Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Sambal Petis Tahu yang Pedas Dan Nikmat Dengan Gambar Lengkap

Nurul Hidayah - Resep Cara Membuat Sambal Petis Tahu yang Pedas Dan Nikmat ternyata gak sesulit yang dibayangkan. Bahan yang dibutuhkan juga gak terlalu banyak loh . Selain itu, cara membuatnya pun sangat mudah. Tinggal mencampur semua bahan yang disediakan hingga halus.

Sambal petis cocok banget dicocol dengan tahu anget. Rasanya yang pedas dan nikmat tentunya bisa menambah nafsu makan Anda. Selain itu cocok juga dimakan dengan lontong balap.


Bagi orang Jawa Timuran mungkin sudah tidak asing lagi dengan petis. Yup, petis merupakan salah satu bahan yang terbuat dari udang yang diolah sesemikian rupa menjadi warna hitam pekat atau hitam kemerahan.

Di jawa Timur ada dua jenis petis yang perlu diketahui. Petis Surabaya dan petis Madura. Keduanya sama-sama terbuat dari udang yang diolah sedemikian rupa.

Namun kedua petis tersebut memiliki perbedaan. Adapun perbedaanya yaitu petis Surabaya memiliki warna hitam pekat, sedangkan petis Madura memiliki warna hitam kemerahan.

Selain itu rasa kedua peti tersebut juga berbeda loh. Petis Surabaya memiliki rasa manis dan gurih, sedangkan petis Madura memiliki rasa cenderung asin.

                  Resep Summer Sunset Mocktail Segar
Nah untuk sambal petis tahu kali ini, saya memakai petis Surabaya yang memiliki rasa manis dan gurih. Sambal petis ini cocok banget dicocol dengan tahu goreng atau jenis goreng lainya seperti gimbal rempe, ote-ote, dan lain sebagainya.

Nah, berikut Resep Cara Membuat Sambal Petis Tahu yang Pedas Dan Nikmat yang bisa Anda coba dirumah bunda.

Bahan Sambal Petis:
1.15 cabe rawit
2. 2 siung bawang putih, goreng
3.1 sendok makan gula merah
4.3 sendok makan petis hitam / petis udang (bukan petis Asin ya)
5.garam secukupnya
6.air secukupnya
7.2 sendok makan kecap manis

Cara Membuat Sambal Petis:
1.Pertama, siapkan ulekkan. Kemudian masukkan bawang putih goreng, cabe rawit, gula merah, garam dan petis.


2. Uleg semua bahan yang saya sebutkan hingga halus.



4.Kemudian, tambahkan kecap , uleg lagi hingga semua bahan tercampur rata.


5. Tambahkan petis , uleg lagi hingga semua bahan tercampur rata.


6. Tambahkan air secukupnya dan uleg lagi hingga semua bahan tercampur rata

7. Sambal petis siap dihidangkan.

Itulah tadi Resep Cara Membuat Sambal Petis Tahu yang Pedas Dan Nikmat yang bisa Anda coba dirumah sebagai teman cocolan gorengan Anda. Semoga bermanfaat.
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Sambal Petis Tahu yang Pedas Dan Nikmat Dengan Gambar Lengkap"