Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Manisan Kedondong Mekar Yang Segar, Enak Dan Tanpa Digodok

Nurul Hidayah - Resep Membuat Membuat Manisan Kedondong Mekar Yang Segar, Enak Dan Tanpa Digodok gampang-gampang susah. Terutama bikin buah kedondongnya bisa mekar cantiik seperti bunga.

Jika penampilanya sudah cantik, tentunya rasanya juga jangan mengecewakan. Dengan resep berikut ini, Anda bisa membuat manisan kedondong mekar cantik dan memiliki rasa yang segar, enak dan nikmat.

Menurut saya pribadi makan satu saja gak cukup, pasti kurang deeeehh.. hehehehe.. salah satunya saya yang merupakan penggemar manisan ini. ^_^ habis 10 manisan kedondong, saya jabanin, hihihihihii.. Tenang manisan kedondong ini gak bikin endut kok, asal gak sama nasi 2 piring aja. Hahahahahaha


Pas waktu SD ada penjual manisan kedondong tapi gak mekar sih. Meskipun begitu, rasa manisan kedondongnya enak dan saya suka sekali. Seingat saya waktu itu, pas beli dikasih bungkus plastik kecil gitu yang isinya garam dan cabe yang dihaluskan.

Jika makan manisan kedondong dan dicocol sama garam pedes rasanya semakin maknyus dan endes banget. Selalu menajdi langganan untuk beli tuh manisan kedondong. Hihihihihi

Ketika ingat masa-masa itu,, dulu gak bisa masak dan selalu beli. Dari hari ke hari, saya juga semakin gede tumbuh ke atas, gak menyamping loh. Kwkwkwkwkw .. Akhirnya pengen juga bikin manisan kedondong yang rasanya enak, kriuk dan tentunya gak asem.

Akhirnya kumenemukanmu.. (jadi pengen nyanyi nyanyi) ^_^. Maksudnya menemukan manisan kedondong yang selalu kurindukan. Hehehehhehe sudah gak nemu penjualnya, tapi nemu resep yang pas banget.

Jika Anda mencobanya, saya yakin deeeh ..  makan satu kedondong saja gak bakal cukup. Pengen lagi dan lagi . ^_^

Apalagi resepnya sangat simple dan mudah. Kali ini saya bikin manisan kedondong tanpa digodok alias tanpa direbus agar tekstur buah kedondongnya tetap krenyes krenyes gitu. Meskipun gak pakai digodok, rasa manisanya gak asem loh.

Penasaran dengan tips dan trik cara membuatnya? Yuuuak aahh , coba di rumah ya bisa gak penasaran lagi. Berikut Resep Membuat Manisan Kedondong Mekar Yang Seger, Enak Dan Tanpa Digodok

Bahan – Bahan Manisan Kedondong Mekar :
1. Gula pasir 5 sendok makan
2. Pewarna makanan kuning 2 tetes
3. Garam halus ½ sendok teh
4. 1 liter air
5. Kapur sirih ½  sendok teh
6.  6 Buah kedondong  yang masih mentah dan segar.
7. Pisau tajam untuk mengupas buah kedondong

Bahan & Cara Membuat Cocolan Untuk Manisan Kedondong Mekar:
- Garam halus 2 sendok makan
- Cabe rawit 2 buah
- Uleg kasar garam dan cabe rawitnya. Lebih enak  dan sedap diuleg daripada di blender untuk rasa dan teksturnya.

Cara Membuat Manisan Kedondong Mekar Yang Seger, Enak Dan Tanpa Digodok
1. Ambil pisau dan kupas buah kedondong, lalu belah-belah buah kedondongnya. Untuk emmbelahnya jangan sampai buah kedondong terputus.lalu cuci lagi hingga bersih.

2. Lalu ambil mangkok, campur kapur sirih dan tambahkan air. Aduk rata. Setelah rata, masukkan buah kedondong yang sudah dicuci ke dalam mangkok yang berisi air kapur sirih tadi. Diamkan hingga 5 jaman. Setelah 5 jam, cuci buah kedondong lagi hiabgga benar-benar bersih.

3. Untuk langkah selanjutnya yaitu nyalakan kompor, lalu masak air, gula pasir, garam dan pewarna kuning. Aduk-aduk hingga rata dan mendidih. Setelah mendidih angkat, kemudian tuang ke dalam buah kedondong yang sudah dicuci tadi. Buah kedondong harus terendam semuanya.

6. Kemudian diamkan lagi selama 10 jam atau semalaman. Bisa juga didiamkan didalam lemari es. Setelah 10 jam, Manisan buah kedondong siap untuk disajikan.

Itu tadi Resep Membuat Manisan Kedondong Mekrok Yang Segar Dan Tanpa Digodok yang bisa Anda praketkkan di rumah sebagai sajian istimewa untuk keluarga. Anda juga bisa nonton video tutorialnya dibawah ini ya:


 Atau Anda  juga bisa nonton video tutorial lainya di Channel Yotube Aku “Nurul Hidayah”:. Menyediakan banyak video tutorial yang bisa Anda coba di rumah. Video tutorial aneka resep masakan yang mempermudah Anda untuk belajar memasak.

Terima kasih untuk semuanya, untuk yang sudah membaca artikel ini tentang Resep Membuat Manisan Kedondong Mekrok Yang Segar Dan Tanpa Digodok  dan juga untuk yang sudah menonton video tutorialnya disini ataupun di channel Youtube aku. Semoga semua tulisan diblog & video aku bermanfaat bagi Anda semua. Syukron - Jazakallah Khairan Katsiiraa . ^_^
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Manisan Kedondong Mekar Yang Segar, Enak Dan Tanpa Digodok"