Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan-Bahan Kue Bolu Tape

Nurul Hidayah - Bahan-Bahan Kue Bolu Tape perlu dipersiapkan sebelum membuat bolu tape. Baik itu bolu tape panggang maupun kukus. Kali saya mencoba membagi resep kue bolu tape yang versi panggang terlebih dahulu.
Di artikel sebelumnya, sudah saya bahas seputar bolu tape yang versi panggang. Seperti resep dan beberapa tips membuat bolu tape panggang. Kali ini saya hanya memperjelas apa saja sih bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu tape?
Tentunya bolu tape memakai bahan dasar tape singkong yang kadar airnya tidak terlalu banyak agar bolu yang dihasilkan bisa mengembang sempurna, tanpa ada kata gatot alias gagal total.
Selain itu, cara pengocokan serta memasukkan beberapa Bahan-Bahan Kue Bolu Tape  juga harus diperhatikan. Bukan asal campur aduk begitu saja. ^_^
Jika memilih bahan, gunakanlah bahan yang berkualitas atau yang masih baru ya. Seperti pemilihan tape, telur, tepung terigu, SP dan baking powder. Penggunaan bahan yang masih fresh juga mempengaruhi hasil akhir kue bolu yang akan dibuat.
Oleh sebab itu, jangan gunakan bahan sisa 1 bulan kemarin atau sisa beberapa bulan yang lalu. Tentunya kualitas bahan akan berkurang dengan sendirinya.
Untuk pemilihan telur, jangan gunakan telur dari lemari es. Hal tersebut juga bisa mempengaruhi kue bolu tape menjadi bantat. Jika menggunakan telur dari lemari es, sebaiknya biarkan terlebih dahulu hingga mencapai suhu ruang.
Berikut beberapa Bahan-Bahan Kue Bolu Tape yang dibutuhkan untuk pembuatan bolu tape yang versi panggang:

Bahan-Bahan Kue Bolu Tape:
1. 180 gram tepung terigu
2. 5 butir telur ayam suhu ruang
3. 65 ml santan kental, saya pakai 1 sachset santan kara ukuran kecil (bisa pakai merk apa aja)
4. 300 gram tape, buang bagian tengah
5. 75 gram butter & 75 gram margarin lelehkan , saya pakai blue band and cookies 150 gram (bisa pakai merk apa aja)
6. 100 gram gula pasir
7. 1/2 sendok teh baking powder
8. 1 sendok teh SP
Demikianlah beberapa Bahan-Bahan Kue Bolu Tape yang perlu dipersiapkan. Jika ada seputar aneka kue dan roti, silahkan tanya-tanya dengan isi komentar ya. Terima kasih. ^_^

Setelah membaca artikel mengenai bahan-bahan, cara membuat dan tips membuat bolu tape panggang. Kini saatnya menyimak video tutorial membuat bolu tape panggang berikut ini:



Nurul Hidayah
Nurul Hidayah Haaaiii perkenalkan , nama saya Nurul Hidayah, tinggal di kota Gresik Jawa Timur. Aktifitas sehari-hari mengajar, menulis artikel dan sebagai ibu rumah tangga. Hobi memasak dan selalu mengabadikan kegiatan memasak serta resep diwebsite www.nurulh1dayah.com dan juga di channel youtube aneka resep masakan "Nurul Hidayah". Semoga resep dan video tutorial yang saya bikn, bisa bermanfaat buat semua yang membaca dan menonton videonya.

Posting Komentar untuk "Bahan-Bahan Kue Bolu Tape"