Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Resep Cara Membuat Sostel Crispy Tanpa Cetakan yang Lagi Viral

Nurul Hidayah - Inilah Resep Cara Membuat Sostel Crispy Tanpa Cetakan yang Lagi Viral yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Pengen makan sostel tapi gak punya cetakan? Tenang ya bunda, karena menurut saya tidak ada yang tidak mungkin untuk dilakukan.
Saya mencoba bikin sostel tanpa cetakan sostel. Secara harga cetakan sostelnya  kurang lebih Rp 600.000,- bunda, jadi ya daripada buat beli cetakan sostel, mending buat yang lain yang lebih bermanfaat. Namanya juga emak-emak irit. Hehehehe
Nah, disini saya mensiasati cetakan sostel dengan menggunakan cetakan es krim bunda. Harganya jauh lebih murah, 1 set cetakan es krim yang baru saya beli kemarin hanya Rp 6.000,-.Coba bayangkan terpaut jauh sekali kan harganya? ^_^

Seperti pepatah bilang, tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Seperti halnya bikin sostel ini bunda, saya bisa membuat sostel tanpa cetakan sostel. Yang penting kan rasanya hampir sama ya bunda.
Pastinya sudah pada tahu kan ya apa itu sostel? Itu loh sostel itu singkatan dari sosis telur yang mana memang bahan dasarnya menggunakan sosis dan telur. Sostel telur ini sempat viral beberapa bulan lalu loh.
Ternyata saya telat saudara, tapi gak apa lah, mending telat daripada gak mencoba sama sekali. Iya kan??? Hahahahha menghibur diri sendiri bund. ^_^
Kali ini saya bikin sostel crispy, tentunya rasanya ada krenyes-krenyesnya gitu. Penasaran resep dan cara membuat sostel crispy nya. Yuuuk langsung saja Inilah Resep Cara Membuat Sostel Crispy Tanpa Cetakan yang Viral:
Bahan Utama Sostel Crispy:
1. 6 buah sosis rasa ayam
2. 5 butir telur ukuran besar, jika telurnya kuranya kecil atau sedang sebaiknya gunakan 6 atau 7 butir telur ya.
3. ¼ sendok teh kaldu bubuk
4. ½ sendok teh garam
5. ¼ sendok teh merica bubuk
6. 2 batang bawang pre, iris-iris
7. 2 batang seledri, iris-iris
Bahan Baluran Sostel Crispy:
1. 5 sendok makan tepung terigu
2. 6 sendok makan munjung tepung panir
3. Air putih secukupnya
4. ¼ sendok teh garam
Bahan Sambal Sostel Crispy:
1. Mayonise
2. Saos cabe
Peralatan Masak yang Dibutuhkan untuk Membuat Sostel Crispy:
1. Mangkok besar
2. 2 buah plastik segitiga
3. Centong / erus
4. Kuas
5. Pisau
6. Pengocok/ whisk
7. Talenan
8. Cetakan es krim yang isi 6
9. Kompor
10. Wajan
11. Panci kukusan
Cara Membuat Sostel Crispy:
1. Pertama ukur panjang sosis sesuai cetakan es krim, jika terlalu panjangnya sosisnya, Anda bisa memotong sosis tersebut dan kupas plastik sosisnya. Sisihkan dulu.
2. Setelah itu, siapkan mangkok besar dan telur. Kemudian pecahkan telur satu persatu. Masukkan irisan bawang pre, irisan seledri, kaldu bubuk, garam dan merica bubuk. Kocok menggunakan whisk hingga tercampur rata.
3. Siapkan cetakan es krim, oles tipis-tipis cetakan dengan minyak goreng dengan bantuan kuas. Ini dilakukan agar sostel tidak menempel dicetakan es krim. Lalu masukkan sosis yang sudah dikupas ke dalam cetakan es krim satu persatu.
4. Lalu tuang kocokan telur tadi ke dalan cetakan es krim yang sudah berisi sosis. Lakukan hingga kocokan telur habis.
5. Siapkan panci kukusan, masukkan cetakan es krim yang sudah ada sostelnya ke dalam panci kukusan. Kemudian kukus kurang lebih 10 menit. Jika sudah matang, angkat sostel dari panci kukusan.
6. Potong-potong sostel di atas talenan sesuai selera.
Cara Membuat Baluran Sostel Crispy:
- Campur tepung terigu dengan garam dan air secukupnya. Aduk hingga merata dan tidak ada yang menggerindil. Atur juga kekentalanya ya agar tidak terlalu encer. Sisihkan terlebih dahulu.
7. Celupkan sostel ke dalam adonan tepung terigu, kemudian gulingkan ke dalam tepung panir. Lakukan hingga semua sostel habis.
8. Tuang minyak ke dalam wajan. Tungu hingga panas, lalu goreng sostel hingga bewarna kecoklatan atau hingga matang.
9. Sostel crispy sia dihidangkan dengan mayonise pedas dan saos cabe. Jika tidak suka pedas, bisa juga menggunakan mayonise yang tidak pedas dan saos cabe. Tergantung selera ya.
Itulah tadi Resep Cara Membuat Sostel Crispy Tanpa Cetakan yang Lagi Viral. Nah selain cara di atas, Anda juga bisa langsung menggoreng sostel tanpa baluran ya. Jadi setelah sostel dikukus, dipotong-potong kemduian langsung digoreng. Tergantung selera masing-masing ya.
Anda juga bisa menonton video tutorialnya di sini ya. Inilah video tutorial resep cara membuat sostel crispy tanpa cetakan yang lagi viral:
Selain itu, Anda juga bisa menonton semua video tutorial yang ada di website ini di Channel “Nurul Hidayah”. Jangan lupa Subscribe ya agar tidak ketinggalan video terbaru yang akan saya upload. Jika suka, silahkan Like dan Share ya.
Jika ada pertanyaan apapun mengenai resep masakan dan cara membuat, Anda juga bisa Coment sesuka hati di channel video youtube “Nurul Hidayah” atau  juga di website www.nurulh1dayah.com
Inilah Resep Cara Membuat Sostel Crispy Tanpa Cetakan yang Lagi Viral yang bisa Anda praktekkan di rumah dengan membaca resep di website ini atau juga bisa menonton video tutorialnya secara langsung. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Happy Cooking ^_^
Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Inilah Resep Cara Membuat Sostel Crispy Tanpa Cetakan yang Lagi Viral"