Dan Enak yang bisa juga Anda praktekkan di rumah bunda.
Jangan lupa Subscribe juga ya bunda untuk Channel YoutubeResep Masakan “Nurul Hidayah” yang menyajikan berbagai video tutorial seputar masakan dan minuman agar tidak ektinggalan video baru yang akan saya upload.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga resep serta videonya bermanfaat bagi Anda semua. ^_^









Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Kue Tradisional Koci-Koci Isi Enten Kelapa Kenyal Dan Enak"