Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Membuat Kue Sengkulun Yang Enak, Lembut Dan Kenyal Dengan Mudah

Nurul Hidayah - Resep Membuat Kue Sengkulun Yang Enak, Lembut Dan Kenyal Dengan Mudah memanglah sangatlah sederhana. Seperti yang kita ketahui bahwa kue sengkulun merupakan salah satu kue tradisional Indonesia.

Di Tanah Air terdapat beraneka ragam kue tradisional yang rasanya khas, enak dan nikmat. Salah satu kue tradisional itu adalah kue sengkulun. Bai pecinta kuliner Indonesia, rasanya wajib untuk mencobanya nih.

Kue sengkulun ini berbahan dasar tepung ketan dan kelapa parut yang mana memiliki rasa yang sangat khas, gurih, dan manis. Nah berikut langkah-langkah Resep Membuat Kue Sengkulun Yang Enak, Lembut Dan Kenyal Dengan Mudah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan yaitu:
1. 1 butir kelapa ukuran sedang dan pilihlah kelapa yang sedang yang mana tidak tua dan tidak mudah, kemudian kupas dan parut memanjang.
2. ½ sendok the vanili bubuk
3. 1 sendok teh garam
4. Pewarna makanan hijau dan merah
5. 100 gram gula pasir
6. Daun pisang untuk alas loyang
7. 250 gr Tepung Ketan

Cara Membuat kue sengkulun:
1. Pertama, masukkan semua bahan ke dalam mangkok kecuali pewarna makanan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
2. Kemudian ambil 2 mangkok lagi.
3. Bagi adonan menjadi 3 bagian dan beri pewarna makanan di setiap mangkoknya. Aduk hingga rata.
4.  Jadi terdapat 3 warna, putih, hijau dan merah.
3. Masukkan adonan ke dalam loyang persegi panjang dan alasi dengan daun pisang. Tata adonan putih di bawah dan setelah itu kukus kurang lebih 20 menit.
4. Setelah 20 menit, angkat dari kukusan, kemudian timpa adonan putih dengan adonan warna merah. Kukus lagi selama 30 menit.
5. isi loyang satunya dengan dasar adonan yang sama, tapi ditimpa dengan adonan yang warna hijau. Lalu kukus lagi selama 30 menit.
5. Setelah 30 menit, angkat dari dalam kukusan. Balik loyang dan keluarkan kue sengkulun dari dalam loyang. Setelah itu otong-potong sesuai selera Anda ya.
6. Kue sengkulun sudah jadi.

Berikut juga ada video tutorial cara membuat serta Resep Membuat Kue Sengkulun Yang Enak, Lembut Dan Kenyal Dengan Mudah yang bisa Anda coba ya:


Jangan lupa kunjungi Channel Youtube Resep Masakan “NurulHidayah” juga ya. Anda juga bisa Subscribe, Like, Coment & Share berbagai video resep masakan yang ada di channel youtube saya. Semoga Resep Membuat Kue Sengkulun Yang Enak, Lembut Dan Kenyal Dengan Mudah bermanfaat bagi Anda semua dan Terima kasih!


Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Membuat Kue Sengkulun Yang Enak, Lembut Dan Kenyal Dengan Mudah"