Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Resep dan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Setelah Konsumsi Infused Water


Nurul Hidayah – 7 Resep dan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Setelah Konsumsi Infused Water . Akhir-akhir ini banyak yang membicarakan apa itu infused water beserta segudang manfaatnya. 

Beberapa orang mengklaim bahwa infused water merupakan salah satu minuman kesehatan. Selain itu, infused water juga bisa digunakan sebagai pelengkap gaya hidup sehat Anda. Minuman ini dipercaya mampu menurunkan berat badan serta mampu menghilangkan racun didalam tubuh.

Selain minum infused water setiap hari, Anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi serta mengurangi mengkonsumsi tepung-tepungan, nasi dan gula agar hasilnya bisa maksimal.



Baca Juga: 7 Racikan Dan Manfaat Infused Water di Setiap Botolnya

Apa itu Infused Water?
Infused water merupakan air yang direndam  selama 6 jam atau semaLaman dan didiamkan dilemari es, kemudian dicampur dengan beberapa buah-buahan yang masih segar, sayuran dan juga rempah-rempah.

Anda bisa bikin minuman infused water sendiri di rumah. Anda bisa memilih bahan-bahan yang bisa Anda sesuaikan dengan kesukaan Anda.

Minuman infused water ini, sebaiknya diamkan selama 6 jam atau semalaman agar sari buah, sayur atau rempah lebih menyatu. Anda bisa menaruhnya didalam lemari es.

Jangan melebihi dari 12 jam ketika mendiamkan minuman Infused water agar hasilnya bisa maksimal. Setelah dimijum, biasanya potongan huah, sayur atau rempah dibuang.

Karena biasanya potongan buah, sayur tersebut rasanya menjadi tawar karena sari buah dan sayurnya sudah hilang.

Jadi Anda bisa mengkonsumsi air rendamanya saja atau yang biasa disebut dengan Infused water. Minuman ini dipercaya sebagai minuman sehat kekinian.

Berbagai Fakta Serta Manfaat Infused Water Untuk Kesehatan
Akhir-akhir ini banyak yang memperbincangkan minuman infused water ini. Khususnya bagi beberapa orang yang ingin hidup sehat.

Minuman ini diklaim berkhasiat untuk kesehatan. Minuman infused water memakai bahan-bahan alami yang aman dikonsumsi. Nah, berikut beberapa manfaat infused water beserta faktanya:

1.Infused Water Mampu Menurunkan Berat Badan
Manfaat infused pertama yakni dipercaya mampu menurunkan berat badan. Faktanya sampai saat ini belum ada penelitian medis yang jelas untuk membuktikan  hal tersebut. Namun perlu Anda ketahui bahwa mengonsumsi minuman infused water bisa membuat Anda cepat merasa kenyang.

Dengan demikian, secara otomatis Anda akan mengurangi porsi makan Anda dengan sendirinya. Seperti yang kita ketahui bahwa mendapatkan berat badan yang ideal, tentunya bukan hanya mengonsumsi minumn ini saja, melainkan dengan melakukan olahraga teratur serta mengonsumsi makanan yang sehat.

Menurunkanberata badan selalu identik dengan minuman yang rasanya asam seperti halnya infused water yang menggunakan salah satu bahan yakni jeruk lemon ataupun jeruk nipis.

Jeruk lemon ataupun jeruk nipis merupakan salah satu buah yang banyak sekali dikonsumsi oleh orang-orang untuk membantu program diet. Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin menurunkan berat badan dengan mengonsumsi jeruk lemon atau nipis.

Jadi saat ini jeruk lemon digunakan sebagai minuman kekinian yang berkhasiat untuk kesehatan yaitu dijadikan minuman infused water.  Air jeruk lemon atau jeruk nipis mampu membantu menurunkan berat badan.

Air jeruk lemon terdapat pektin. Pektin yaitu salah satu jenis serat yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama ketika Anda mengonsumsinya. Selain itu, pektin juga dapat mengurangi asupan kalori dalam tubuh. Dengan demikian, ketika Anda mengonsumsi air jeruk lemon, tentunya Anda tidak akan cepat merasa lapar.

Faktanya air jeruk lemon terdapat kandungan pektin yang mana tidak sebanyak  yang dikira banyak orang. Meskipun demikian, air jeruk lemon bisa digunakan untuk membantu program diet Anda karena buah jeruk lemon ini emrupakan buah rendah kalori. Air jeruk lemon termasuk minuman yang lebih sehat jika dibandingkan dengan kopi atau teh.

2. Infused Water Untuk Buang Racun Dalam Tubuh / Detox
Manfaat Infused water yang kedua yaitu mampu membuang racun yang ada di dalam tubuh. Potongan beberapa buah, sayur atau rempah yang direndam dengan air mineral dipercaya untuk detox yang bagus untuh tubuh.

Meskipun belum terbukti secara klinis, namun infused water diklaim bisa membuang racun yang ada di dalam tubuh seseorang.  Selain itu, juga bisa membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

Fakta nya, manfaat ini masih belum ada bukti yang cukup kuat . Sebenarnya tubuh seseorang juga berperan dengan masing-masing tugasnya seperti hati dan ginjal yang mana mampu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh melalui keringat, buang air besar dan buang air kecil.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih atau juga bisa infused water  agar hasilnya lebih maksimal. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan hari serta ginjal Anda semaksimal mungkin dnegan mengonsumsi air putih atau infused water atau juga bisa dnegan sayur dan buah.

3. Infused Water Untuk Mencegah Penuaan Dini
Manfaat Infused water yang ketiga yaitu mampu mencegah penuaan dini pada kulit. Nah, air mineral yang dicampur dengan buah-buahan atau sayur mayur seperti buah strawberry, buah delima, buah kiwi, buah apel, daun mint diklaim menjadi sarana terbaik untuk mencegah penuaan kulit.

Nah, antioksidan yang terkandung di dalam buah dan sayur mampu menangkal radikal bebas yang berefek  buruk bagi tubuh. Oleh sebab itu, mengonsumsi banyak  buah dan sayur akan sangat membantu Anda untuk mencegah penuaan pada kulit.

Dengan mengonsumsi Infused water tentunya jauh lebih berkhasiat jika dibandingkan dengan mengonsumsi air putih saja. Selain itu, Anda juga bisa mendampingi dengan pola maka hidup sehat dengan mengonsumsi buah dan sayur yang cukup.

Nah, adapun buah-buahan yang bisa digunakan untuk dijadikan minuman Infused Water yaitu buah apel, buah strawberry, buah kiwi, buah kurma, buah lemon, buah anggur, buah semangka, dan buah melon.

Nah beberapa deretan buah tersebut memiliki kandungan vitamin C yang banyak serta terdapat antioksidan yang cukup. Dengan demikian, buah-buahan tersebut mampu memperhambat proses penuaan pada kulit.

Selain mengonsumsi Infused water, Anda bisa mengimbangi dengan mengonsumsi buah, sayur dan makanan yang bergizi serta pola hidup sehat agar hasilnya bisa maksimal.

4.Infused Water, Cara Mudah Minum Vitamin
Manfaat infused keempat yakni merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengonsumsi banyak vitamin. Seperti yang kita ketahui bahwa infused water merupakan air rendaman yang dicampur dengan sayur, buah atau rempah.

Nah, air rendaman tersebut tentunya mengandung banyak vitamin yang bisa dikonsumsi dengan cara meminumnya secara langsung.  Vitamin yang terkandung didalam buah dan sayur akan larut dan bercampur dengan air.

Oleh sebab itu, infused water merupakan salah satu cara paling mudah untuk mengonsumsi banyak vitamin dalam satu tegukan. Mengonsumsi infused water dipercaya lebih sehat jika dibandingkan mengonsumsi minuman vitamin lainya yang terdapat gula tambahan  dalam setiap kemasanya.

5.Infused Water Pengganti Dehidrasi Tubuh
Manfaat infused kelima yakni mampu menggantikan dehidrasi tubuh. Setiap orang sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air mineral kurang lebih 8 hingga 12 gelas per harinya untuk menggantikan air yang akan keluar dari dalam tubuh seperti urin dan keringat.

Nah, infused water bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak begitu suka mengonsumsi air putih biasa yang memiliki rasa yang segar dan enak.

Jika Anda gemar mengonsumsi minuman kemasan ataupun yang ada rasanya seperti soda, kopi, teh, jus kemasan dan lain sebagainya. Sebaiknya hindarilah dan konsumsilah minuman infused water untuk hidup lebih sehat.

6.Infused Water Mampu Lancarkan Pencernaan
Manfaat infused kelima yakni mampu lancarkan pencernaan. Infused water terkandung banyak vitamin yang mampu membantu dehidrasi tubuh dnegan cara mengonsumsinya.

Dengan mengonsumsi infused water dipercaya bisa membanytu untuk mempermudah kinerja usus ketika menjalankan tugasnya mencerna makanan. Seperti yang kita ketahui bahwa air mineral bisa mengoptimalkan kinerja usus agar organ tubuh menjadi lebih sehat.

Resep Infused Water Selama 1 Minggu Yang Bisa Anda Coba di Rumah

Setiap orang dianjurkan untuk emngonsumsi air putih sebanyak 8 hingga 12 gelas per harinya.  Namun tidak semua suka mengonsumsi air putih yang tidak memiliki rasa apa-apa atau tawar.

Oleh sebab itu, mengonsumsi infused water menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang tidak begitu suka mengonsumsi air putih biasa. Dengan mengonsumsi infused water tentunya bermanfaat untuk kesehatan serta memiliki rasa buah yang segar tanpa perisai.

Nah berikut 7 resep Minuman Infused Water yang bisa Anda konsumsi selama 1 minggu yang mana terdiri dari buah, sayur dan rempah yang kaya akan manfaat.

1.Infused Water Hari Pertama

Bahan-bahan:
2 batang kayu manis
2 ruas jahe
Cara Membuat:
Cuci bersih kayu manis dan jahe. Kemudian masukkan didalam botol dan setelah itu tuang air mineral kurang leih 250 ml. Rendam hingga 6 jam atau semalam di dalam kulkas. Setelah itu minum infused water nya.

2.Infused Water Hari Kedua

Bahan-bahan:
1 iris buah semangka
6 butir buah anggur
Cara Membuat:
Potong-potong buah semangka dan anggurnya. Kemudian masukkan didalam botol dan setelah itu tuang air mineral kurang leih 250 ml. Rendam hingga 6 jam atau semalam di dalam kulkas. Setelah itu minum infused water nya.
Nah untuk kulit semangkanya bisa dimasukkan juga atau bisa juga tidak pakai kulitnya. Untuk buah anggur, tinggal potong menjadi dua saja.

3.Infused Water Hari Ketiga

Bahan-bahan:
1 iris buah melon / 5 butir buah kurma
4 iris mentimun
Cara Membuat:
Cuci bersih buah melon atau buah kurma dan juga menitmunya. Kemudian iris-iris dan masukkan didalam botol dan setelah itu tuang air mineral kurang leih 250 ml. Rendam hingga 6 jam atau semalam di dalam kulkas. Setelah itu minum infused water nya.

4.Infused Water Hari Keempat

Bahan-bahan:
2 batang kayu manis
2 ruas kunyit
Cara Membuat:
Cuci bersih kayu manis dan kunyit. Kemudian masukkan didalam botol dan setelah itu tuang air mineral kurang leih 250 ml. Rendam hingga 6 jam atau semalam di dalam kulkas. Setelah itu minum infused water nya.

5.Infused Water Hari Kelima

Bahan-bahan:
½ buah jeruk lemon
5 buah anggur
Cara Membuat:
Cuci bersih jeruk lemon dan anggur. Kemudian potong-potong dan masukkan didalam botol dan setelah itu tuang air mineral kurang leih 250 ml. Rendam hingga 6 jam atau semalam di dalam kulkas. Setelah itu minum infused water nya.

6.Infused Water Hari Keenam

Bahan-bahan:
2 lembar sawi hijau
2 batang seledri
½ buah jeruk nipis
Cara Membuat:
Cuci bersih sawi hijau, seledri dan jeruk nipis. Kemudian masukkan didalam botol dan setelah itu tuang air mineral kurang leih 250 ml. Rendam hingga 6 jam atau semalam di dalam kulkas. Setelah itu minum infused water nya.

7.Infused Water Hari Ketujuh

Bahan-bahan:
2 batang kayu manis
1 sendok makan ketumbar
Cara Membuat:
Cuci bersih kayu manis dan ketumbarKemudian masukkan didalam botol dan setelah itu tuang air mineral kurang leih 250 ml. Rendam hingga 6 jam atau semalam di dalam kulkas. Setelah itu minum infused water nya.

­­­­Pentingkah Untuk Mengonsumsi Infused Water?

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas tadi bahwa minuman infused water ini belum terbukti secara klinis tentang segudang manfaatnya. Namun bukan berarti minuman infused water ini tidak memiliki manfaat sama sekali.

Oleh sebab itu, mengonsumsi infused water bisa dijadikan pilihan yang tepat yang tidak begitu suka minum air tawar atau makan buah dan sayur. Dengan mengonsumsi infused water, Anda bisa merasakan kesegaran minum air dengan rasa buah atau sayur pilihan Anda.

Nah, jika dibandingkan dengan mengonsumsi beberapa minuman lainya seperti teh, kopi, air soda, jus kemasan, minuman kemasan dan beberapa minuman lainya yang mengandung banyak gula dan kafein.

Minuman infused water merupakan salah satu minuman yang lebih sehat jika dibandingkan dengan deretan minuman yang saya sebutkan tadi. Dengan mengonsumsi infused water, Anda akan mendapatkan segudang manfaatnya dan mendapatkan kesegaranya.

Seberapa pentingnya sih minuman infused water ini? Minuman ini telah diklaim memiliki segudang manfaat kesehatan untuk tubuh. Oleh sebab itu, pilihlah buah atau sayuran yang masih segar dan cuci hingga benar-benar besih.

Selain mengonsumsi infused water, Anda bisa mengimbangi dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan pola hidup sehat dengan cara berolahraga secara teratur. Hal tersebut dilakukan agar hasilnya bisa lebih maksimal sesuai yang Anda inginkan.

Itulah tadi 7 Resep dan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Setelah Konsumsi Infused Water yang bisa Anda ketahui untuk difahami agar bisa mengenal lebih jauh apa itu minuman infused water.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda semua, khusunya bagi Anda yang membaca artikel ini. 

Selain menulis resep di website pribadi, saya juga membuat beberapa video tutorial berupa aneka resep makanan dan minuman yang bisa Anda coba di rumah di Channel Youtube saya yaitu “Nurul Hidayah”.

Anda bisa menonton video tutorial yang saya bagikan sambil belajar masak bikin makanan , minuman kekinian hingga makanan tradisional dan minuman khas daerah.



Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "7 Resep dan Segudang Manfaat Untuk Kesehatan Setelah Konsumsi Infused Water"