Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Pakai Loyang Anti Gagal

Nurul Hidayah  - Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Pakai Loyang Anti Gagal merupakan salah satu cara memasak jajanan tradisional yang terbilang sangat mudah dan simple serta bahan yang dibutuhkan juga sederhana yang mana mudah didapatkan disekitar kita.

Kue Sengkulun ini adalah jajanan tradisional dan tentunya sudah populer di daerah Jawa, khusunya Jawa Tengah. Selain itu, daerah lain yang ada di Indonesia  juga banyak yang mengenal serta menggemari  jajanan tradisional ini. Gambar di bawah ini merupakan penampakan kue sengkulun sebelun dikukus.
Selain untuk disajikan pada acara-acara tertentu, kue ini juga cocok disajikan cemilan atau juga bisa disuguhkan ke tamu yang ada di rumah. Banyak yang menggemari kue yang memiliki tekstur lembut, kenyal, dan empuk ini.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah untuk sajian keluarga, namun Anda tidak tahu resep serta langkah-langkahnya, jangan khawatir. Kini Anda bisa nyimak Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Pakai Loyang Anti Gagal ini:

Bahan Kue Sengkulun:
1. 250 gram Tepung Ketan, ayak terlebih dahulu
2. 1 butir kelapa, kupas dan parut memanjang
3. Daun pisang untuk alas loyang
4. 100 gram gula pasir
5. 1 sendok teh garam
6. 1 cepuk vanili bubuk
7. Pewarna makanan hijau dan merah
8. 2 loyang persegi panjang

Cara Mudah Membuat Kue Sengkulun:
1. Ambil wadah, lalu masukkan semua bahan kecuali nomor 3 dan 7. Kemudian aduk hinga rata, tidak usah diulen, cukup diaduk-aduk saja.
2. Kemudian langkah selanjutnya yaitu, ambil 2 wadah lagi. Lalu bagi adonan menjadi 3 bagian di dalam wadah yang berbeda.
3. Beri pewarna hijau di satu wadah, dan warna merah di wadah satunya. Setelah itu beri pewarna dan aduk-aduk  adonan hingga warnanya tercampur merata dengan adonanya.
3. Mauskkan adonan ke dalam loyang atau cetakan yang sebelumnya dialasi dengan daun pisang terlebih dahulu. Lalu letakkan adonan putih di bagian bawah dan setelah itu kukus 20 menit.
4. Setelah 20 menit, angkat dari kukusan, kemudian letakkan adonan putih dengan adonan warna merah. Kukus lagi kurang lebih 30 menit. Lakukan hal yang sama dengan loyang satunya dengan warna yang berbeda.
5. Setelah 30 menit berlalu, angkat dari kukusan. Lalu, balik loyang dan keluarkan kue sengkulun dari dalam loyang. Potong-potong menurut selera.
6. Kue sengkulun siap dimakan.

Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Pakai Loyang Anti Gagal  bisa Anda coba ya bunda, kue ini juga bisa untuk suguhan atau cemilan keluarga Anda. ^_^ berikut video tutorialnya ya bunda. ^_^


Semua resep masakan dan minuman juga tersedia di channel Youtube “NurulHidayah”. Anda juga bisa menonton berbagai video resep masakan di channel Youtube saya. Jika suka bisa Subscribe, Like, Coment & Share ya bunda.

Semoga Resep serta Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Pakai Loyang Anti Gagal bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba!!



Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Kue Sengkulun Ketan Pakai Loyang Anti Gagal"