Mengenal Jenis-jenis Pengembang Kue Di Dunia Baking

Nurul Hidayah - Mengenal Jenis-jenis Pengembang Kue Di Dunia Baking perlu diketahui agar ketika membuat kue bisa berhasil sesuai yang diharapkan. Dengan demikian, tidak gagal ketika membuat kue.

Bagi seorang bakers tentunya mengenal jenis pengembang kue merupakan hal yang wajib. Dengan mengetahui beberapa nama serta fungsi pengembang kue tentunya Anda bisa memakai jenis pengembang kue yang tepat agar hasil kue buatan Anda bisa maksimal sesuai harapan.

Setiap pengembang kue memiliki fungsi serta jenis yang berbeda-beda. Ada yang untuk kue, cake, roti , jajan tradisional dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, perlu banget untuk  Mengenal Jenis-jenis Pengembang Kue Di Dunia Baking. Hal ini tentunya membuat Anda akan lebih faham beberapa nama serta fungsi dari jenis pengembang kue , khususnya yang sering digunakan di Negara Indonesia.

Ada banyak jenis pengembang kue yang bisa Anda gunakan dan dengan mudah didapatkan di TBK (Toko Bahan Kue) ataupun di Supermarket terdekat. Ada beberapa merk juga yang sering digunakan di Indonesia

Merk pengembang kue yang digunakan ada yang sama dengan orang luar negri dan juga ada yang berbeda. Namun, pada dasarnya nama pengembang kue yang sama memiliki fungsi yang sama

Nah, berikut beberapa nama pengembang beserta fungsi yang perlu Anda ketahui:

1.Ragi Instant

Pengembang kue yang pertama yaitu ragi instant. Jenis pengembang kue ini ada beberapa merk yang bisa dipakai seperti fermipan dan mauripan.

Ragi instant juga bisa disebut dengan biang donat atau yeast. Ragi instant bisa digunakan untuk membuat adonan donat, bakpau, roti dan cake khusus Jika adonan tersebut menggunakan ragi instant akan menjadi lebih mengembang.

Nah, jika Anda membuat adonan menggunakan ragi instant, sebaiknya periksa dulu apakah ragi instant yang Anda pakai masih aktif atau tidak.

Cara mengecheck ragi instant , campur dengan air hangat-hangat kuku dan diamkan selama 5 menit, tunggu hingga berbuih. Nah jika air campuran ragi instant tadi berbuih berarti ragi instant tersebut masih aktif.

Jika tidak berbuih, berarti ragi instant tersebut tidak aktif dan sebaiknya ganti ragi instant dengan yang baru. Ragi instant yang tidak aktif dapat mempengaruhi adonan yang akan Anda buat yang bisa membuat adonan tidak mengembang dengan sempurna.

2. Baking powder

Pengembang kue yang kedua yaitu baking powder. Baking powder juga merupakan bahan pengembang kue. Jenis pengembang ini digunakan untuk mengembangkan berbagai macam cake atau kue.

Ada dua macam baking powder yang bisa digunakan untuk campuran adonan kue atau roti. Adapun jenisnya yaitu single acting baking powder dan double acting baking powder.

Perbedaanya yaitu single acting baking powder ini diaktifkan oleh cairan. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan baking powder ini dengan segera agar jika tidak langsung digunakan adonan Anda secara otomatis akan membentuk gelembung gas.

Jadi jika adonan yang sudah dicampur dengan single acting baking powder, sebaiknya langsung kukus atau panggang adonan tersebut agar bisa mengembang dengan sempurna.

Nah, jika double acting baking powder ini bisa ditunggu beberapa saat sebelum dikukus atau dipanggang karena jenis baking powder ini mampu bereaksi dalam dua tahap dan mampu bertahan beberapa menit.

Jadi cocok banget bagi Anda yang membuat cake atau roti dalam jumlah yang banyak dan adonan tersebut masih mengantri untuk dikukus atau dioven. Jadi tidak perlu khawatir hasil roti atau cake yang Anda bikin tidak mengembang.

3.Cream of tar-tar

Pengembang kue yang ketiga yaitu cream of tar-tar. Jenis pengembang ini mampu membantu mengeluarkan gas yang ada di dalam adonan.

Cream of tar-tar ini mampu membuat adonan lebih mengembang dengan sempurna. Jika Anda mengocok adonan menggunakan putih telur akan bisa lebih mengembang dengan baik.

4. Baking soda atau Soda Kue
Pengembang kue yang keempat yaitu baking soda atau soda kue. Jenis pengembang yang ini merupakan komponen dari baking powder.

Soda kue atau baking soda ini mampu membuat kue atau roti mengembang dengan sempurna karena mengeluarkan gas CO2. Nah penggunaan baking soda ini biasanya digunakan bersamaan dengan baking powder untuk adonan cake.

Jika digunakan untuk kue kering, soda kue atau baking soda ini mampu membuat tekstur kue kering lehih kering dan renyah. Jika untuk membuat cake bisa menggunakan baking powder dan baking soda atau bisa juga menggunakan baking powder saja.

5. Emulsifier
Pengembang kue yang kelima yaitu Emulsifier. Emulsifier ada beberapa merk dagang seperti SP, TBM, dan Ovalet. Meskipun namanya berbeda, namun memiliki fungsi yang sama. Emulsifier ini membuat cake menjadi lebih lembut dan empuk.

6. TBM
Pengembang kue yang keenam yaitu TBM. TBM biasanya digunakan untuk bahan campuran adonan cake atau kue. TBM mampu membuat tekstur kue menjadi lebih lembut.

TBM merupakan salah satu merk dagang yang bisa Anda pilih untuk digunakan untuk membuat kue lebih lembut. Untuk penggunaan TBM, biasanya akan kocok bersamaan dengan kuning telur atau putih telur.

Untuk ukuran takaranya 1 sendok teh TBM dengan 5 butir telur. Bentuk TBM nya tidak cair dan seperti pasta sama halnya dengan ovalet.

7. SP
Pengembang kue yang ketujuh yaitu SP. Jenis pengembang ini juga digunakan untuk campuran adonan cake yang bisa membuat cake lebih lembut.

SP memiliki fungsi yang sama seperti TBM dan Ovalet atau biasanya disebut dengan cake emulsifier. SP ini cocok banget digunakan untuk segala jenis kue, cake dan bolu.  

Penggunaanya juga sama seperti TBM dan Ovale dikocok bersaan dengan telur yang bisa membuat adonan lebih mengembang dan kaku.

SP biasanya digunakan untuk membuat cake dan bisa membuat cake mengembang sempurna.

8. Bread Improver
Pengembang kue yang kedelapan yaitu Bread Improver. Bahan pengembang jenis ini, digunakan untuk adonan roti atau kue.

Bread improver mampu membuat adonan lebih empuk, memiliki serat yang lebih halus, lebih lembab, meningkatkatkan kualitas roti, memperpanjang waktu simpan dan fermentasi bisa lebih singkat.

Selain itu, menggunakan bread improver juga bisa mempersingkat waktu untuk fermentasi. Jadi penggunaan bahan ini juga lebih menguntungkan jika dibandingkan tidak memakai bread improver.

Dari banyaknya jenis pengembang kue yang sudah saya ulas seperti di atas bisa Anda pilih sesuai fungsi masing-masing agar hasil kue, roti, cake yang Anda bikin bisa maksimal sesuai harapan dan tentunya tidak mengecewakan.

Dengan begitu Mengenal Jenis-jenis Pengembang Kue Di Dunia Baking sangat diperlukan agar hasil roti, cake ataupun kue bisa mengembang dengan sempurna, empuk dan bagus.

Itulah kenapa ketika terjun di dunia baking. Pahami, ketahuilah terlebih dahulu beberapa nama serta fungsi masing-masing pengembang kue.  Semoga bermanfaat ya . ^_^

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jenis-jenis Pengembang Kue Di Dunia Baking"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel