Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Donat Tanpa Telur Dan Kentang

Nurul Hidayah - Cara Membuat Donat Tanpa Telur Dan Kentang memang terbilang susah-susah gampang karena jika tidak berhasil membuat donat, tentunya hasil akhirnya akan menjadi bantat, alot dan tidak empuk.

Begitu pula sebaliknya, jika membuat donatnya sukses. Donat yang akan dihasilkan akan menjadi empuk dan enak. Nah, rata-rata jika membuat donat memakai bahan tambahan telur sebagai bahan alami untuk pengembang dan empuk.

Namun apa jadinya jika kali ini saya membuat tanpa telur dan kentang. Tidak usah khawatir jika donatnya terasa alot meskipun tanpa telur. Kali ini saya membuat donat tanpa telur dan kentang tapi rasanya tetap empuk.


Nah karena saya tidak menggunakan telur dalam adonanya, maka akan saya ganti dengan cake emulsifier. Cake emulsifier itu seperti SP, TBM atau Ovalet. Pilih salah satu saja ya jika digunakan dalam adonan, fungsinya tetap sama kok.

Sebenarnya fungsi dasar telur dan cake emulsifier sama yaitu bisa melembutkan tekstur cake atau donat, bisa menjaga keempukan cake atau donat serta bisa menambah volume cake/bolu dan donat yang dibuat.

Oleh sebab itu bagi Anda yang ingin Membuat Donat Tanpa Telur Dan Kentang, tidak usah khawatir jika donat yang dibuat menjadi bantat ataupun alot. Berikut resep donta tanpa telur dan kentang dan dijamin hasil akhirnya tetap empuk dan enak.

Resep Donat Tanpa Telur Dan Kentang

Bahan-Bahan :

1. Tepung terigu 250 gram (bisa pakai tepung protein tinggi ataupun sedang)
2. Gula pasir 3 sendok makan
3. 1 sendok makan ragi instant atau setara dengan 1/2 bungkus ragi instant yang kemasan sachset
4. 1/2 sendok teh SP atau Ovalet
5. Air hangat 130 ml
6. 3 sendok makan minyak goreng

Bahan untuk topping:
1. Gula donat atau jika tidak ada bisa juga menggunakan gula halus

Cara Membuat Donat Tanpa Telur Dan Kentang:

1. Pertama masukkan semua bahan dalam wadah, lalu uleni bahan hingga kalis elastis. Ingat ya, kunci suksenya adonan harus sampai elastis agar donat yang dihasilkan empuk.

2. Jika sudah kalis tutup wadah dan diamkan kurang lebih 30 menit.

3. Siapkan wadah atau alas yang sudah ditaburi sedikit terigu.

4. Kemudian bentuk adonan menjadi donat, lakukan hingga adonan habis.

5. Lalu diamkan lagi 30 menit.

6. Jika sudah mengembang goreng dengan api kecil. Angkat jika sudah matang

7. Lalu beri topping sesuai selera. Saya taburi dengan gula donat.

8. Donat empuk siap disantap.

Cara Membuat Donat Tanpa Telur Dan Kentang ternyata tidak sesulit yang dibayangkan kan? Yang terpenting adalah adonan harus kalis elastis ya. Selamat mencoba & happy baking! ^_^

Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Donat Tanpa Telur Dan Kentang"