Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rahasia Ubi Goreng Tepung yang Manis Dan Tetap Renyah Ada Pada Tips Ini, Bikin Di Rumah Yuuuuk!

Nurul Hidayah - Rahasia Ubi Goreng Tepung yang Manis Dan Tetap Renyah Ada Pada Tips Ini, Bikin Di Rumah Yuuuuk. Dengan bahan yang simple serta cara bikinya juga mudah banget, Anda masih bisa membuat cemilan yang enak.

Ubi merupakan salah satu jenis bahan yang bisa diolah sebagai jenis makanan yang enak. Salah satunya bisa Anda olah menjadi gorengan ubi atau biasa disebut dengan sebutan ubi goreng tepung.

Ubi merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki umbi. Nah umbi ini ada dibagian akar yang bisa membesar dan bisa dimakan dan diolah menjadi makanan yang enak.
Pada bagian akar yang membesar ini terdapat banyak nutrisi dan bergizi. Jika di Indonesia biasa disebut dengan ketela pohon dan orang Jawa bilang Telo.

Ubi memiliki banyak warna dan semuanya bisa diolah utnuk makanan dan cemilan yang nikmat. Adapun warna ubi seperti ubi putih, ubi kuning, ubi oranye dan ubi ungu.

Keempat jenis serta warna ubi yang berbeda terdapat di Propinsi Jawa Timur. Seperti di kota Malang, Surabaya, Pacet Mojokerto, Gresik, Sidoarjo, Lamongan, Blitar dan Kediri.


Bagi Anda yang belum mencoba ubi dengan warna lain. Wajib datang ke Jawa Timur untuk mencicipi ubi yang enak dengan perbedaan warnanya. Mengonsumsi ubi rebus aja sudah enak kok, apalagi diolah menjadi cemilan? Tentunya rasanya semakin enak.

Ubi memiliki cita rasa hampir sama dengan pisang yakni manis dan enak. Ubi juga cocok diolah dengan bahan tepung yang tekstur luarnya renyah dan tekstur dalamnya empuk manis.

Tekstur ubi lebih keras jika dibandingkan dengan pisang. Pisang memiliki tekstur lebih lembut. Namun jangan khawatir karena setelah digoreng, ubi akan terasa empuk.

Gorengan yang memakai bahan dasar ubi ini biasanya sering dijual oleh para pedagang kaki lima di pinggir jalan. Cemilan sejuta umat sih kalo menurutku. Hehehehehe .

Jika ubi goreng tepung yang dibuat memiliki tekstur yang renyah, tentunya rasanya lebih enak dan gigitanya juga lebih menggoda.

Berikut Rahasia Ubi Goreng Tepung yang Manis Dan Tetap Renyah Ada Pada Tips Ini, Bikin Di Rumah Yuuuuk.

1.Cuci Ubi
Tips pertama yaitu cuci ubi. Sebelum diolah menjadi  cemilan nikmat, sebaiknya cucilah ubi yang mau diolah . Namun sebelum dicuci, potong-potong ubi terlebih dahulu ya.

Hal ini dilakukan agar pati yang ada pada ubi bisa hilang ketika dicuci dengan air. Selain lebih higienis, berfungsi juga agar tekstur ubi tetap renyah setelah digoreng.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari mencuci ubi dalam keadaan ubi masih utuh agar pati yang ada dibagian dalam ubi bisa hilang juga ketika dibilas dengan air.

2. Potong Ubi Secara Tipis
Tips kedua yaitu potong ubi dengan tipis. Ubi goreng tepung akan terasa lebih renyah jika potongan ubi tipis karena jika potongan ubi tebal, tentunya hasilnya akan kurang renyah.

3. Pakai Baking Soda atau Kapur Sirih
Tips yang ketiga yaitu pakai baking soda atau kapur sirih dalam adonan tepung yang akan digunakan untuk gorengan ubi. Anda bisa menambahkan 1 sendok teh baking soda atau kapur sirih.

Kedua bahan ini mampu menghasilkan gorengan ubi menjadi lebih renyah dan renyah tahan lama.

4. Adonan Tepung 
Tips yang keempat yaitu dilihat dari adonan tepung yang dipakai. Sebaiknya jangan menggunakan adonan tepung yang terlalu kental, jika terlalu kental otomatis tepung yang menempel pada uni jalar semakin banyak.

Dengan begitu, gorengan ubi akan menyerap kinyak terlalu banyak dan membuat tekstur ubi goreng tepung menjadi tidak renyah.

Oleh sebab itu, perhatikan adonan tepung yang akan digunakan untuk membalur ubi jalarnya. Sebaiknya gunakan adonan tepung yang sedikit encer agar hasilnya bisa renyah dan kriuk.

5. Pilih Ubi Jalar
Tips yang kelima yaitu pilihlah ubi jalar. Ketika membuat cemilan ubi, sebaiknya pilihlah ubi yang bagus yang terpenting tidak ada cacat pada bagian dalam ubi seperti bintik hitam atau coklat.

Jika ubi yang Anda olah tidak bagus dan terdapat bintik hitam atau coklat, biasanya rasanya akan terasa pahit. Namun jika ubi yang Anda pilih bagus, tentunya rasanya akan manis.

Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah ubi yang permukaan kulit serta bagian dalamnya bagus tanpa ada bintik-bintik warna hitam. Bintik-bintik itu biasanya disebut dengan sebutan ubi bongkeng.

Nah, sekarang Anda tahu Rahasia Ubi Goreng Tepung yang Manis Dan Tetap Renyah kan? Bikin sendiri dirumah yuuuuk untuk cemilan keluarga. 


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Rahasia Ubi Goreng Tepung yang Manis Dan Tetap Renyah Ada Pada Tips Ini, Bikin Di Rumah Yuuuuk!"