Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Bola-bola Pisang Coklat Lumer, Lembut, Enak & Nikmat Banget

Nurul Hidayah - Resep Cara Membuat Bola-bola Pisang Coklat Lumer, Lembut, Enak & Nikmat Banget bisa Anda bikin sendiri dirumah sebagai hidangan untuk keluarga tercinta.


Di Indonesia ada banyak sekali jenis pisang, seperti: pisang kepok, pisang tanduk, pisang raja, pisang emas, pisang merah, pisang uli, pisang susu, pisang santan, pisang soboh dan lain sebagainya.


Jenis pisang yang berbeda tentunya juga cocok digunakan untuk hal yang berbeda, ada pisang yang enak langsung dimakan dan ada juga pisang yang lebih enak dimakan jika dikukus terlebih dahulu.


Oleh sebab itu, banyak cara untuk menyajikan pisang yang enak dan nikmat. Nah, kali ini saya mencoba untuk membuat resep olahan pisang menjadi bola-bola pisang coklat yang enak banget.

Baca Juga7 Resep dan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Setelah Konsumsi Infused Water


Bola-bola pisang coklat ini yaitu olahan pisang yang dikukus terlebih dahulu kemudian diisi dengan coklat batangan yang ketika digoreng coklat batangan tersebut akan meleleh dan lumer ketika dimakan.


Untuk teksturnya yaitu crunchy diluar dan lumer didalam.  Cara membuatnya juga mudah dan sederhana banget loh.


Meskipun dari bahan yang sederhana, cemilan bola-bola pisang coklat ini memiliki rasa yang enak banget. Cocok banget bagi Anda penggemar coklat.


Kali ini saya menggunakan pisang kepok sebagai bahan dasar pembuatan bola-bola piscok ini. Selain pisang kepok, Anda juga bisa menggunakan pisang raja dan pisang tanduk.


Nah berikut resep cara membuat bola-bola pisang coklat yang enak, nikmat dan lumer dimulut.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:
1. Satu sisir pisang, isinya kurang lebih 20 buah pisang. Nah kali ini saya memakai pisang kepok.
2. Coklat batangan secukupnya. Saya memakai coklat batang warna coklat dan oranye.

Bahan untuk baluran:
1. Tepung panir secukupnya
2. 6 sendok makan tepung terigu
3. 1 sendok teh garam
4. 1 sendok makan gula pasir
5. Air secukupnya

Cara Membuat Bola-bola Pisang Coklat yang Enak, Nikmat, Dan Lumer Dimulut:

1. Pertama, kupas pisang kepok, kemudian kukus pisang hingga matang kurang lebih 15 menit.



2. Setelah itu lumat pisang yang sudah dikukus hingga halus dengan bantuan garpu dan sisihkan terlebih dahulu.



3. Langkah selanjutnya yaitu membuat baluranya. Adapun caranya yaitu campur tepung terigu, gula pasir, garam dan air secukupnya. Aduk-aduk hingga tercampur rata. Jika sudah sudah selesai bisa digunakan untuk baluranya. Check adonan hingga tidak menggerindil lagi.







4. Kemudian ambil sedikit pisang kukus yang sudah dilumatkan, lalu isi coklat batangan yang sudah diiris dan bentuk menjadi bulat seperti bola.







5. Langkah selanjutnya yaitu gorengb bola-bolapisang coklat hingga matang





Jika sudah selesai digoreng, bola-bola pisang coklat siap untuk disantap. Temukan sensasi lumernya coklat didalam bola-bola pisang coklat.

Semoga resep membuat Bola-bola pisang coklat yang enak, lembut, nikmat dan lumer dimulut bermanfaat bagi Anda semua. 
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Bola-bola Pisang Coklat Lumer, Lembut, Enak & Nikmat Banget"