Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Bolu Mini Sederhana

Nurul Hidayah - Resep bolu mini sederhana tentunya sesuai dengan namanya, simple dan sederhana dalam pembuatanya. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan dan terjangkau.

Nah, resep ini sepertinya sangat cocok nih bagi Anda yang ingin berjualan dengan harga ekonomis. Meskipun bahan-bahanya murah meriah, namun untuk rasanya, menurut saya tergolong enak dan lembut kok.

Yang penting dalam hal mencampur adonan serta pengadukanya tepat, tentunya bolu yang Anda buat tidak akan bantat. Gagalnya membuat bolu biasanya karena ketika mengaduk adonan ada yang salah atau stepnya yang kurang tepat.


Nah, karena bentuk bolunya yang mungil, maka kue ini dinamai bolu mini. Untuk cetakanya bisa menggunakan cetakan yang dipakai untuk membuat mertabak mini ataupun cetakan apem.

Saya sendiri juga menggunakan cetakan yang biasanya saya buat martabak mini untuk anak saya. ^_^  Satu loyang ada 7 lubang. Untuk 1 resep yang saya buat ini menjadi 20 buah bolu mini.

Berikut Resep bolu mini sederhana yang saya pakai untuk membuat bolu mini untuk keluarga tercinta. Khusunya untuk anak saya, yang suka sekali dengan kue. ^_^

Resep Bolu Mini Sederhana by Nurul Hidayah

Bahan-bahan:
1. Telur 4 butir ukuran sedang
2. Gula pasir 200 gram
3. SP 1 sendok teh
4. Tepung terigu 250 gram
5. 100 ml susu cair, boleh diganti santan
6. 100 ml minyak goreng, boleh diganti margarin atau mentega
7. Garam 1/2 sendok teh
8. Baking powder 1 sendok teh
9. Vanili bubuk 1 cepuk
10. Pasta coklat untuk variasi motif bagian atasnya

Cara membuat:
1. Pertama yang harus dilakukan yaitu kocok telur, gula dan SP hingga bewarna putih pucat dengan kecepan tinggi.

2. Setelah itu ganti dengan kecepatan paling rendah sambil masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, lalu baking powder, garam dan vanili.

3. Matikan mixer dan terakhir masukkan susu cair dan minyak ke dalam adonan. Aduk hingga merata . Nah pada tahap ini gunakan sistem aduk balik agar tidak bantat dan tercampur rata.

4. Lalu ambil sebagian adonan dan campur dengan pasta coklat, masukkan ke dalam plastik segitiga untuk membuat motif bagian atas bolu mini. Sisihkan terlebih dahulu.
5. Panaskan cetakan terlebih dahulu.

6. Setelah panas, tuang adonan dengan sendok sayur kurang ebih 3/4 cetakan , jangan penuh-penuh ya agar tidak meluber. Kemudian beri motif warna coklat dengan bantuan tusuk sate untuk membuat motifnya. (kalau masih bingung, bisa dilihat video tutorial yang saya buat dibawah nanti ya) ^_^

7. Tutup cetakan, panggang hingga matang.

8. Bolu mini siap diihidangkan.

Bagaimana setelah membaca resep bolu mini sederhana yang ada di artikel ini, cukup mudah kan cara membuatnya? Jika ada masalah atau pertanyaan seputar bolu mini, silakan tanya dikolom komentar ya bu-ibu. ^_^ Selamat mencoba & happy baking!

Berikut saya sertakan juga video tutorial Bolu Mini, check it out:



Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Resep Bolu Mini Sederhana"